Sabtu, 20 Juni 2020

Es Dawet Durian, Bisnis Baru di Era Saat ini : Resep, Cara & Langkah

Es Dawet Durian






Menikmati segarnya es dawet di tengah siang bolong tentunya menjadi dambaan para musafir seperti saya ya. Di Tengah jalan yang berdebu nan panah ketemu deh dengan es dawet ini. Akhirnya mimin nyobain es dawet itu, dan benar sangat menyegarkan banget.

Kemudian mimin berangan-angan, apa tidak sebaiknya nyobain bikin olahan dawet yang enak seperti ini di rumah ya, sekalian tambahin durian pasti akan terasa lebih nendang deh dawetnya.

Es Dawet durian memang lagi booming dikalangan masyarakat karena rasanya yang begitu enak, manis dan menyegarkan. Apalagi kalau kita minum saat musim panas seperti ini, pasti akan melegakan tenggorokan kita deh.

Salah satu ide juga untuk membuat bisnis dengan minuman dawet durian lo, karena banyak sekali kalangan-kalangan pecinta durian yang siap mencicipi dawet buatan kamu. Kamu juga bisa mendaftarkan jualan kamu di online shop seperti gojek dan grab food, agar semakin laku.

Nah, ide-ide tersebut bisa kalian wujudkan dengan menyimak sedikit tips membuat dawet durian yang enak menyegarkan ala topwisata ya.

Bahan-bahan untuk membuat Dawet Durian :


  1. 250 gr tepung beras
  2. 100 gr tepung sagu aren/sagu tani
  3. 900 ml air
  4. 3 sdm air kapur sirih
  5. 1/8 sdt garam
  6. Air matang secukupnya

Bahan untuk sirup :


  1. 400 gr gula merah
  2. 200 ml air

Bahan pelengkap atau tambahan :


  1. 10 butir nangka, buang bijinya, potong kecil-kecil
  2. Tape ketan putih
  3. 5 butir durian ( sebaiknya pakai durian montong, karena memiliki daging dan rasa yang enak )
  4. 1 liter santan, masak
  5. Es batu secukupnya

Cara membuat Dawet Durian :

  1. Kalian harus membuat adonan untuk Cendol terlebih dahulu ya dengan cara seperti ini : Campurkan tepung beras dan tepung sagu aren dengan beberapa liter air. Buat larutan garam dengan mencampurkan garam dengan air, kemudian masak sampai mendidih. Tuang larutan campuran tepung, kecilkan api. Terus aduk hingga kental.
  2. Kemudian step kedua yang harus kalian lakukan adalah membuat Sirup untuk rasa manisnya dengan cara seperti ini : Campurkan gula merah dengan air secukupnya dan masak hingga mencair, kemudian angkat, tiriskan dan saring gula merah tersebut.
  3. Siapkan campuran es batu dengan air matang di dalam satu wadah dan letakan cetakan cendol diatasnya
  4. Buat cetakan cendol yang sudah mengental tadi ( bisa dengan plastik yang dilubangi ujungnya), kemudian urut atau tekan-tekan dengan sendok kayu hingga butiran cendol keluar dari cetakan dan jatuh kedalam wadah air es. Setelah semua cetakan cendol sudah selesai, diamkan cendol tersebut kurang lebih 1 jam.
  5. Setelah cendol tersebut didiamkan, sajikan dengan tape ketan(jika ada), nangka yang sudah terpotong kecil-kecil dan durian ( sebaiknya pilih durian montong, karena memiliki daging yang tebal dan rasa yang manis ). Kemudian siram dengan gula merah, santan dan jangan lupa kasih es batu.




Q & A Halaman ini

Pertanyaan : Resep membuat Es Dawet Durian ?
Jawaban : Sangat Mudah sekali, hanya dengan beberapa tahap dan cara seperti ini
Pertanyaan : Durian apa yang sebaiknya menjadi bahan pelengkap ?
Jawaban : Sebaiknya gunakan durian jenis montong, karena memiliki daging yang tebal dan rasa yang manis
Pertanyaan : Apakah Es Dawet Durian ini laku dijual online ?
Jawaban : Saya bilang laku, terutama saat pandemi saat ini. Masyarakat cenderung lebih suka belanja online daripada keluar rumah. Coba daftarkan ke online shop seperti grab dan gojek


TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA

TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEMPAT WISATA TERPERCAYA
Disqus Comments