Selasa, 21 Juli 2020

Resep Bolen Pisang Sederhana, Dijamin Bisa Bikin Sendiri

Resep Bolen Pisang Sederhana




Sudah pernah mencoba resep bolen pisang? Bolen pisang adalah salah satu makanan cemilan yang disukai semua orang. Roti dari pisang ini selain rasanya nikmat juga menggoda di lidah. Tak heran bila menu ini selalu disukai oleh semua kalangan usia, baik dari anak-anak sampai dengan orang tua.

Untuk harganya sendiri terjangkau. Biasanya roti ini dijual senilai Rp 1.500, - hingga Rp 3.000, -. Tekstur roti ini sangat lembut sehingga cocok untuk dijadikan sebagai makanan pendamping arisan, minum teh, menjamu tamu, dan oleh-oleh. Cara pembuatannya sangat mudah karena bahannya mudah ditemukan dimana-mana.

Maka dari itu bila Anda tertarik ingin membuat bolen pisang sederhana ini, sebaiknya simak saja ulasannya berikut ini. Dimana kali ini akan kami berikan apa saja bahan-bahan yang harus disiapkan untuk membuat bolen pisang, sekaligus bagaimana cara membuatnya dengan benar supaya hasil pengolahan resep bolen pisang ini bisa sempurna.

Bahan Kulit Bolen Pisang:

  1. 250 gr tepung terigu yang proteinnya sedang.
  2. 75 gr pastry margarine (harus berkualitas bagus).
  3. 1 sendok makan susu bubuk.
  4. 50 gr gula pasir.
  5. ½ sendok teh baking powder.
  6. 2 butir kuning telur.
  7. 50 gr mentega.
  8. 100 ml air es.
  9. Untuk membuat olesan pastry, siapkan 1 butir kuning telur dan 2 sendok makan susu cair. Setelah itu kocok menjadi satu hingga tercampur rata dan siap dijadikan sebagai olesan.

Isi Bolen Pisang:

  1. 8 buah pisang raja atau pisang matang.
  2. 100 gr gula pasir.
  3. 100 ml air.
  4. Keju sesuai selera.
  5. Meses coklat sesuai selera.

Cara Membuat Bolen Pisang:

  1. Untuk membuat isiannya, rebus dulu pisang yang telah disiapkan bersama dengan air dan gula sampai pisangnya matang. Tapi pisangnya jangan direbus terlalu lembek. Bila sudah, segera angkat dan tiriskan.
  2. Untuk membuat kulitnya, campur baking powder, tepung terigu, susu bubuk, dan gula pasir menjadi satu hingga semua bahan tercampur rata. Setelah itu, masukkan mentega, kuning telur, dan air es menjadi satu. Aduk kembali adonannya sampai kalis.
  3. Bentuk adonan kulitnya menjadi bulat-bulat, setelah itu diamkan 15 menit sampai adonannya mengembang.
  4. Setelah adonan resep bolen pisang ini mengembang, segera pipihkan dan bentuk menjadi persegi. 
  5. Olesi ⅓ bagian ini menggunakan pastry margarin sampai rata. Kemudian, lipat sisi kanan dan kirinya ke tengah. Setelah itu, lipat lagi dan diamkan selama 15 menit. 
  6. Lakukan hal yang sama hingga adonan pastry margarin habis. Kemudian, simpan ke dalam lemari es selama 30 menit.
  7. Tipiskan adonannya menjadi berukuran setebal 3 mm, kemudian potong-potong. Ambil selembar potongan adonan kulitnya dan isi dengan sepotong pisang sambil ditekan-tekan.
  8. Tambahkan keju dan coklat meses ke dalam tengahnya sesuai selera sebagai isiannya. Setelah itu, lipat lagi adonannya.
  9. Bila sudah, olesi semua adonannya menggunakan bahan olesan sampai habis. Letakkan adonannya di atas loyang kemudian panggang sampai matang. Sebaiknya panggang pisang bolen selama 20 menit pada suhu 180 derajat celcius sampai matang.
  10. Selanjutnya angkat. Sekarang bolen pisang sudah siap disajikan selagi masih hangat dan akan lebih nikmat lagi jika disajikan bersama dengan teh hangat.

Dengan mencoba menu resep bolen pisang di atas, tentunya ini bisa menghemat pengeluaran Anda supaya tidak semakin membengkak dan tidak jajan sembarangan. Resep ini selain mudah dipraktekkan, rasanya juga nikmat dan menyehatkan. Jadi aman dikonsumsi oleh semua anggota keluarga, termasuk anak-anak.





TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA

TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEPAT GAYA HIDUPMU
Disqus Comments