Tumis Daging Sapi dengan Jamur, Menu Simple Nan Lezat untuk Makan Malam

Tumis Daging Sapi Jamur


Daging adalah sumber protein hewani yang bermutu tinggi, sudah dikenal sejak lama sebagai bahan pangan yang hampir sempurna karena mengandung zat nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, antara lain protein, air, lemak, mineral dan vitamin. 

Tumis Daging Sapi Jamur


Daging diperlukan untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan zat gizi protein yang mengandung susunan asam amino yang lengkap. Keunggulan lain, protein daging lebih mudah dicerna ketimbang yang berasal dari nabati. 

Daging sapi mengandung asam amino leusin, lisin, dan valin yang lebih tinggi daripada daging kambing atau domba. Secara umum daging dapat masak langsung ataupun dapat diproses lebih lanjut menjadi makanan olahan. 

Pengolahan ini bertujuan untuk menambah nilai dan memperpanjang masa simpan. Pengolahan menjadikan daging dengan berbagai macam produk sehingga dapat meningkatkan penerimaan oleh konsumen.

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki sumber daya alam yang kaya akan keanekaragaman hayatinya. Salah satu keanekaragaman hayati tersebut adalah jamur. Beberapa jenis jamur telah banyak dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan makanan dan sumber bahan obat-obatan tradisional maupun modern. 
Beberapa jenis jamur yang telah dikenal petani Indonesia seperti jamur merang, jamur kuping, jamur shitake, jamur tiram, dan jamur lingzhi. 

Jenis-jenis jamur tersebut mempunyai nilai ekonomi yang tinggi untuk dikembangkan, karena cara budidaya yang relatif mudah, tidak memerlukan lahan yang luas dan prospeknya menjanjikan. Jamur kancing (Agaricus brasiliensis), dikenal juga sebagai jamur matahari. 

Jamur ini memiliki kalori yang rendah, dengan kandungan purine, karbohidrat, sodium, dan dilengkapi dengan kandungan beberapa vitamin, potasium, fosfor dan kandungan mineral yang tinggi.

Kali ini Top Wisata akan memberikan inspirasi resep perpaduan antara daging sapi dan jamur kancing. Daging yang digunakan adalah daging sapi bagian has dalam yang rendah lemak lalu diberi potongan tipis jamur kancing untuk melengkapi resep ini. Gak usah berlama-lama deh, yuk mari kita siapkan bahan-bahannya.

Bahan-bahan :

  1. 250 gram daging sapi bagian has dalam, potong tipis 1 - 2 cm lalu pipihkan dengan cara dipukul-pukul menggunakan ulekan atau palu daging
  2. 2 sdt minyak sayur
  3. 4 siung bawang putih, memarkan, cincang halus
  4. 1 batang daun bawang, iris tipis
  5. 1 buah bawang bombay, iris kasar
  6. 3 sdm saus barbeque/saus teriyaki untuk marinasi daging
  7. 1/4 sdt kaldu jamur
  8. 1/4 sdt lada hitam
  9. 3 sdm mentega
  10. 2 sdm kecap manis
  11. 100 gram jamur kancing, iris tipis
  12. 1 sdt garam
  13. 11/2 sdt gula

Langkah memasak :

  1. Marinasi daging dengan cara, campurkan jadi satu: daging sapi, bawang putih, saus barbeque atau teriyaki, kaldu jamur bubuk, lada hitam dan minyak sayur. Lalu aduk campuran tersebut hingga merata dan tercampur semua. Diamkan daging berbumbu selama 1 hingga 2 jam agar bumbu meresap ke dalam daging.
  2. Panaskan mentega, masukkan bawang bombay selanjutnya daging yang telah dimarinasi hingga wangi dan matang kecoklatan. Masukkan kecap, garam, gula dan sedikit sisa kaldu jamur bubuk marinasi dan tambahkan sedikit air. 
  3. Masukkan jamur kancing tumis hingga layu. Masukkan daun bawang lanjutkan memasak hingga matang dan air menyusut. Koreksi rasa dan sajikan di piring saji selagi hangat.

Langganan Surel
Langganan