Skip to main content

Masak Nasi Terlalu Banyak? Yuk Bikin Kerupuk Nasi

Tina Farida

Cara buat Kerupuk nasi


Masak Nasi Terlalu Banyak? Daripada dibuang, Lebih Baik Manfaatkan Untuk Membuat Kerupuk Krispi Sebagai Pendamping Sarapan

Apa pernah, mengalami suatu masalah dalam hal takaran memasak? Namanya juga manusia, pasti sering salah juga. Terlebih lagi saat masak nasi untuk keluarga. 

Dipikir-pikir, nasi yang dimasak terlalu sedikit, padahal lebih dari cukup. Alhasil, nasi yang tidak dimakan pun, dibuang ke tempat sampah. Sangat-sangat mubazir. 

Bagi yang beragama Islam, sudah pasti tahu-menahu, kalau sifat mubazir itu ialah sifat yang tidak baik. 
Lain cerita, lain juga masalahnya. Pernah menemui suatu hajatan dengan persedian nasi yang amat banyak? Padahal, tamu yang diundang tak seberapa. 

Para tamu pun, cenderung lebih banyak mengambil lauk-pauk ketimbang nasi. Lalu, ke manakah nasi itu selepas hajatan? Bisa ditebak. Tentu saja akan berakhir di tempat sampah. Satu contoh sifat mubazir lagi. Betul-betul sifat yang tidak baik membuang makanan. 

Di luar sana, ada banyak orang yang berjuang untuk bisa makan sesuap nasi. Adapun mereka yang membuang-buang makanan terutama nasi ini, mereka seolah lupa dan menutup mata tentang realita atau fakta yang benar-benar terjadi. Tentang ramai orang yang kelaparan. Butuh makan dan minum. 

Nah, setelah membaca artikel ini, diharapkan untuk tidak membuang lagi nasi sisa yang tidak termakan. Ia bisa dijadikan bahan untuk membuat olahan yang tentunya memiliki cita rasa yang gurih dan krispi. 

Tidak usah berlama-lama lagi. Mari, simak cara pembuatan Kerupuk Krispi Sebagai Pendamping Sarapan. 

Langkah pertama, tentu saja menyiapkan bahan terlebih dahulu. Bahan-bahannya cukup simpel, antara lain seperti di bawah. 

Bahan-bahan: 

  1. Tepung Kanji (Atur sesuai banyaknya nasi yang digunakan) 
  2. Bawang Putih 
  3. Merica
  4. Udang Rebon/Udang Geragau. (Kalau tidak suka atau alergi dengan udang, tidak usah dipakai. Namun, bila tidak, ada baiknya dipakai untuk menambah cita rasa) 
  5. Nasi

Bila bahan sudah ada semuanya, langsung masuk ke langkah pembuatan. 

Langkah-langkah: 

  1. Blender semua bahan adonan hingga kalis. Semua bahan. Jadi, pastikan tidak ada bahan yang kelupaan. 
  2. Bila adonan sudah dalam keadaan kalis, angkat dan cetak dengan bentuk pipih layaknya kerupuk pada umumnya. 
  3. Kalau adonan sudah dibentuk, kukus hingga adonan sedikit padat. 
  4. Diamkan sejenak. Lalu, masukkan ke dalam kulkas semalam. 
  5. Jika sudah semalaman di dalam kulkas, keluarkan dan potong-potong kerupuk sesuai keinginan. Bisa lebih dirapikan lagi bentuk kerupuknya. Sebelum akhirnya, dijemur di bawah sinar matahari. 
  6. Jemur hingga benar-benar kering, agar kerupuk saat digoreng mengambang. 
  7. Bila sudah kering angkat dan kerupuk pun sudah siap untuk digoreng. 

Selamat mencoba! 

Paling enak, sebagai teman saat sarapan. Bisa juga sebagai teman saat makan gado-gado, nasi kucing, bubur, dan lainnya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar