Skip to main content

Bagaimana Cara Buat Pizza Homemade yang Mantap? Baca Dulu informasi Berikut

Cara Buat Pizza Homemade Sangat menyenangkan jika bisa membuat mempraktikkan resep pizza homemade. Apalagi di masa pandemi seperti ini yang menuntut kita lebih banyak berdiam diri di dalam rumah.  Da… Begini Ulasannya

Cara Buat Pizza Homemade


Sangat menyenangkan jika bisa membuat mempraktikkan resep pizza homemade. Apalagi di masa pandemi seperti ini yang menuntut kita lebih banyak berdiam diri di dalam rumah. 

Daripada beli pizza langsung di luar atau lewat kurir makanan, lebih baik membuatnya sendiri di rumah. Anda pun bisa lebih menghemat uang sekaligus makan pizza sepuasnya bersama keluarga tercinta di rumah.

Pizza menjadi salah satu makanan cepat saji yang populer di Indonesia. Banyak orang mulai anak-anak hingga orang tua menyukainya. 

Pasalnya, cita rasa pizza yang enak, gurih, dan manis. Bahkan, bisa memilih topping pizza sendiri sesuai selera masing-masing. Begitu juga saat Anda membuat pizza homemade ini, bisa memilih bahan toping sendiri.

Lalu, bagaimana cara memasak pizza buatan sendiri di rumah? Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca informasi perihal resep pizza homemade berikut.

Bahan-bahan

  1. 150 gram tepung terigu protein tinggi (tepung cakra)
  2. 100 gram tepung terigu protein sedang (segitiga biru)
  3. 1 sendok teh ragi
  4. 1 sendok teh garam
  5. 1 butir telur ayam
  6. 150 gram margarin
  7. Air matang secukupnya

Bahan untuk saus pizza

  1. 1 siung bawang bombay cincang halus
  2. 3 buah tomat segar ukuran besar
  3. 1 sendok teh oregano
  4. 1 sendok makan saus, silakan pilih saos cabai atau saos tomat sesuai selera

Bahan untuk topping pizza

  1. Sosis sapi atau ayam
  2. Pipilan jagung manis, Anda bisa membelinya kalengan atau jagung aslinya
  3. Oregano secukupnya
  4. Keju batangan
  5. Mayones

Cara membuat pizza homemade

  1. Semua bahan di atas bisa Anda beli di supermarket atau pasar tradisional terdekat. Setelah semua bahan siap, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak resep pizza homemade sebagai berikut.
  2. Pertama, ambil sebuah wadah, lalu masukkan tepung terigu, ragi, dan garam. Aduk merata dan tambahkan telur ayam. Aduk perlahan hingga merata.
  3. Tambahkan air matang sedikit demi sedikit pada adonan sambil terus diaduk. Setelah setengah kalis, masukkan margarin dan aduk terus hingga merata dan kalis.
  4. Setelah itu, tutup wadah adonan dengan plastik atau kain serbet bersih. Diamkan sekitar 50 menit.
  5. Langkah berikutnya, rebus tomat hingga layu. Ambil kulit tomatnya, lalu haluskan dan disisihkan.
  6. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya. Tumis bawang bombay hingga layu. Lalu, masukkan tomat yang sudah dihaluskan. Tambahkan saus secukupnya sesuai selera. Aduk merata.
  7. Ambil adonan yang didiamkan tadi. Bagi adonan menjadi dua bagian sama besar. Ambil setengahnya lalu pipihkan adonan dalam teflon atau loyang.
  8. Tusuk-tusuk dengan garpu adonan tersebut biar tidak mengembang. Setelah itu, olesi dengan saus pizza yang sudah dibuat sebelumnya hingga merata.
  9. Tambahkan topping yang sudah disediakan sesuai selera.
  10. Tutup teflon dan masak diatas kompor api kecil sekitar 25 menit.
  11. Setelah matang, matikan kompor dan angkat pizzanya. Letakkan di piring saji. Potong pizza segi melintang atau sesuai selera.


Akhirnya, pizza homemade siap dicicipi dan disantap. Sangat mudah bukan mempraktikkan resep pizza homemade? Silakan dicoba sendiri di rumah.