Lompat ke konten
Home » Opor Ayam Kampung, Tak Perlu Menunggu Lebaran untuk Menikmati Kelezatannya

Opor Ayam Kampung, Tak Perlu Menunggu Lebaran untuk Menikmati Kelezatannya

Opor Ayam Kampung

Resep opor ayam kampung

Apakah Anda sudah mengetahui atau mungkin bisa memasak resep opor ayam kampung? Jadi, bukan opor ayam negeri atau pedaging seperti biasanya.

Namun, opor ayam yang menggunakan bahan ayam kampung asli. Tentu saja cara memasaknya ada yang berbeda. Pastinya juga rasa opornya lebih spesial karena rasa ayam kampung itu sendiri yang lebih enak dan sehat.

Biasanya, opor identik dengan lebaran, tetapi Anda pun bisa memasaknya sekarang juga. Daging ayam kampung mempunyai tekstur lebih padat dan keras, sehingga memasaknya harus lebih lama agar dagingnya empuk.

Anda yang memiliki panci presto silakan digunakan, tetapi juga harus sesuai aturan cara pemakaiannya agar citarasa daging ayam kampung masih bisa dirasakan.

Bumbu opor yang bersantan dan bercampur dengan beragam rempah khas Nusantara menjadikan rasanya benar-benar gurih dan nikmat. Apalagi ada daging ayam kampung di dalamnya, jadi lebih lezat.

Lalu, bagaimana cara memasak resep opor ayam kampung yang benar dan direkomendasikan? Untuk lebih jelasnya, silakan membaca uraian berikut.

Baca Juga :  Resep Sop Kacang Merah dengan Tambahan Daging Sapi Dijamin Rasanya Mantul

Bahan-bahan

  1. 1 ekor ayam kampung
  2. 1 liter santan kelapa encer
  3. 200 ml santan kelapa kental
  4. 3 lembar daun salam
  5. 2 lembar daun jeruk
  6. 2 batang serai ditali simpul
  7. 2 cm lengkuas digeprek
  8. 2 sendok teh garam
  9. 1 sendok teh gula pasir
  10. 1 sendok teh kaldu ayam bubuk
  11. Minyak goreng secukupnya
  12. Air matang secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 9 siung bawang merah
  2. 7 siung bawang putih
  3. 7 butir kemiri
  4. 2 cm jahe
  5. 3 cm kunyit dibakar terlebih dulu
  6. 2 cm kencer
  7. ½ sendok teh merica butiran atau bubuk

Cara memasak opor ayam kampung

Setelah semua bahan dan bumbu resep opor ayam kampung di atas sudah siap, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasaknya sebagai berikut.

  1. Cuci dan bersihkan terlebih dulu ayam kampung di bawah air mengalir. Potong menjadi 8 – 10 bagian atau sesuai selera. Lalu, rebus di dalam air mendidih sekitar 45 menit. Angkat dan tiriskan.
  2. Selanjutnya, haluskan semua bumbu yang sudah disiapkan. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum.
  3. Setelah itu, masukkan potongan ayam kampung dan masak dengan tumisan bumbu hingga berubah warna.
  4. Masukkan santan kelapa encer dan aduk merata perlahan saja. Kecilkan api kompor. Lalu, tambahkan daun salam, daun jeruk, batang serai, dan lengkuas.
  5. Masak hingga bumbu meresap ke dalam daging ayam. tambahkan garam, gula pasir, dan kaldu bubuk. Aduk terus hingga merata. Tambahkan air matang secukupnya.
  6. Cicipi sedikit kuahnya untuk memastikan rasanya. Anda bisa menambahkan kaldu bubuk secukupnya, jika rasanya kurang pas.
  7. Lalu, masukkan santan kelapa kental dan aduk perlahan. Masak hingga mendidih. Matikan kompor dan opor ayam kampung sudah matang.
  8. Siapkan piring atau mangkuk saji untuk plating. Tuangkan masakan opor ayam kampung yang sudah matang di atasnya. Taburi bawang goreng secukupnya, jika ada. Siapkan juga sepiring nasi hangat sebagai pelengkap untuk menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Baked Tuna Mayonnaise

Itulah resep opor ayam kampung selengkapnya yang bisa Anda coba masak di rumah sekarang juga. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info