Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Mau Tahu Cara Memasak Nasi Goreng Hokkian Ala Cinnese Food?

Mau Tahu Cara Memasak Nasi Goreng Hokkian Ala Cinnese Food?

Nasi Goreng Hokkian (1)

Resep nasi goreng Hokkian

Apakah Anda sekalian sudah pernah mencicipi nasi goreng Hokkian? Nasi goreng ala Chinnese food yang berasal dari Tiongkok.

Hal itu dikarenakan Hokkian merupakan salah satu suku penduduk yang bertempat tinggal di Provinsi Fujian terletak di bagian tenggara – selatan negara Tiongkok.

Banyak orang Hokkian yang merantau dan tinggal di berbagai negara terutama di wilayah Asia Tenggara, tak terkecuali di Indonesia.

Dengan begitu, mereka memperkenalkan kebudayaan dan tradisi aslinya dari Hokkian kepada masyarakat lokal, seperti hanya di bidang kuliner ada nama nasi goreng ala Hokkian.

Perbedaannya dengan nasi goreng yang umum dibuat, yaitu isian nasi gorengnya tidak dicampur dan dimasak langsung bersama nasinya, tetapi dimasak terpisah lalu disiramkan di atas nasi.

Apakah Anda penasaran dengan cara memasak nasi goreng Hokkian? Silahkan membaca resep selengkapnya berikut yang semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  1. 1 piring nasi putih atau sesuai selera
  2. 1 butir telur ayam
  3. ½ sendok makan mentega

Bahan untuk isian

  1. 100 gram daging ayam
  2. 1 buah wortel dipotong dadu
  3. 2 sendok makan kacang polong beku direndam air hangat lalu ditiriskan
  4. ½ siung bawang bombay diiris tipis
  5. 2 siung bawang putih dicincang halus
  6. ½ sendok makan tepung tapioka
  7. 2 sendok makan air matang
  8. 1 sendok makan minyak goreng
  9. 2 sendok teh minyak wijen
  10. Air kaldu ayam secukupnya
Baca Juga :  Resep Kue Semprong Yang Lezat Ini Wajib Anda Coba

Bumbu-bumbu

  1. 2 sendok teh saus tiram
  2. 2 sendok teh kecap asin
  3. ½ sendok teh garam
  4. ½ sendok teh lada bubuk

Cara memasaknya

Setelah semua bahan dan bumbu diatas siap, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak nasi goreng Hokkian dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu daging ayam di bawah air mengalir, lalu rebus sekitar 30 menit hingga kaldunya keluar. Setelah itu, tiriskan daging ayam dan potong dadu. Sisihkan. Sementara itu, air sisa rebusan yang sudah menjadi kaldu ayam jangan dibuang karena masih digunakan memasak.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri mentaga. Setelah panas, goreng telur diorak-arik. Tambahkan nasi putih dan aduk merata. Matikan kompor, angkat, dan sisihkan.
  3. Silahkan memanaskan wajan penggorengan lagi dan beri minyak goreng dan minyak wijen. Setelah panas, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
  4. Tambahkan daging ayam yang sudah disiapkan tadi. Masak hingga berubah warna. Setelah itu, masukkan kacang polong dan wortel. Jangan lupa dibumbui dengan saus tiram, kecap asin, garam, dan lada bubuk. Kecilkan api kompor dan aduk merata.
  5. Selanjutnya, masukkan air kaldu ayam hasil rebusan daging ayam. Masak hingga mendidih. Untuk mengentalkan kuahnya, siapkan tepung tapioka yang sudah dilarutkan dengann sedikit air matang. Setelah itu, masukkan ke dalam wajan dan aduk merata.
  6. Silahkan mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasa. Jika sudah pas, matikan kompor.
  7. Siapkan piring saji untuk plating. Taruh nasi campur telur orak-arik yang sudah disiapkan. Lalu, siram dengan masakan isiannya diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya jika ada. Nasi goreng sudah matang dan siap disantap.
Baca Juga :  Resep Ayam Saus Lemon yang Cocok untuk Menu Makan Siang Keluarga

Cara memasak nasi goreng Hokkian seperti yang diinformasikan diatas bisa Anda praktikkan sekarang juga di rumah. Terutama Anda yang suka masakan Chinnese food pasti menyukainya. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan