Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Nasi Lemak Khas Melayu Ini Jangan Sampai Anda Lewatkan

Resep Nasi Lemak Khas Melayu Ini Jangan Sampai Anda Lewatkan

Nasi Lemak Sambal Cumi in Indonesia 2

Resep nasi lemak

Apakah Anda sudah mengetahui resep nasi lemak yang lezat dan sedap? Jika belum, sudah tepat membaca artikel ini karena akan menginformasikannya secara lengkap.

Diketahui bahwa nasi lemak berasal dari negara Malaysia yang masih berumpun Melayu seperti Indonesia. Jika di Indonesia khususnya di Jakarta ada nasi uduk, Malaysia memiliki kuliner nasi lemak. B

ukan hanya di Malaysia, tetapi nasi lemak juga populer hingga Singapura dan Brunei Darussalam.

Mungkin wilayah Indonesia yang populer dengan nasi lemak hanya di Kepulauan Riau saja. Disebut nasi lemak karena nasinya dimasak dengan santan sehingga rasanya gurih, seperti nasi unduk.

Hanya isiannya saja yang berbeda, yaitu telur, ayam goreng, sambal, dan yang lainnya. Anda yang ingin mencicipinya bisa membuat sendiri dari resep nasi lemak yang akan diinformasikan berikut. Semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  1. 250 gram beras putih yang sudah dicuci bersih dan direndam air selama 60 menit
  2. 300 ml santan
  3. 1 sendok teh garam
  4. 1 lembar daun pandang disobek-sobek
  5. 3 lembar daun salam
  6. 2 lembar daun jeruk
  7. 2 cm jahe digeprek
  8. 1 batang serai digeprek diambil bagian putihnya
Baca Juga :  Resep Nugget Pisang Crispy Cocok Untuk Ide Jualan

Bahan pelengkap

  1. Ayam goreng secukupnya
  2. Ikan teri goreng secukupnya
  3. Kacang tanah goreng secukupnya dan sudah ditaburi sedikit garam lalu aduk merata
  4. 1 buah telur rebus
  5. Mentimun secukupnya dipotong kecil
  6. Sambal tomat secukupnya
  7. Bawang goreng secukupnya

Cara membuat nasi lemak

Setelah semua bahan diatas siap dan lengkap, Anda dapat segera memasak resep nasi lemak dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Anda yang memiliki rice cooker lebih mudah membuat nasi lemak. Caranya, masukkan beras dan santan ke dalam rice cooker. Tambahkan bahan-bahan lainnya. Setelah itu, nyalakan rice cooker dan tunggu hingga nasinya matang. Setelah matang, buka penutup rice cooker dan biarkan beberapa menit agar uap airnya hilang.
  2. Adapun Anda yang tidak memiliki rice cooker, dapat memasak nasi lemak di panci biasa. Caranya, siapkan panci ukuran sedang terlebih dulu. Lalu, masukkan santan dan bahan-bahan lainnya ke dalamnya. Masak diatas api kompor kecil saja dengan terus diaduk hingga mendidih.
  3. Setelah itu, masukkan beras yang sudah dicuci dan direndam ke dalam panci. Aduk-aduk hingga santan menyusut dan mengering, sehingga nasi sudah jadi setengah matang.
  4. Selanjutnya, siapkan panci kukusan. Masukkan nasi setengah matang ke dalamnya dan kukus selama 30 menit diatas api sedang. Setelah nasi tanak, matikan kompor dan buka penutup kukusan agar uap air keluar. Nasi santan yang gurih sudah matang dan siap disajikan dengan bahan pelengkap lainnya.
  5. Siapkan piring saji untuk plating. Beri nasi santan secukupnya diatasnya. Tambahkan bahan pelengkap yang sudah disiapkan, seperti ayam goreng, ikan teri, telur rebus, dan yang lainnya. Jangan lupa taburi bawang goreng secukupnya agar lebih sedap. Nasi lemak siap disantap.
Baca Juga :  Resep Ikan Kembung Acar Kuning, Masakan Rumahan Khas Jawa yang Menggugah Selera

Resep nasi lemak bisa Anda praktikkan sendiri di rumah dengan langkah-langkah yang sudah diinformasikan. Caranya tidak terlalu sulit dan semua bahannya bisa didapatkan dengan mudah. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info