Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Yuk, Memasak Timlo Solo yang Berkuah Segar dan Lezat Disantap

Yuk, Memasak Timlo Solo yang Berkuah Segar dan Lezat Disantap

Timlo Solo (1)

Resep timlo Solo

Resep timlo Solo sangat populer di kota asal Presiden Jokowi ini. Sajian kuliner berkuah mirip sup yang rasanya segar dan cocok disantap di saat musim penghujan seperti ini.

Penjual timlo cukup mudah ditemukan di Solo. Mulai warung di pingggiran jalan hingga restoran berbintang menyajikan menu kuliner yang satu ini. Timlo bisa disantap di setiap waktu, seperti sarapan pagi, makan siang, atau makan malam.

Jika biasanya sup berisi ayam, daging, atau bahan protein lainnya. Namun, timlo bisa berisi beragam protein hewani, seperti telur pindang, sosis, dan ati ampela.

Lalu, apakah Anda ingin mencicipi timlo Solo yang terkenal itu? Tak perlu jauh-jauh ke Solo karena Anda bisa memasaknya sendiri di rumah. Berikut diinformasikan resep timlo Solo selengkapnya yang harus Anda baca.

Bahan-bahan

  1. 5 pasang ati ampela
  2. 3 siung bawang putih dihaluskan
  3. 3 lembar daun jeruk dibuang tulang daunnya
  4. 500 ml air matang
  5. 2 cm jahe digeprek
  6. ½ sendok teh merica bubuk

Bahan untuk kuah timlo

  1. 1,5 liter air matang
  2. 4 buah paha ayam
  3. 4 siung bawang putih diiris kecil
  4. 5 siung bawang merah diiris kecil
  5. 1 batang daun bawang diiris kecil
  6. 1 sendok makan garam
  7. ½ sendok makan gula pasir
  8. ½ sendok teh merica bubuk
  9. 1 sendok makan minyak goreng untuk menumis
Baca Juga :  Resep Ayam Suwir Bali Dengan Citarasa Kencur yang Menggugah Selera Makan

Bahan pelengkap

  1. 3 butir telur pindang
  2. 5 buah sosis Solo dipotong-potong
  3. Soun secukupnya
  4. Bawang merah goreng secukupnya
  5. Sambal kecap secukupnya

Cara membuat timlo Solo

Setelah semua bahan diatas sudah siap, Anda bisa segera mempraktikkan resep timlo Solo dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Anda memasak kuah kaldunya terlebih dulu. Bersihkan dulu paha ayam di bawah air mengalir. Setelah itu, rebus air yang sudah disiapkan dan masukkan paha ayam ke dalamnya. Rebus hingga empuk dan air menyusut. Angkat paha ayam dan suwir-suwir dagingnya. Sisihkan. Air kaldu bekas rebusan jangan dibuang karena masih digunakan.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng untuk menumis. Setelah panas, tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Lalu, angkat dan tuangkan tumisan ke dalam air kaldu bekas rebusan tadi. Aduk sebentar.
  3. Masak di api kompor kecil. Bumbui dengan garam, gulapasir, dan merica bubuk. Aduk merata. Masak hingga mendidih, lalu masukkan irisan daun bawang. Aduk perlahan. Cicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika sudah pas, matikan kompor. Kuah timlo sudah matang.
  4. Selanjutnya, bersihkan ati ampela di bawah air mengalir. Siapkan panci ukuran sedang lalu rebus ati ampela dengan air yang sudah disiapkan. Masukkan bawang putih, garam, merica bubuk, jahe, dan daun jeruk. Rebus hingga ati ampela matang. Angkat dan potong-potong ati ampela sesuai selera.
  5. Masakan timlo Solo sudah matang dan siap dihidangkan. Siapkan mangkuk ukuran sedang untuk plating. Isi mengkuk dengan soun secukupnya, suwiran ayam, ati ampela, sosis Solo, dan telur pindang yang sudah dipotong. Lalu, siram dengan kuah rebusan yang sudah disiapkan tadi. Taburi bawang merah goreng secukupnya. Lengkapi dengan sambal kecap agar lebih mantap.
Baca Juga :  Cara Buat Pancake Boba Ala Cafe

Itulah resep timlo Solo yang bisa Anda coba buat sendiri masakannya di rumah. Beberapa bahan yang mungkin sulit menemukannya bisa Anda ganti dengan lainnya. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan