Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Oseng Mercon Ati Ampela yang Rasanya Begitu Menyengat Lidah

Oseng Mercon Ati Ampela yang Rasanya Begitu Menyengat Lidah

Oseng Mercon Ati Ampela (1)
Lazada

Resep oseng mercon ati ampela

Anda yang hobi masak di dapur silahkan mencoba oseng mercon ati ampela. Kuliner yang satu ini khusus untuk penggemar masakan pedas.

Pasalnya, banyak cabai rawit sebagai salah satu bumbunya dimasak bersama ati ampela ayam. Dijamin pedasnya benar-benar menyengat lidah. Oleh karena itu, tidak berlebihan jika masakannya disebut mercon karena rasa pedasnya tersebut.

Sebenarnya, masakan oseng mercon bisa dikombinasikan dengan bahan protein hewani lainnya, seperti daging sapi, daging ayam, bakso, sosis, atau yang lainnya.

Nah, disini oseng mercon akan dimasak dengan bahan ati ampela ayam yang rasanya tidak kalah enaknya dengan bahan lainnya.

Anda penasaran dengan resep oseng mercon ati ampela yang rasanya benar-benar menyengat? Silahkan membaca informasi selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  1. 500 gram atau sekitar 4 porsi ati ampela ayam segar ukuran besar
  2. 2 lembar daun salam
  3. 1 lembar daun jeruk
  4. 3 cm lengkuas digeprek
  5. 1 sendok teh gula Jawa disisir
  6. ½ sendok teh kaldu bubuk
  7. ½ sendok teh garam
  8. Minyak goreng secukupnya
  9. Air matang secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 8 siung bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 25 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  4. 10 buah cabai merah keriting
  5. 1 buah tomat merah
  6. 1 cm jahe
  7. ½ sendok teh merica

Cara memasak oseng mercon ati ampela

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak oseng mercon ati ampela dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ati ampela ayam di bawah air mengalir. Setelah itu, rebus ati ampela sekitar 10 menit hingga matang. Angkat dan tiriskan.
  2. Diamkan beberapa menit agar tidak terlalu panas. Lalu, potong ati ampela berukuran sedang atau sesuai selera Anda. Sisihkan.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan daun salam, daun jeruk, dan lengkuas. Tumis hingga layu.
  4. Masukkan potongan ati ampela yang sudah disiapkan. Aduk merata hingga semua bahan tercampur. Tuangkan air matang secukupnya dan kecilkan api kompor. Lalu, bumbui dengan garam, gula Jawa, dan kaldu bubuk. Aduk lagi merata dan masak hingga matang.
  5. Jangan lupa mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika masih kurang sedap, tambahkan kaldu bubuk secukupnya ke dalam masakan, lalu aduk sebentar. Setelah matang, matikan kompor dan masakan oseng mercon siap dihidangkan.
  6. Siapkan piring saji untuk plating. Tuangkan masakan oseng mercon yang sudah matang diatas piring. Taburi bawang merah goreng secukupnya jika ada agar lebih sedap. Siapkan juga nasi hangat saat ingin menyantapnya. Jangan lupa juga menyiapkan air putih untuk menetralisir rasa pedas dari masakan ini.

Masakan oseng mercon ati ampela sudah matang dan siap disantap. Lebih seru dan menyenangkan jika disantap bersama keluarga tercinta dan orang terdekat. Selamat menikmati.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Exit mobile version