Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Krengsengan Ayam Khas Jawa Timur, Mudah Memasaknya

Krengsengan Ayam Khas Jawa Timur, Mudah Memasaknya

Krengsengan Ayam (1)

Resep krengsengan ayam

Resep krengsengan ayam mudah memasaknya, tetapi rasanya jangan diremehkan karena dijamin mantul. Krengsengan merupakan masakan khas Jawa Timur yang biasanya menggunakan bahan daging sapi atau kambing.

Dikarenakan harga daging lagi melambung tinggi, tidak ada salahnya menggunakan daging ayam. Harganya lebih terjangkau dan rasanya masih lezat. Asalkan dimasak dengan bumbu serta caranya benar.

Sepintas masakan ini mirip tumisan ayam atau tongseng, tetapi beda rasanya. Tongseng berasa gurih pedas, sementara krengsengan lebih dominan gurih manis.

Namun demikian, Anda bisa membuat masakannya lebih pedas dengan mencampurkan cabai rawit di bumbunya sesuai selera. Lalu, bagaimana resep krengsengan ayam selengkapnya? Berikut uraian selengkapnya.

Bahan utama

  1. 300 gram daging ayam segar bagian dada atau paha tanpa tulang
  2. 1 buah tomat merah dipotong-potong
  3. 1 buah cabai merah besar dipotong-potong serong
  4. 2 sendok makan petis udang
  5. 1 helai daun bawang dipotong kesil
  6. 4 sendok makan kecap manis
  7. 250 ml air matang
  8. 3 sendok makan minyak goreng
  9. Kaldu bubuk secukupnya
  10. Bawang merah goreng secukupnya
Baca Juga :  Ayam Tangkap Khas Aceh, Mudah dan Maknyus

Bumbu yang dihaluskan

  1. 5 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 5 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  4. ½ sendok teh merica butiran
  5. 1 sendok teh garam

Cara memasak krengsengan ayam

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep krengsengan ayam dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu daging ayam di bawah air mengalir, lalu potong-potong ukuran sedang. Sisihkan.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng yang sudah disiapkan. Setelah panas, tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum.
  3. Tambahkan potongan cabai merah dan aduk merata. Setelah itu, masukkan potongan daging ayam ke dalam wajan. Masak hingga berubah warna.
  4. Tambahkan air matang, lalu kecilkan api kompor. Tambahkan juga kecap manis dan petis udang. Aduk merata perlahan. Masak hingga daging ayam empuk serta kuahnya menyusut.
  5. Jangan lupa mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasa masakannya. Jika dirasa kurang sedap, tambahkan kaldu bubuk secukupnya, lalu aduk merata. Masukkan juga potongan daun bawang sebelum mematikan kompor. Setelah matang, matikan kompor dan krengsengan ayam siap disajikan.
  6. Siapkan piring saji untuk plating. Tuangkan masakan yang sudah matang diatas piring. Taburi bawang merah goreng secukupnya agar lebih sedap. Siapkan juga nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Jengkol Balado Ijo yang Mantul dan Menggoyang Lidah

Itulah resep krengsengan ayam khas Jawa Timur yang mudah memasaknya. Anda bisa mencobanya di rumah. Setelah matang, ajaklah seluruh anggota keluarga dan orang terdekat untuk mencicipinya. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info