Lompat ke konten
Home » Ayam Goreng Bawang yang Satu Ini Harus Anda Coba Masak di Rumah

Ayam Goreng Bawang yang Satu Ini Harus Anda Coba Masak di Rumah

Ayam Goreng Bawang (1)

Resep ayam goreng bawang

Apakah Anda sudah pernah memasak resep ayam goreng bawang? Jika belum, sudah tepat membaca artikel ini hingga selesai karena akan menguraikan resepnya dengan lengkap.

Ayam goreng yang dibumbui biasa lalu digoreng tentu sudah biasa dipraktikkan. Rasanya juga gurih biasa tanpa ada sensasi rasa lainnya.

Berbeda jika bumbunya dicampur dengan bawang putih. Dijamin rasanya lebih mantul karena aroma bawang putihnya beserta citarasanya benar-benar terasa.

Anda mungkin tidak akan menemukan menu ayam goreng bawang di luar sana karena jarang warung atau rumah makan menjualnya.

Oleh karenanya, silahkan memasaknya sendiri di rumah dengan bahan dan bumbu yang mudah didapatkan. Untuk lebih jelasnya perihal resep ayam goreng bawang, baca dulu uraian berikut yang semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  1. 500 gram ayam segar (bebas di bagian mana saja atau jeroan)
  2. 2 bonggol bawang putih digeprek
  3. ½ sendok makan garam
  4. 1 sendok teh kaldu bubuk
  5. ½ sendok makan gula pair
  6. ½ sendok teh lada bubuk
  7. 2 sendok makan tepung maizena
  8. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Resep Sop Kambing Kuah Bening Gurih dan Enak

Bumbu yang dihaluskan

  1. 3 siung bawang putih
  2. 2 cm jahe

Bahan pelengkap

  1. 1 buah timun segar dikupas dan diiris
  2. ½ buah kol segar diiris
  3. Sambal tomat secukupnya

Cara memasak ayam goreng bawang

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep ayam goreng bawang dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan ayam dulu hingga bersih di bawah air mengalir. Buang semua kotoran dan bulu-bulu kecil di permukaan kulitnya. Setelah itu, potong ayam menjadi 8 – 10 bagian atau sesuai selera Anda. Sisihkan.
  2. Siapkan wadah baskom, lalu masukkan bumbu halus dengan bawang putih yang sudah digeprek. Tambahkan garam, kaldu bubuk, gula pasir, dan lada bubuk. Aduk merata.
  3. Setelah itu, masukkan potongan ayam ke dalam baskom, lalu campur dan lumuri semua permukaannya dengan bumbu tersebut. Campurkan sambil dipijat-pijtat ayam agar bumbunya meresap ke dalamnya. Diamkan dan simpan di dalam kulkas sekitar 30 menit, tetapi jangan dimasukkan ke dalam freezer.
  4. Setelah 30 menit, keluarkan ayam dan campurkan dengan tepung maizena hingga merata. Sisihkan.
  5. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng cukup banyak untuk menggoreng ayam. Pastikan minyak sudah panas barulah potongan ayam dimasukkan ke dalam wajan. Goreng hingga berwarna kecoklatan.
  6. Jangan lupa lupa dibolak-balik ayamnya agar matangnya merata. Sebaiknya digoreng di api sedang saja agar tidak gosong. Setelah matang, angkat ayam dan tiriskan. Siap disajikan.
  7. Siapkan piring saji untuk plating. Letakkan dan tata potongan ayam goreng bawang yang sudah matang diatas piring. Lengkapi dengan lalapan, sambal tomat, dan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Ikan Kakap Goreng Lada Hitam, Sajian Cocok untuk Makan Siang

Setelah resep ayam goreng bawang selesai dimasak, Anda bisa mencicipi dan merasakan sendiri gurih dan renyahnya. Namun yang menjadi ciri khasnya, yaitu rasa bawang putih goreng yang begitu terasa menjadikan ayam gorengnya semakin mantul. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sponsor topwisata.info