Lompat ke konten
Home » Yuk, Dicoba Bakwan Malang ala Homemade yang Mantul

Yuk, Dicoba Bakwan Malang ala Homemade yang Mantul

Bakwan Malang (1)

Resep bakwan Malang

Apa itu resep bakwan Malang? Anda mungkin juga menanyakannya. Biasanya, nama bakso Malang yang lebih dikenal masyarakat.

Terutama di Jakarta dan sekitarnya, Jawa Barat, hingga Jawa Tengah. Isi baksonya dalam seporsi seperti pada umumnya. Sementara bakwan Malang, merupakan nama yang biasanya dikenal oleh masyarakat di Jawa Timur.

Sebenarnya antara bakso Malang dengan bakwan Malang adalah sama. Hanya penamaan dan kebiasaan masyarakat di luar Jawa Timur yang menyebutnya berbeda.

Menemukan penjual atau pedagang bakwan Malang tentu mudah karena kuliner tersebut memang sudah populer. Namun, Anda juga bisa membuatnya di rumah untuk versi home made atau rumahannya.

Untuk lebih lengkapnya, silahkan membaca resep bakwan Malang berikut.

Bahan-bahan

  1. 2 potong dada ayam segar
  2. 10 ekor udang segar ukuran sedang
  3. 20 sendok makan tepung tapioka
  4. 1 buah wortel diparut halus
  5. ¼ buah kol dirajang kecil
  6. 1 batang daun bawang dipotong kecil
  7. 3 siung bawang putih dihaluskan
  8. 1 sendok makan minyak wijen
  9. 2 sendok teh garam
  10. 1 sendok teh kaldu bubuk ayam
  11. ¼ sendok teh merica bubuk
  12. Minyak goreng secukupnya

Bahan untuk kuah

  1. 1 potong iga atau lemak sapi
  2. 5 liter air
  3. 4 siung bawang putih digeprek
  4. 3 sendok teh garam
  5. 1 sendok teh kaldu bubuk sapi
  6. ½ sendok teh merica bubuk

Bahan untuk siomay

  1. 10 sendok makan tepung tapioka
  2. 1 siung bawang putih dihaluskan
  3. ½ sendok teh garam
  4. 1 gelas air
Baca Juga :  Resep Plecing Kangkung khas Lombok

Bahan pelengkap

  1. 30 buah kulit pangsit
  2. 10 buah tahu coklat
  3. 20 butir bakso
  4. 1 bungkus mie telur
  5. 1 bungkus bihun kering

Cara membuat bakwan Malang

Setelah semua bahan diatas sudah disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan resep bakwan Malang dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu daging ayam dan udang di bawah air mengalir. Buang semua cangkang dan bagian kepala udang. Setelah itu, cincang dan haluskan daging ayam dan udang. Sisihkan.
  2. Siapkan wadah baskom, lalu masukkan ke dalamnya daging ayam, udang, bawang putih, wortel, kol, dan daun bawang.
  3. Bumbui dengan garam, kaldu bubuk, merica bubuk, dan minyak wijen. Setelah itu, aduk merata dengan tangan yang sudah memakai kaos tangan plastik.
  4. Tambahkan tepung tapioka yang sudah disiapkan dan aduk merata lagi hingga adonan kalis. Ambil sebuah tahu coklat dan belas bagian tengahnya untuk diberi satu sendok makan adonan. Lakukan langkah tersebut untuk semua tahu coklat.
  5. Begitu juga dengan kulit pangsit. Anda berikan satu sendok makan adonan di tengah kulit pangsit. Lalu, lipat hingga mengerucut dan rekatkan ujung-ujungnya dengan sedikit air. Lakukan langkah tersebut hingga semua kulit pangsit habis.
  6. Sisakan sekitar 3 sendok makan adonan untuk campuran bahan siomay. Cara membuat siomay, yaitu tambahkan tepung tapioka yang sudah disiapkan dan aduk merata. Setelah itu, didihkan 1 gelas air dan tambahkan bawang putih serta garam.
  7. Angkat dan tuangkan sedikit demi sedikit ke dalam adonan yang sudah dibuat tadi sambil terus diaduk merata. Setelah itu, ambil adonan 1 sendok makan dan jadikan membulat. Lakukan jal tersebut hingga semua adonan habis.
  8. Langkah berikutnya, siapkan panci kukusan untuk mengukus tahu isi, sebagian pangsit, siomay, dan bakso. Kukus sekitar 20 menit menit atau hingga matang. Setelah matang, angkat dan sisihkan.
  9. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng untuk menggoreng pangsit. Setelah minyak panas, masukkan satu per satu pangsit dan goreng hingga berwarna kecoklatan. Jangan lupa dibolak-balik agar pangsit matang merata. Setelah matang, angkat semua pangsit dan tiriskan.
  10. Siapkan panci ukuran sedang, lalu rebus mie telur hingga matang. Angkat dan sisihkan. Begitu juga dengan bihun keringnya. Rebus bihun hingga matang, lalu angkat dan sisihkan.
  11. Langkah selanjutnya membuah kuahnya. Panaskan wajan penggorengan lagi dan beri minyak goreng sedikit saja untuk menumis. Setelah panas, tumis bawang putih hingga harum. Tambahkan air yang sudah disiapkan dan iga atau lemak sapi. Aduk merata. Bumbui dengan garam, kaldu bubuk, dan merica bubuk. Aduk merata dan masak hingga mendidih. Silahkan mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasanya.
  12. Semua bahan bakwan Malang sudah matang dan tinggal diplating. Siapkan mangkuk ukuran sedang untuk plating. Letakkan dan tata secukupnya mie, bihun, bakso, siomay, tahu, dan pangsit di dalamnya. Lalu, siram dengan kuahnya secukupnya. Taburi bawang merah goreng, jika ada. Anda bisa melengkapinya dengan kecap manis, saos tomat/cabai, dan perasan jeruk nipis.
Baca Juga :  Resep Cakwe anti Gagal, Layak untuk Jualan lo Moms

Bahan dan memasak resep bakwan Malang memang cukup rumit. Namun demikian, rasanya dijamin mantul serta menggugah selera. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sponsor topwisata.info