Lompat ke konten
Home » Resep » Yuk, Memasak Mudah Seafood Lada Hitam Kemangi di Rumah

Yuk, Memasak Mudah Seafood Lada Hitam Kemangi di Rumah

Seafood Lada Hitam

Resep seafood lada hitam kemangi

Resep seafood lada hitam kemangi yang rasanya benar-benar menggugah selera. Apalagi Anda yang suka menyantap seafood atau makanan laut pasti suka.

Rasa masakannya pedas dan gurih dipadukan dengan beragam bumbu rempah khas Nusantara. Ditambah daun kemangi di dalamnya menambah aromatic pada masakannya.

Ada berbagai bahan seafood yang pastinya lezat semua. Anda pun bisa bebas memilihnya sendiri mana yang disukai dan cocok dengan selera masing-masing.

Misalnya, udang, kepiting, cumi, kerang, ikan laut, dan masih banyak lagi. Semuanya memang lezat, tetapi harus dimasak dengan benar.

Oleh karena itu, Anda direkomendasikan untuk membaca resep seafood lada hitam kemangi selengkapnya berikut.

Bahan untuk seafood

  1. 100 gram cumi segar dipotong cincin
  2. 100 gram ikan fillet dipotong dadu
  3. 100 gram udang di belah dua
  4. 100 gram kerang
  5. 2 buah jeruk nipis
  6. 2 bungkus tepung serbaguna
  7. 1 buah bawang bombay dirajang kasar
  8. 2 siung bawang putih dicincang halus
  9. 1 sendok makan margarin
  10. 2 ikat daun kemangi dipetik daunnya saja
  11. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Resep Membuat Capcay Kuah Kental

Bahan untuk saus lada hitam

  1. 2 sendok makan saus tiram
  2. 2 sendok makan kecap manis
  3. 1 sendok makan saus tomat
  4. 2 sendok teh lada hitam bubuk
  5. 2 gelas air putih
  6. 1 sendok makan margarin

Cara memasak seafood lada hitam kemangi

Setelah semua bahan diatas lengkap disediakan, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak resep seafood lada hitam kemangi dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Silahkan mencuci semua seafood yang digunakan di bawah air mengalir. Setelah itu, beri perasan jeruk nipis masing-masing jenis seafood, lalu diamkan sekitar 15 menit untuk menghilangkan bau amisnya. Setelah 15 menit, bilas dengan air lagi hingga bersih. Sisihkan.
  2. Siapkan wadah baskom, lalu masukkan semua seafood ke dalamnya. Setelah itu, beri tepung serba guna yang sudah disiapkan dan aduk merata.
  3. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng seafood. Pastikan minyak sudah panas barulah memasukkan semua seafood ke dalam wajan. Goreng hingga seafood berubah warna dan matang. Setelah itu, angkat dan tiriskan.
  4. Langkah berikutnya membuat saus lada hitam. Caranya, panaskan wajan penggorengan api kompor kecil saja dan beri margarin. Setalah panas dan meleleh, masukkan semua bahan saus lada hitam satu per satu ke dalam wajan. Aduk merata dan masak hingga mendidih. Silahkan mencicipi sedikit sausnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika sudah rasanya sudah mantap, matikan kompor.
  5. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan sekali lagi api kompor kecil dan beri margarin. Setelah panas, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
  6. Masukkan saus lada hitam yang sudah matang dan tambahkan air secukupnya. Masukkan juga seafoodnya dan aduk merata. Masak hingga mendidih dan airnya menyusut. Setelah itu, tambahkan daun kemangi dan aduk sebentar. Matikan kompor dan masakan sudah matang. Siap disajikan.
  7. Siapkan piring saji untuk plating. Tuangkan seafood lada hitam kemangi yang sudah matang diatasnya. Lengkapi dengan nasi putih hangat sangat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Kuah Bakso Rumahan, Simple Dan Mudah Untuk Anda Coba

Silahkan Anda praktikkan cara memasak resep seafood lada hitam kemangi diatas. Jika sudah matang, jangan lupa mengajak seluruh anggota keluarga dan orang terdekat untuk menyantapnya. Selamat mencoba.

Lihat Video :

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan