Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Ketupat Uduk Kare Ayam, Variasi Masakan di Hari Raya

Resep Ketupat Uduk Kare Ayam, Variasi Masakan di Hari Raya

Ketupat Uduk Kare Ayam (1)

Resep ketupat uduk kare ayam

Resep ketupat uduk kare ayam bisa Anda jadikan variasi menu masakan saat menyambut Hari Raya Idhul Adha tahun ini.

Biasanya, masakan beberapa hari setelah berkurban selalu menggunakan bahan daging sapi ataupun kambing. Bahkan, tidak menutup kemungkinan memasak bagian jeroannya yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara berlebihan. Maka dari itu, direkomendasikan bagi Anda sekalian pilihan menu ketupat uduk kare ayam.

Ketupat yang bisa Anda masak dan buat sendiri nantinya akan dimasak serta disajikan dengan kuah kare ayam yang gurihnya menggugah selera.

Dijamin, menu masakan ini benar-benar lezat saat dihidangkan untuk sarapan pagi ataupun makan siang. Lalu, bagaimana resep ketupat uduk kare ayam selengkapnya? Berikut informasinya yang harus Anda baca setuntasnya.

Bahan untuk ketupat uduk

  1. 200 gram beras putih
  2. 250 ml santan cair
  3. 1 sendok teh garam
  4. 1 lembar daun pandan
  5. 1 batang serai
  6. 2 lembar daun salam
  7. 1 buah bungkus ketupat ukuran besar

Bahan untuk kare ayam

  1. 500 gram daging ayam segar bisa dipilih di bagian mana saja sesuai selera
  2. 8 butir bawang merah
  3. 5 siung bawang putih
  4. 2 cm kunyit
  5. 2 cm jahe
  6. 3 butir kemiri
  7. 1 sendok teh garam
  8. 1 sendok teh ketumbar bubuk
  9. ¼ sendok teh jintan
  10. 5 buah cabai merah keriting
  11. 2 buah cabai merah besar
  12. 2 cm lengkuas digeprek
  13. 1 batang serai digeprek
  14. 3 lembar daun jeruk
  15. 2 lembar daun salam
  16. 3 butir bunga lawang
  17. ½ sendok teh lada bubuk
  18. 200 ml santan cair
  19. 1 sendok makan kecap manis
  20. 2 buah kentang dikupas dan dipotong dadu, lalu digoreng setengah matang
  21. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Mantabnya Nasi Liwet Teri Pete Homemade

Cara memasak ketupat uduk kare ayam

Setelah semua bahan dan bumbu diatas lengkap disediakan, Anda bisa segera memasak resep ketupat uduk kare ayam dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, yaitu membuat ketupat uduk terlebih dulu. Anda bisa membuatnya dengan menggunakan rice cooker di rumah agar lebih mudah dan praktis.
  2. Caranya, siapkan dulu bungkus ketupatnya, lalu isi ¾ bagian dalamnya dengan beras putih yang sudah disiapkan dan tutup rapat bungkusnya. Setelah itu, masukkan ke dalam panci rice cooker.
  3. Tuangkan santan cair, garam, daun pandan, dan salam, dan batang serai ke dalam panci rice cooker. Setelah itu, nyalakan rice cookernya dengan memencet bagian Cook. Anda tunggu saja hingga matang atau berubah menjadi Warm. Setelah matang, angkat dan tiriskan ketupatnya. Sisihkan dulu agar agak mendingin.
  4. Langkah selanjutnya memasak kare ayam. Bersihkan dulu semua daging ayam di bawah air mengalir, lalu potong-potong jika ukurannya terlalu besar. Setelah itu, rebus sekitar 30 menit, angkat dan tiriskan.
  5. Selanjutnya membuat bumbu karenya. Silahkan haluskan dulu bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, kemiri, garam, ketumbar bubuk, dan jintan. Anda bisa mengulegnya atau menggunakan blender agar lebih cepat. Setelah halus, sisihkan dulu bumbu kuning tersebut.
  6. Berikutnya, silahkan menghaluskan cabai merah keriting dan cabai merah besar untuk dijadikan bumbu merahnya. Sisihkan.
  7. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis bumbu kuning hingga harum. Setelah itu, masukkan bumbu merahnya. Aduk merata.
  8. Tambahkan lengkuas, batang serai,daun jeruk, dan daun salam. Tumis hingga semua bahan tercampur dan layu.
  9. Setelah itu, masukkan bunga lawang, potongan kentang, dan daging ayam. Aduk merata hingga tercampur dengan semua bumbunya.
  10. Tuangkan santan dan kecilkan api kompor. Aduk perlahan terus menerus agar santan tidak pecah. Tambahkan kecap manis, lalu aduk merata lagi. Silahkan mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasanya. Masak hingga santan sedikit menyusut. Setelah matang, matikan kompor dan masakan siap disajikan.
  11. Siapkan mangkuk ukuran sedang atau besar untuk plating. Tuangkan kare ayam yang sudah matang diatasnya. Lengkapi dengan ketupat uduk yang sudah dipotong-potong sesuai selera Anda. Jangan lupa taburi bawang merah goreng secukupnya diatas kare ayam, jika ada.
Baca Juga :  Resep Oseng Ceria Dan Ikan Bakar Serba Guna

Itulah resep ketupat uduk kare ayam selengkapnya yang bisa Anda praktikkan saat menyambut Hari Raya Idhul Adha nanti. Menu masakan pilihan dan sangat menggugah selera. Selamat mencoba.

Lihat Videonya :

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan