Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Bakso Udang Rebus, Cocok untuk Cemilan

Resep Bakso Udang Rebus, Cocok untuk Cemilan

Bakso Udang Rebus (1)

Resep bakso udang rebus

Ada resep bakso udang rebus yang bisa dijadikan cemilan lezat untuk dimakan setiap saat. Atau mungkin,

Anda juga bisa menjadikannya lauk pendaping saat menyantap makanan berkuah, seperti mie, bakso, soto, atau yang lainnya.

Rasa baksonya berbeda karena sudah dicampur bahan udang di dalamnya. Oleh karena itu, rasanya seperti bakso seafood dan ukurannya bisa dibuat sesuai selera Anda sendiri.

Bahan-bahan untuk membuatnya mudah disiapkan. Adapun cara membuatnya, Anda perlu membaca langkah-langkahnya terlebih dulu, seperti yang diuraikan lengkap pada resep bakso udang rebus berikut.

Bahan-bahan

  1. 200 gram udang segar ukuran sedang
  2. 50 gram tepung sagu
  3. 3 siung bawang putih dihaluskan
  4. 1 butir telur ayam diambil putih telurnya saja
  5. ½ sendok teh garam
  6. ½ sendok teh kaldu bubuk
  7. ¼ sendok teh merica bubuk

Cara membuat bakso udang rebus

Setelah semua bahan diatas lengkap disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan resep bakso udang rebus dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua udang yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Buang semua kotoran, cangkang, dan bagian kepalanya. Sisihkan dulu.
  2. Setelah itu, ambil sekitar ¾ udang yang sudah bersih itu untuk dihaluskan. Anda bisa menggunakan blender atau gilingan manual agar lebih cepat. Sisihkan.
  3. Sementara untuk sisanya atau sekiar ¼ udang dicincang kasar saja menggunakan pisau. Sisihkan juga.
  4. Siapkan wadah baskom, lalu masukkan ke dalamnya udang halus, udang cincang, bawang putih, dan putih telur. Aduk merata dengan tangan atau garpu.
  5. Masukkan semua tepung sagu yang sudah disiapkan dan aduk lagi merata. Bumbui dengan garam, kaldu bubuk, dan merica bubuk. Aduk lagi hingga semua bahan dan bumbu merata.
  6. Panaskan air di dalam panci hingga mendidih, lalu matikan kompor. Setelah itu, ambil adonan bakso dan buat berbentuk bulat-bulat dengan bantuan sendok. Baksonya berukuran sedang saja. Masukkan bakso ke dalam panci berisi air panas hingga semua adonannya habis.
  7. Nyalakan api kompor kecil dan rebus bakso hingga mengapung. Setelah mengapung semua, matikan kompor dan biarkan sejenak sekitar 10 menit.
  8. Angkat dan tiriskan semua bakso dan tunggu beberapa saat agar agak mendingin. Anda bisa langsung menyantapnya karena sudah matang. Namun jika ingin versi digoreng, silahkan menggoreng baksonya hingga berubah warna. Angkat dan tiriskan lagi.
  9. Siapkan piring saji untuk plating. Lalu, letakkan dan tata semua bakso udang rebus atau goreng yang sudah matang diatas piring. Lengkapi dengan saus cabai atau tomat sesuai selera Anda.
Baca Juga :  Resep Sambal Goreng Bola Daging yang Pasti Mantul Rasanya untuk Lauk Makan

Cukup mudah bukan mempraktikkan resep bakso udang rebus? Oleh karenanya, silahkan Anda coba di rumah dengan meniru langkah-langkah seperti yang diuraikan diatas.

Apalagi Anda yang masih memiliki buah hati kecil di rumah, pasti suka. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan