Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Kari Ayam India yang Kaya akan Bumbu Rempah

Resep Kari Ayam India yang Kaya akan Bumbu Rempah

Kari Ayam India (1)

Resep kari ayam India

Ada resep kari ayam India yang mungkin Anda sekalian tertarik memasaknya di rumah. Kari ayam India bernama asli Murgh Kari yang memang berasal dari negara tersebut.

dimana India memang populer dengan masakan kari yang kaya rempah. Seperti halnya di Indonesia, kari tersebut menggunakan bahan daging ayam.

Namun perbedaannya, tidak menggunakan bahan santan sama sekali saat memasaknya, tetapi tetap kaya akan rempah.

Biasanya, Murgh Kari disantap bersama roti canai, chapati, pitta, atau nasi putih. Adapun nasi putihnya dipilih berjenis Basmati yang ukuran butiran berasnya lebih panjang.

Anda yang penasaran dengan rasa masakan Murgh Kari, silahkan membaca dulu resep kari ayam India selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  1. 500 gram daging ayam segar bagian mana saja sesuai selera
  2. 200 gram kentang dikupas dan dipotong dadu ukuran sedang
  3. 5 butir bawang merah dicincang kasar
  4. 12 siung bawang putih dihaluskan
  5. 600 ml air
  6. 2 cm jahe dicincang halus
  7. 2 buah tomat merah dicincang kasar
  8. 2 sendok makan pasta tomat
  9. 1 sendok teh garam
  10. ½ sendok teh gula pasir
  11. 1 sendok teh cabai bubuk
  12. ½ sendok teh merica bubuk
  13. 1 sendok teh ketumbar bubuk
  14. 1 sendok teh jintan
  15. 4 lembar daun kari
  16. ½ sendok teh kunyit bubuk
  17. Kaldu bubuk secukupnya
  18. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Nasi Grombyang, Kuliner Khas Pemalang yang Wajib Dicoba di Rumah

Cara memasak kari ayam India

Setelah semua bahan diatas lengkap disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep kari ayam India dengan beberapa langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua daging ayam di bawah air yang mengalir. Buang semua kotoran dan bulu-bulu halus yang menempel di permukaan kulitnya. Jika ukurannya terlalu besar, Anda bisa memotongnya menjadi beberapa bagian sesuai selera.
  2. Rebus dulu semua potongan ayam sekitar 30 menit hingga mengeluarkan busa. Lalu, angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu agar agak mendingin.
  3. Selanjutnya, panaskan wakan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, masukkan bawang merah dan tumis hingga layu, lalu baru masukkan bawang putihnya.
  4. Tambahkan jahe dan daun kari. Tumis hingga harum dan semua bahan layu. Setelah itu, masukkan semua potongan ayam ke dalam wajan, lalu aduk merata hingga berubah warna.
  5. Tambahkan potongan kentang, lalu bumbui dengan cabai bubuk, kaldu bubuk, merica, kunyit, jintan, ketumbar, garam, dan gula pasir. Aduk merata lagi dan kecilkan api kompor.
  6. Tambahkan pasta tomat dan cincangan tomat, lalu adul lagi hingga berair. Setelah itu, tuangkan air yang sudah disiapkan dan aduk merata. Masak hingga ayam dan kentang matang.
  7. Jangan lupa mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika dirasa masih kurang sedang, Anda bisa menambahkan kaldu bubuk secukupnya, lalu diaduk merata lagi.
  8. Masak hingga kuah kari menyusut dan rasanya sudah sedap. Setelah matang, matikan kompor dan masakan Murgh Kari siap disajikan.
  9. Siapkan piring atau mengkuk saji untuk plating. Lalu, tuangkan masakan kari ayam India yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Lengkapi juga dengan nasi putih hangat saat Anda ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Gurihnya Tak Ada Lawan, Anda Perlu Coba Ayam Bakar Blondo

Ternyata, memasak resep kari ayam India tidak begitu sulit. Silahkan Anda coba praktikkan di rumah dengan langkah-langkah seperti diuraikan diatas. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan