Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Ayam Pinadar, Masakan Khas Batak Berasa Gurih Pedas di Lidah

Resep Ayam Pinadar, Masakan Khas Batak Berasa Gurih Pedas di Lidah

Ayam Pinadar

Resep Ayam Pinadar

Resep ayam panidar merupakan menu masakan khas Batak, Sumatra Utara. Masakannya menggunakan bahan utama daging ayam yang dimasak dengan beragam bumbu dan rempah,

sehingga rasanya menjadi gurih pedas. Anda tidak mungkin menemukan masakan ayam Pinadar di rumah makan Padang karena berasal dari Batak bukan Minang.

Kecuali, Anda memesannya secara khusus kepada orang atau pihak yang mampu memasaknya. Tentu saja dengan harga cukup mahal.

Oleh karenanya, lebih baik Anda coba memasak ayam panindar sendiri di rumah dengan bahan dan bumbu yang mudah didapatkankan.

Anda bisa membelinya di pasar tradisional atau supermarket terdekat. Adapun resep ayam Pinadar khas Batak selengkapnya bisa Anda baca pada uraian berikut.

Bahan-bahan

  1. 900 gram ayam segar di bagian mana saja sesuai selera
  2. ½ sendok teh garam
  3. 1 buah jeruk nipis
  4. 1 sendok teh kaldu bubuk 
  5. Air secukupnya
  6. Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 2 batang serai ambil bagian putihnya saja
  2. 5 cm lengkuas
  3. 2 cm kunyit
  4. 2 cm jahe
  5. 10 butir bawang merah
  6. 5 siung bawang putih
  7. 15 buah cabai rawit merah
  8. 3 sendok makan andaliman
  9. 2 lembar daun jeruk
  10. 3 sendok makan kelapa parut disangrai
  11. ½ sendok teh garam
  12. 1 butir jeruk nipis diambil air perasannya saja
Baca Juga :  Resep Lontong Balap Khas Surabaya yang Rasanya Bikin Ketagihan

Cara memasak ayam panidar

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep ayam panidar dengan beberapa langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu daging ayam yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Setelah itu, potong-potong ayam menjadi 10 bagian atau sesuai selera Anda.
  2. Siapkan wadah baskom, lalu masukkan semua potongan ayam ke dalamnya. Taburi garam dan beri perasan jeruk nipis. Aduk merata sebentar, lalu diamkan sekitar 30 menit.
  3. Setelah 30 menit, keluarkan ayam dan panggang/bakar diatas pemanggangan. Anda bisa menggunakan pemanggangan berlapis teflon, tetapi perlu diolesi sedikit minyak goreng dulu. Panggang hingga kering dan berwarna kecoklatan. Angkat dan sisihkan dulu.
  4. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis semua bumbu halus hingga harum.
  5. Tambahkan kelapa sangrai ke dalam wajan dan aduk merata. Beri kaldu bubuk dan air secukupnya. Aduk merata dan masak hingga mendidih dengan api kompor kecil saja.
  6. Setelah itu, masukkan ayam panggang ke dalam wajan dan aduk merata dengan semua bumbunya. Pastikan daging ayamnya sudah matang dan empuk. Anda bisa mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika sudah matang, matikan kompor dan masakan siap disajikan.
  7. Siapkan piring saji untuk plating, lalu tuangkan masakan ayam panidar yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Memasak Resep Ayam Kemangi Khas Tuban yang Mudah dan Rasanya Dijamin Mantul

Itulah resep ayam panidar khas Batak selengkapnya yang bisa Anda coba memasaknya di rumah. Sangat cocok dijadikan menu kuliner untuk makan siang. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan