Lompat ke konten
Home » Resep Mujaer Penyet, Menu Makan Siang yang Cocok untuk Seluruh Keluarga

Resep Mujaer Penyet, Menu Makan Siang yang Cocok untuk Seluruh Keluarga

Mujaer Penyet (1)

Resep mujaer penyet

Resep mujaer penyet menjadi salah satu yang direkomendasikan untuk menu makan siang atau makan malam sekeluarga.

Dimana ikan mujaer tersebut mudah dan cukup terjangkau harganya. Anda bisa membelinya di pasar tradisional atau supermarket terdekat.

Ikan mujaer yang sudah dimarinasi akan digoreng garing hingga krispi. Setelah itu, dipenyet atau digeprek dengan sambal kencur yang aromanya begitu autentik.

Setelah menu mujaer penyet matang, sangat cocok disantap bersama nasi putih hangat beramai-ramai seluruh anggota keluarga.

Jangan lupa menyediakan air putih dingin untuk menetralisir rasa pedasnya. Lalu, bagaimana resep mujaer penyet selengkapnya? Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca uraian di bawah ini yang semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  1. 2 ekor ikan mujaer segar ukuran sedang
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. ½ sendok teh garam
  4. Minyak goreng secukupnya

Bahan untuk sambal kencur

  1. 10 buah cabai rawit merah
  2. 2 buah cabai merah besar
  3. 5 siung bawang merah
  4. 2 siung bawang putih
  5. 2 cm kencur
  6. 1 sendok teh terasi
  7. ½ sendok teh garam
Baca Juga :  Keripik Pelepah Pisang Gurih Renyah, Ini Resepnya

Cara memasak mujaer penyet

Setelah semua bahan diatas lengkap disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan resep mujaer penyet dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ikan mujaer di bawah air mengalir. Buang semua sisik di badannya dan kotoran di bagian perut serta insangnya. Setelah itu, kerat-kerat tubuhnya menggunakan pisau.
  2. Masukkan ikan mujaer ke dalam wadah baskom, lalu beri garam dan perasan jeruk nipis. Aduk merata dan diamkan sekitar 30 menit hingga meresap.
  3. Setelah 30 menit, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng ikan. Setelah minyak panas, masukkan ikan mujaer satu per satu ke dalam wajan dan goreng hingga berwarna kecoklatan.
  4. Jangan lupa dibolak-balik agar matangnya merata. Setelah matang angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu agar tidak terlalu panas.
  5. Langkah berikutnya, yaitu membuat sambal kencur. Caranya, panaskan wajan penggorengan dan kurangi minyak goreng sisa menggoreng ikan mujaer tadi, sehingga tinggal sedikit di wajan. Setelah panas, tumis semua cabai, bawang merah, bawang putih, dan kencur hingga harum.
  6. Matikan kompor, lalu siapkan cobek. Tuangkan semua tumisan beserta minyaknya diatas cobek. Tambahkan garam dan terasi yang sudah disiapkan. Setelah itu, uleg hingga halus.
  7. Selanjutnya, taruh mujaer goreng diatas sambal kencur, lalu penyet atau geprek menggunakan ulegan. Jangan lupa dibolak-balik agar semua sisinya terkena sambal.
  8. Siapkan piring saji untuk plating, lalu taruh mujaer penyet yang sudah matang diatasnya. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Tom Yam Ikan Salmon, Enak dan Bergizi untuk Sajian Makan Siang

Ternyata, memasak resep mujaer penyet cukup mudah dan murah. Silahkan Anda mempraktikkannya sendiri dengan langkah-langkah seperti yang diuraikan diatas. Setelah matang, jangan lupa mengajak seluruh anggota keluarga untuk mencicipinya. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sponsor topwisata.info