Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Memasak Resep Tahu Telur Khas Jawa Timur yang Ternyata Mudah

Memasak Resep Tahu Telur Khas Jawa Timur yang Ternyata Mudah

tahu telur

Resep tahu telur

Apakah Anda sudah mengenal resep tahu telur? Kemungkinan besar Anda sudah pernah mencicipi atau menyantap kuliner tersebut.

Namun demikian, cara membuat atau memasaknya yang belum diketahui. Tentu saja caranya yang direkomendasikan agar rasanya benar-benar lezat saat disantap.

Kuliner yang satu ini menjadi ciri khas Provinsi Jawa Timur. Jadi, Anda jangan kaget saat berkunjung ke beberapa kota besar di Jawa Timur, seperti Surabaya, Malang, Sidoarjo, atau yang lainnya.

Mudah menjumpai penjual tahu telur di pinggiran jalan. Namun, Anda tidak perlu jauh-jauh kesana hanya untuk menyantapnya karena bisa memasaknya sendiri yang mudah.

Untuk lebih jelas dan detail perihal resep tahu telur, silahkan membaca uraian berikut.

Bahan-bahan

  1. 200 gram tahu putih dipotong dadu
  2. 3 butir telur ayam
  3. 1 sendok makan tepung terigu
  4. 1 gelas air matang
  5. 2 siung bawang putih dihaluskan
  6. ½ sendok teh garam
  7. 1 batang seledri dipotong kecil
  8. 1 genggam touge diseduh air panas lalu ditiriskan
  9. ½ buah mentimun dipotong tipis
  10. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Resep Hunkwe Pisang Coklat Lembut dan Sederhana

Bahan untuk sambal kecap

  1. 2 siung bawang putih diiris tipis
  2. 5 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  3. 1 sendok teh garam
  4. 1 sendok makan petis udang
  5. 10 sendok makan kecap manis

Cara membuat tahu telur

Setelah semua bahan diatas lengkap disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep tahu telur dengan beberapa langkah sebagai berikut.

  1. Siapkan wadah baskom dulu, lalu masukkan telur ayam yang sudah dikocok lepas ke dalamnya. Tambahkan tepung terigu, air, garam, bawang putih, dan potongan tahun. Aduk merata dengan tangan yang sudah bersih. Sisihkan dulu adonannya.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan teflon datar di api kompor kecil saja, lalu beri minyak goreng secukupnya. Setelah panas, tuangkan sekitar 2 sendok makan adonan tahu telur yang sudah dibuat tadi. Jangan lupa dibolak-balik agar adonannya matang merata dengan warna kuning kecoklatan. Setelah matang, angkat dan sisihkan.
  3. Lakukan langkah diatas hingga seluruh adonannya habis. Sisihkan dulu agar tidak terlalu panas.
  4. Langkah berikutnya membuat sambal kecap. Caranya, panaskan lagi wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya. Setelah minyak panas, tumis bawang putih dan cabai rawit hingga setengah matang saja. Angkat dan haluskan.
  5. Setelah itu, siapkan mangkuk lalu masukkan tumisan yang sudah dihaluskan tadi. Tambahkan garam, petis udang, dan kecap manis. Lalu, aduk merata.
  6. Siapkan piring saji untuk plating, lalu letakkan dan tata beberapa tahu telur yang sudah matang diatas piring. Tambahkan touge dan mentimun secukupnya. Setelah itu, beri sambal kecap secukupnya diatasnya.
Baca Juga :  Enak dan Praktis, Kue Bugis Ubi Ungu Wajib Dicoba

Itulah resep tahu telur khas Jawa Timur yang bisa Anda coba membuatnya di rumah. Rasa gurih, manis, dan pedas menjadi satu saat Anda menyantapnya. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan