Lompat ke konten
Home » Resep Belut Goreng Sambal Kemiri, Menu Lauk Sederhana, Lezat, dan Tinggi Nutrisi

Resep Belut Goreng Sambal Kemiri, Menu Lauk Sederhana, Lezat, dan Tinggi Nutrisi

belut goreng sambal kemiri

Resep belut goreng sambal kemiri

Resep belut goreng sambal kemiri juga bisa Anda jadikan menu lauk yang sederhana, tetapi tetap mewah.

Dalam artian, sambalnya memang dapat dibuat dengan mudah dan cepat. Apalagi semua bahan sambalnya mudah didapatkan dengan harga cukup terjangkau.

Sementara itu, bahan utamanya adalah belut goreng yang mengandung protein serta nutrisi tinggi, sehingga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi banyak orang dengan porsi normal.

Belut goreng tersebut semakin lezat untuk disantap saat dijadikan menu belut goreng sambal kemiri.

Anda yang belum pernah coba mencicipinya memang harus membuktikan sendiri rasa kelezatannya. Lalu, bagaimana resep belut goreng sambal kemiri selengkapnya? Silahkan membaca uraian berikut yang semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  1. 300 gram belut segar ukuran sedang
  2. 1 sendok makan garam
  3. 2 buah jeruk nipis
  4. Minyak goreng secukupnya

Bahan untuk sambal kemiri

  1. 5 butir bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 4 buah kemiri dibakar
  4. 1 sendok teh terasi dibakar
  5. 8 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  6. 2 buah cabai merah besar
  7. 1 sendok makan gula Jawa
  8. 2 sendok teh asam Jawa
  9. ½ sendok teh garam
Baca Juga :  Suka Sajian Ayam? Coba Buat Ayam Kecap Pedas Manis! Ini Resepnya

Cara membuat belut goreng sambal kemiri

Setelah semua bahan yang ditulis diatas lengkap disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan resep belut goreng sambal kemiri dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Silahkan bersihkan dulu semua belut yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Sebaiknya Anda membeli belut tersebut dengan keadaan sudah bersih dari kotoran. Setelah itu, masukkan semua belut ke dalam baskom, lalu beri garam dan jeruk nipis. Diamkan sekitar 15 menit untuk menghilangkan bau amisnya.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng belut. Pastikan minyak sudah panas, lalu masukkan belut ke dalam wajan. Goreng hingga matang dan berwarna kecoklatan. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu beberapa saat.
  3. Langkah berikutnya membuat sambal kemiri. Caranya, panaskan wajan penggorengan dan kurangi minyak sisa menggoreng belut hingga tinggal sedikit karena hanya untuk menumis saja.
  4. Setelah minyak panas, masukkan, semua bawang merah, bawang putih, cabai, dan kemiri. Tumis hingga setengah matang saja.
  5. Siapkan cobek dan tuangkan tumisan diatasnya. Tambahkan garam, gula Jawa terasi, dan asam Jawa. Setelah itu, uleg kasar semua bahan hingga tercampur.
  6. Akhirnya, belut goreng dan sambal kemiri sudah jadi dan siap disajikan. Anda bisa menyajikan sambalnya langsung diatas cobek atau dicampur langsung dengan belut gorengnya. Terserah selera Anda saja yang penting menu bisa menggugah selera. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat menyantapnya.
Baca Juga :  Cumi Kangkung Saus Tiram, Cocok untuk Buka Puasa

Sekarang, Anda sudah mengetahui cara membuat sambal kemiri beserta belut gorengnya. Jangan menunggu terlalu lama untuk mempraktikkan resep belut goreng sambal kemiri tersebut. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info