Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Kulit Ayam Krispi dengan Serundeng Kelapa yang Dijamin Lezat

Resep Kulit Ayam Krispi dengan Serundeng Kelapa yang Dijamin Lezat

kulit ayam krispi (1)

Resep kulit ayam krispi

Resep kulit ayam krispi cukup mudah untuk dipraktikkan cara dan langkah pembuatannya. Berbahan utama kulit ayam yang sudah dimarinasi sebelumnya, lalu digoreng garing hingga sensasi kriuknya dapat.

Lebih istimewa lagi karena ada tambahan serundeng kelapa yang berasa gurih manis yang menggugah selera.

Setelah matang, kulit ayam dengan serundeng kelapa tersebut bisa dijadikan lauk pelengkap untuk berbagai masakan.

Mulai dari nasi putih biasa, mie rebus, sop, soto, dan masih banyak lagi. Bahkan, Anda bisa menyimpannya untuk beberapa hari ke depan, jika kulit krispinya masih tersisa dengan dimasukkan ke dalam toples kedap udara.

Lalu, bagaimana resep kulit ayam krispi yang direkomendasikan? Berikut informasi selengkapnya.

Bahan-bahan

  1. 200 gram kulit ayam segar
  2. 1 buah lemon
  3. 1 sendok teh garam
  4. 1 sendok teh lada
  5. 1 sendok teh kaldu bubuk
  6. 2 siung bawang putih dicincang halus
  7. Minyak goreng secukupnya

Bahan untuk serundeng kelapa

  1. 100 gram kelapa parut
  2. 5 butir bawang merah
  3. 3 siung bawang putih
  4. 1 butir kemiri
  5. 1 sendok teh ketumbar bubuk
  6. 1 sendok teh garam
  7. ½ sendok teh kaldu bubuk
  8. 1 sendok teh gula pasir
  9. 2 cm kunyit
  10. 2 cm lengkuas
  11. 3 lembar daun salam
  12. 3 batang serai digeprek
  13. 50 gram gula Jawa
  14. 100 ml air matang
Baca Juga :  Resep Kerang Hijau Saus Padang Untuk Keluarga Tercinta

Cara membuat kulit ayam krispi

Setelah semua bahan diatas lengkap disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan resep kulit ayam krispi dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua kulit ayam yang sudah disiapkan di bawah air menglir. Buang semua bulu halus dan sisa lemak yang menempel di kulitnya. Jika ukurannya terlalu besar atau lebar, Anda bisa memotongnya sesuai selera.
  2. Setelah itu, masukkan semua kulit ayam ke dalam wadah dan beri perasan jeruk lemon, garam, lada, kaldu bubuk, dan bawang putih. Aduk merata dengan tangan sambil sedikit diremas-remas. Diamkan sekitar 15 menit agar bumbunya meresap.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng kulit. Pastikan minyak sudah panas, barulah Anda masukkan kulit ayam yang sudah dimarinasi ke dalam wajan. Goreng hingga berwarna kecoklatan dan garing. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu.
  4. Langkah berikutnya membuat serundeng kelapa. Caranya, silahkan haluskan dulu bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, garam, kaldu bubuk, gula pasir, dan kunyit.
  5. Setelah itu, panaskan wajan penggorengan lagi dan kurangi bekas minyak goreng sisa menggoreng kulit ayam sebelumnya hingga tinggal sedikit karena hanya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis semua bumbu halus hingga harum. Tambahkan daun salam, batang serai, dan lengkuas. Tumis hingga semua bahan layu.
  6. Setelah itu, tuangkan air matang dan tambahkan gula Jawa. Kecilkan api kompor, lalu masukkan kelapa parut. Aduk merata dan masak hingga airnya menyusut dan kelapanya kering.
  7. Selanjutnya, masukkan kulit ayam krispi ke dalam wajan dan masak sebentar dengan serundengnya. Aduk merata hingga tercampur rata. Jangan lupa mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika sudah matang, matikan kompor dan masakan siap disajikan.
  8. Siapkan piring saji untuk plating, lalu tuangkan kulit ayam krispi dengan serundeng kelapa diatasnya. Ambil dan buang beberapa bumbu yang masih ada. Anda bisa segera mencicipinya untuk lauk atau cemilan lezat. Jika masih tersisa, masukkan saja ke dalam toples dan tutup rapat agar lebih tahan lama.
Baca Juga :  Resep Sukiyaki Ala Rumahan, Mirip dengan di Restoran Jepang

Setelah membaca resep kulit ayam krispi dengan serundeng kelapa diatas, diharapkan Anda sekalian bisa mempraktikkan sendiri langkah-langkah membuatnya. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info