Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Butter Coffee Khas Kopitiam yang Harus Anda Coba Sekarang Juga

Resep Butter Coffee Khas Kopitiam yang Harus Anda Coba Sekarang Juga

Resep Butter Coffee Khas Kopitiam1

Resep butter coffee

Resep butter coffee menjadi informasi yang menarik untuk Anda sekalian para penggemar kopi. Sebelum mengetahui cara membuatnya, Anda sudah mengenal butter coffee atau belum?

Perlu diketahui bahwa butter coffee atau kopi mentega merupakan salah satu menu di kedai kopi Kopitiam. Kedai kopi khas Malaysia dan Singapura yang dikelola oleh orang-orang Tionghoa.

Seiring perkembangan zaman, kedai Kopitiam juga merambah ke Indonesia. Dimulai dari dari Kepualauan Riau, Pekan baru, Bangka Belitung, dan sekarang kedainya juga berdiri di kota-kota besar di Pulau Jawa.

Anda mungkin sudah pernah mengunjunginya dan salah satu menu andalannya adalah butter coffee yang biasanya disantap bersama roti bakar selai srikaya dan telur rebus setengah matang.

Sekarang, Anda bisa mengetahui resep butter coffee yang legendaris tersebut selengkapnya. Semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  1. 200 ml air
  2. 20 gram kopi hitam bubuk
  3. 2 sendok makan susu kental manis putih
  4. 2 sendok teh butter atau mentega
  5. 1 buah saringan kopi
Baca Juga :  Resep Es Palu Butung Segar, Sudah Pernah Mencoba?

Cara membuat butter coffee

Setelah semua bahan diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan resep butter coffee dengan langkah-langkah membuatnya sebagai berikut.

  1. Silahkan merebus air dulu yang sudah disiapkan hingga mendidih. Sambil menunggu mendidih, Anda dapat menyiapkan filter atau saringan kopi. Saringannya bisa dibeli di toko atau Anda dapat menggunakan kain berbahan katun yang bersih untuk dijadikan saringan.
  2. Setelah air mendidih, mati kompor dan siapkan gelas besar, lalu pasang saringan diatasnya. Beri kopi bubuk di dalam saringan, lalu tuangkan air panas sedikit demi sedikit perlahan saja. Pastikan kopi bubuknya terkena siraman air panas.
  3. Selanjutnya, aduk kopi yang sudah disiram air panas tersebut sebanyak 10 kali dengan arah putaran sama. Setelah itu, diamkan sekitar 3 menit agar kopi benar-benar terekstraksi semuanya.
  4. Aduk lagi kopi beberapa kali, lalu angkat saringannya yang berisi ampas kopi. Setelah itu, ambil sebuah cangkir dan beri susu kental manis putih.
  5. Setelah itu, tuangkan kopinya hingga mengisi cangkir sekitar 2/3 isinya. Lalu, tuangkan air matang secukupnya ke dalam cangkir.
  6. Langkah berikutnya, yaitu menambahkan mentega yang sudah disiapkan, lalu mengaduk perlahan kopinya hingga semua bahan di dalam cangkir tercampur merata. Silahkan mencicipi sedikit rasanya untuk mengetahui rasa kopinya keseluruhan.
Baca Juga :  Resep Minuman Boba Kopi Susu Yang Menjadi Favorit

Akhirnya, resep butter coffee selesai dipraktikkan langkah-langkah membuatnya. Silahkan Anda coba sendiri di rumah membuat kopi mentega khas Kopitiam yang cocok diseruput saat masih panas. Selamat mencoba.

Lihat video Resep Butter Coffee Khas Kopitiam

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tag:

Tinggalkan Balasan