Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Gulai Kepala Ikan Kakap Tanpa Santan yang Lebih Segar, Sehat, dan Lezat

Resep Gulai Kepala Ikan Kakap Tanpa Santan yang Lebih Segar, Sehat, dan Lezat

Resep Gulai Kepala Ikan Kakap (1)

Resep gulai kepala ikan

Resep gulai kepala ikan menjadi salah satu kuliner yang banyak disukai orang. Rasa  masakannya yang gurih pedas serta dikombinasikan dengan daging serta jeroan kepala ikan kakap yang kenyal memang benar-benar menggugah selera.

Meskipun hanya bagian kepalanya saja, tetapi daging ikannya masih cukup banyak. Apalagi sensasi mengkorek-korek bagian kepalanya sambil menyeruput kuahnya menjadi kesenangan tersendiri.

Anda mungkin salah satu penggemar masakan gulai kepala ikan. Jika benar, tidak ada salahnya memasaknya sendiri di rumah.

Namun perbedaannya, masakan kali ini tanpa campuran santan, sehingga kuahnya bening. Selain lebih segar, juga lebih menyehatkan tubuh. Lalu, bagaimana resep gulai kepala ikan tanpa santan yang direkomendasikan? Berikut informasi selengkapnya.

Bahan-bahan

  1. 1 kepala ikan kakap segar ukuran besar
  2. 2 buah jeruk nipis
  3. 4 lembar daun jeruk
  4. 1 batang serai digeprek
  5. 1 liter air
  6. 1 sendok teh kaldu bubuk ayam
  7. 1 sendok teh gula Jawa disisir
  8. Minyak goreng secukupnya untuk menumis dan menggoreng

Bumbu yang dihaluskan

  1. 10 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  2. 5 buah cabai merah besar
  3. 5 buah tomat merah sudah direbus
  4. 10 butir bawang merah
  5. 8 siung bawang putih
  6. 2 cm jahe
  7. 1 cm kunyit
  8. 1 sendok teh garam
Baca Juga :  Ayam Woku Khas Manado yang Rasanya Mantul? Berikut Resepnya

Cara memasak gulai kepala ikan

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disediakan lengkap, Anda bisa segera mempraktikkan resep gulai kepala ikan dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu kepala ikan kakap yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Buang semua sisiknya jika masih ada. Setelah itu, masukkan kepala ikan kakap tersebut ke dalam baskom, lalu beri perasan jeruk nipis dan sedikit garam.
  2. Aduk sebentar dan diamkan sekitar 15 menit untuk menghilangkan bau amisnya. Setelah 15 menit, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng kepala ikan kakap. Pastikan minyak sudah panas, silahkan masukkan kepalanya ke dalam wajan. Goreng hingga setengah matang saja dan jangan lupa dibolak-balik. Angkat, tiriskan, dan sisihkan dulu.
  3. Masih panaskan wajan penggorengan, tetapi kurangi minyak goreng di dalamnya sisa menggoreng kepala kakap tadi. Kurangi hingga tinggal sekitar 2 – 3 sendok makan karena hanya untuk menumis.
  4. Setelah minyak panas, tumis semua bumbu halus hingga harum. Tambahkan daun jeruk dan batang serai, lalu tumis lagi hingga layu.
  5. Setelah itu, tuangkan air ke dalam wajan dan kecilkan api kompor. Bumbui dengan dengan kaldu bubuk dan gula Jawa. Aduk lagi merata.
  6. Selanjutnya, masukkan kepala ikan kakap yang sudah digoreng setengah matang ke dalam wajan. Aduk merata dan masak hingga bumbu meresap ke dalam kepala kakapnya.
  7. Masak hingga kuah airnya sedikit menyusut. Jangan lupa untuk mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika masih dirasa kurang sedap, Anda bisa menambahkan garam atau kaldu bubuk secukupnya, lalu aduk merata. Setelah itu, matikan kompor dan masakan siap disajikan masih panas.
  8. Siapkan sebuah mangkuk saji ukuran besar, lalu tuangkan masakan gulai kepala ikan kakap tanpa santan. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Jika ingin menjadikannya lauk makan, jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat.
Baca Juga :  8 Bahan Membuat Saus Asam Manis

Anda sekalian sudah mengetahui langkah-langkah memasak resep gulai kepala ikan. Selanjutnya, silahkan coba memasaknya di rumah untuk menu lauk makan siang atau malam.

Lihat video Resep Gulai Kepala Ikan Kakap

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan