Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Permen Dalgona (Permen Sarang Lebah Korea)

Resep Permen Dalgona (Permen Sarang Lebah Korea)

Permen Sarang Lebah Korea1 (1)

Permen Sarang Lebah Korea

Resep permen dalgona ini akan membantumu memulai kesenangan dari makanan Korea. Dalgona dibuat dengan mencairkan gula dan menambahkan sedikit soda kue. Gula akan berubah menjadi krim kocok dengan warna karamel, dan siap untuk dibentuk.

Dalgona adalah permen sarang lebah yang dibuat dengan soda kue dan gula. Nama lain untuknya adalah “permen gula Korea”.

Selama lebih dari 50 tahun di Korea, Dalgona telah dikenal dengan berbagai nama daerah. Poppgi adalah nama umum lainnya, tetapi dalgona sekarang adalah yang paling populer.

Sifat permen yang seperti permainan tercermin dalam nama “ppopgi”, yang berarti “memilih” atau “memilih”.

Karena permen ini rapuh dan mudah pecah, maka sulit untuk mematahkan dan mempertahankan pola yang tercetak, yang merupakan salah satu aspek yang menantang.

Oleh karena itu, penting untuk diingat bahwa membuat dalgona membutuhkan waktu dan ketekunan.

Dalgona memiliki rasa seperti karamel, tapi juga manis. Teksturnya tipis dan rapuh, mirip dengan permen sarang lebah, serta ringan dan lapang.

Banyak drama dan variety show Korea yang menampilkan kudapan manis nostalgia ini. Squid Game, yang menjadi hit global di Netflix, baru-baru ini menampilkannya, sehingga menarik perhatian pada camilan yang sederhana dan lezat ini.

Sejak saat itu, “Dalgona Challenge” telah mengambil alih media sosial, dengan para pengguna menggunakan tagar #dalgonachallenge untuk berbagi pengalaman membuat dalgona dan poppgi.

Dalgona dapat dimakan sendiri atau sebagai topping untuk makanan penutup beku seperti es krim atau minuman latte yang dibuat dengan gaya Korea.

Angkat permen setelah dingin dan cobalah untuk mematahkan bagian tepi yang mengelilingi lekukannya.

Baca Juga :  Resep Ceker Goreng Kremes, Sajian Sederhana yang Menggugah Selera

Jika sudah didinginkan dalam waktu yang lama, akan lebih sulit untuk mematahkannya dengan bersih dan mulus. Hal ini bisa dilakukan dengan jari, air liur, atau jarum. Ada yang mengatakan bahwa sesekali menggunakan jarum yang dicelupkan ke dalam air panas, akan sangat ampuh.

Setelah dingin, letakkan dalgona di dalam kantong ziplock hingga tiga hari di tempat yang sejuk dan kering. Jika tinggal di iklim yang lebih hangat, disarankan untuk menyimpannya di lemari pendingin.

Dalgona dapat menjadi lengket dan mulai membentuk kawah miniatur selama penyimpanan di iklim yang lembab atau panas.

Alat-alat Membuat Dalgona :

Kamu bisa membeli peralatan membuat dalgona untuk membuat dalgona di rumah, tetapi jika sudah memiliki alat-alat yang tercantum di bawah ini, Anda tidak perlu berbelanja yang lain.

  1. Sendok baja tahan karat: Di sinilah campuran dalgona akan dibuat dan tempat gula akan dilelehkan. Pilihlah sesuatu yang tidak akan rusak jika terjadi kesalahan-misalnya, terbakar.
  2. Sumpit atau stik es loli digunakan untuk mengaduk gula.
  3. Pengikis silikon atau spatula untuk mengikis campuran dalgona dari sendok
  4. Loyang atau wajan untuk berfungsi sebagai alas dan melindungi bagian atas meja dari panas
  5. Alas silikon atau kertas roti-ini akan memudahkan untuk mengeluarkan dalgona setelah selesai membuatnya.
  6. Mesin cetak hotteok digunakan untuk meratakan dalgona sebelum mencetaknya dapat menggunakan wajan kecil dengan dasar bulat dan halus.
  7. Pemotong kue: Alat ini digunakan untuk mencetak pola pada dalgona, tetapi tidak memerlukannya jika hanya ingin makanan manis tanpa pola.
Baca Juga :  Sup Ikan Patin Asam Pedas, Hidangan Lezat Bernutrisi

BAHAN UNTUK DALGONA

  1. 2 sendok makan gula pasir, putih atau cokelat muda
  2. soda kue, sejumput kecil (sulit untuk diukur, tapi sekitar 1/32 sdt)

CARA MEMBUAT PERMEN DALGONA

  1. Pegang gula di dalam sendok di atas api kecil setelah ditambahkan. Dengan menggunakan sumpit, aduk gula hingga gula mulai meleleh. Gula akan mulai meleleh di bagian pinggirnya terlebih dahulu, yang biasanya membutuhkan waktu sekitar satu menit. Mulailah mengaduknya dengan lebih kuat saat hal ini terjadi.
  2. Dengan mengangkat sendok atau mendekatkannya ke sumber panas, kamu juga harus mengontrol panasnya. Ini akan sepenuhnya mencair dalam tiga hingga empat menit. Seharusnya akan menjadi halus dan bebas dari gumpalan.
  3. Sendok harus diletakkan di sisi kompor, jauh dari api, dan sejumput soda kue harus ditambahkan secara perlahan dan hati-hati. Ingatlah bahwa menambahkan terlalu banyak dapat menyebabkan dalgona cepat gosong dan terasa pahit
  4. Sampai soda kue benar-benar larut, aduk dengan cepat dan menyeluruh. Campuran akan tampak seperti karamel ringan. Dekatkan sendok ke api selama 3 hingga 5 detik sambil diaduk untuk menjaga campuran tetap hangat dan memberikan tekstur yang lembut dan lapang.
  5. Dengan menggunakan spatula silikon, pindahkan campuran gula yang telah dilelehkan ke loyang yang telah dilapisi dengan alas silikon atau kertas roti.
  6. Setelah 45 detik pendinginan, ketuk perlahan permukaannya dengan spatula silikon untuk melihat apakah dalgona menempel. Jika tidak, ratakan dalgona dengan menekannya menggunakan hotteok press selama empat hingga lima detik. Untuk menekannya, kamu bisa menggunakan benda apa pun yang rata, halus, dan tidak lengket, seperti panci baja tahan karat kecil.
  7. Tekan cetakan kue ke bagian tengah permen dan keluarkan dengan cepat untuk membuat pola. Pola akan lebih mudah keluar jika menekannya dengan keras dan kuat, tetapi jika menekannya dengan ringan, akan sulit untuk mengeluarkan polanya. Keluarkan cetakan kue dengan cepat.
  8. Permen dalgona akan mendingin sekitar satu menit sebelum mulai mengeras.
Baca Juga :  Tongseng Kambing Tanpa Santan, Mudah Resepnya dan Enak Rasanya

Saran : Jika kamu membuat banyak dalgona, sediakan sepanci air mendidih di atas kompor. Sebelum beralih ke adonan berikutnya, bilas sendok dan pengikis dengan mencelupkannya ke dalam panci saat amembuat setiap adonan. Jujur saja, ini akan menghemat banyak waktu. Gunakan handuk kering untuk mengelap tetesan air.

Lihat Video Permen Sarang Lebah Korea

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan