Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Sup Tahu Ayam, Menu Lauk Berkuah Segar, Gurih, dan Menggugah Selera

Resep Sup Tahu Ayam, Menu Lauk Berkuah Segar, Gurih, dan Menggugah Selera

Sup Tahu Ayam1 (1)

Resep sup tahu ayam

Resep sup tahu ayam menjadi salah satu kuliner berkuah segar dan gurih yang mudah cara memasaknya.

Bahan dan bumbu yang digunakan cukup sederhana dan bisa Anda beli semuanya dengan harga terjangkau di pasar tradisional atau supermarket terdekat.

Tentu saja bahan utamanya, yaitu daging ayam dan tahu. Sementara untuk cara memasaknya, Anda harus membaca resepnya hingga tuntas.

Sup tahu ayam ini bisa disajikan setiap waktu. Mulai untuk sarapan pagi, makan siang, hingga makan malam.

Rasa masakannya yang gurih menyegarkan disukai banyak orang baik anak-anak maupun orang tua. Oleh karenanya, silahkan Anda coba memasak resep sup tahu ayam tersebut untuk seluruh anggota keluarga di rumah.

Bahan-bahan

  1. 3 buah tahu putih
  2. 250 gram daging ayam tanpa tulang di bagian paha atau dada
  3. 1 siung bawang putih dihaluskan
  4. 1 butir telur ayam
  5. 2 sendok makan larutan tepung maizena
  6. ¼ sendok teh garam
  7. ¼ sendok teh merica bubuk

Bahan untuk kuahnya

  1. 1,5 liter kaldu ayam
  2. 2 batang daun bawang diikat
  3. 2 batang seledri diikat
  4. ¼ sendok teh garam
  5. ¼ sendok teh merica bubuk
  6. 3 lembar pakcoy dibersihkan dan dipotong-potong
  7. 3 sendok makan kacang plong
  8. 1 batang daun bawang dipotong kecil
Baca Juga :  Resep Puding Buah Labu Pandan Sederhana Rasanya Lembut

Bahan pelengkap

  1. Kecap manis secukupnya
  2. Saus cabai/tomat secukupnya
  3. Sambal cabai rawit secukupnya

Cara memasak sup tahu ayam

Setelah semua bahan diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep sup tahu ayam dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Silahkan dipotong dulu tiap tahu menjadi dua bagian. Sisihkan dulu. Selanjutnya, bersihkan dulu semua daging ayam yang sudah dibersihkan, lalu rebus dengan 2 liter air hingga mendidih dan mengeluarkan kaldu.
  2. Setelah matang, angkat dan tiriskan daging ayamnya, sementara air kaldunya jangan dibuang karena masih dipakai untuk memasak. Setelah daging ayam tidak terlalu panas, giling dengan alat atau dicincang halus menggunakan pisau tajam. Sisihkan juga.
  3. Siapkan sebuah wadah baskom, lalu masukkan daging ayam giling dan tambahkan bawang putih, telur, larutan tepung maizena, garam, dan merica bubuk. Aduk merata menggunakan tangan hingga semua bahan tercampur.
  4. Setelah itu, ambil potongan tahu, lalu dan iris bagian tengahnya agar dapat diisi dengan adonan daging. Isi adonan secukupnya pada tahu. Lakukan langkah tersebut untuk semua potongan tahu dan hingga adonan ayamnya habis.
  5. Selanjutnya, panaskan lagi kaldu ayam diatas api kompor kecil saja. Masukkan semua tahu isi adonan ke dalamnya. Lalu, tambahkan daun bawang ikat, seledri ikat, garam, merica bubuk, kacang polong, dan potongan pakcoy.
  6. Aduk merata dan masak hingga mendidih. Silahkan dicicipi sedikit kuahnya untuk memastikan rasanya sudah sesuai selera. Setelah matang, taburi potongan daun bawang dan aduk sebentar. Lalu, matikan kompor dan masakan siap disajikan.
  7. Siapkan sebuah mangkuk ukuran besar untuk plating, lalu tuangkan masakan sup tahu ayam yang sudah matang. Anda bisa menaburinya dengan bawang merah goreng secukupnya, jika ada.
  8. Anda juga perlu menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya sebagai lauk makan. Jangan lupa menambahkan kecap manis, saus caba/tomat, dan sambal cabai rawit sesuai selera agar lebih sedap lagi.
Baca Juga :  Resep Sosis Solo Ayam atau Daging, Begini Step by Step nya

Memasak resep sup tahu ayam memang cukup mudah dan cepat. Silahkan Anda coba di rumah untuk menu makan seluruh anggota keluarga.

Lihat video Sup Tahu Ayam

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan