Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Bakso Goreng Mekar Anti Gagal untuk Cemilan atau Lauk Pendamping yang Lezat

Resep Bakso Goreng Mekar Anti Gagal untuk Cemilan atau Lauk Pendamping yang Lezat

Bakso Goreng Mekar2 (1)

Resep bakso goreng mekar

Resep bakso goreng mekar hingga sekarang masih populer di tengah masyarakat. Bukan hanya bentuknya saja yang menarik perhatian, tetapi juga rasanya menggoyang lidah.

Jika biasanya bakso dihidangkan dengan kuah beserta pernak-pernik isiannya. Namun sekarang, bakso bisa dinikmati dalam kondisi kering dan renyah karena sudah digoreng dengan bumbu tepung.

Anda mungkin salah satu orang yang suka menyantap bakso bakar. Apalagi dicocol dengan saus cabai/tomat, sambal, mayonais, atau yang lainnya sesuai selera.

Silahkan Anda coba membuat sendiri kuliner lezat tersebut di rumah. Semua bahan dan bumbunya mudah di dapatkan dengan harga terjangkau. Namun untuk lebih detail dan jelas cara membuatnya, Anda baca dulu resep bakso goreng mekar selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  • 150 gram daging ayam bagian dada atau paha tanpa tulang
  • 150 gram udang segar ukuran sedang
  • 2 siung bawang putih dihaluskan
  • 2 butir telur ayam
  • ½ sendok teh kecap asin
  • 1 sendok teh minyak wijen
  • ½ sendok teh kaldu bubuk
  • ½ sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 25 ml air dingin
  • 100 gram tepung tapioka
  • 500 ml minyak goreng untuk menggoreng bakso
Baca Juga :  Resep Chicken Seafood Roll, Membuatnya Mudah dan Rasanya Disukai Banyak Orang

Bahan pelengkap

  • Saus cabai/tomat secukupnya
  • Mayonais secukupnya
  • Cabai rawit hijau secukupnya

Cara membuat bakso goreng mekar

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disediakan lengkap, silahkan Anda mempraktikkan resep bakso goreng mekar dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu daging ayam yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Setelah itu, cincang kasar daging beserta kulitnya. Sisihkan.
  2. Bersihkan juga udang yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Buang cangkang dan bagian kepalanya, lalu cincang kasar. Sisihkan.
  3. Siapkan sebuah wadah baskom bersih, lalu masukkan cincangan daging dan udang ke dalamnya. Tambahkan tepung tapioka, telur ayam, dan air dingin.
  4. Aduk merata secara manual atau menggunakan mixer hingga semua bahan tercampur. Setelah itu, bumbui dengan kecap asin, minyak wijen, kaldu bubuk, baking powder, dan merica bubuk. Aduk lagi merata.
  5. Silahkan Anda mencicipi sedikit adonan baksonya untuk memastikan rasanya sudah sesuai selera atau belum. Jika sudah bentuk bakso bulat-bulat dengan ukuran sesuai selera Anda. Bahkan, Anda juga dapat berkreasi dengan membuat bentuk bakso lain. Sisihkan dulu.
  6. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng untuk menggoreng bakso. Jika minyak sudah panas, masukkan adonan bakso ke dalamnya. Goreng hingga adonan baksonya berkulit.
  7. Setelah itu, angkat dan tiriskan dulu. Belah menjadi 4 bagian hingga menyerupai bunga sedang mekar. Lakukan langkah tersebut untuk semua bakso.
  8. Lalu, panaskan minyak goreng lagi dan masukkan bakso mekar ke dalamnya. Goreng hingga kulit luarnya berwarna kecoklatan dan matang. Jangan lupa membolak-balikkan bakso agar kematangannya merata.
  9. Setelah bakso goreng matang, angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu beberapa saat agar tidak terlalu panas.
  10. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu letakkan dan tata bakso goreng mekar yang sudah matang diatasnya. Lengkapi dengan saus cabai/tomat, mayonais, dan cabai rawit hijau sesuai selera.
Baca Juga :  Memasak Resep Telur Bebek Masak Lemak di Rumah yang Mudah dan Rasanya Sedap

Setelah matang dan disajikan, resep bakso goreng mekar diatas bisa Anda jadikan cemilan atau lauk pendamping saat makan. Bentuknya yang mekar benar-benar menarik perhatian untuk segera menyantapnya.

Lihat video membuat Bakso Goreng Mekar

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info