Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Sup Seafood Kuah Tomat, Kuliner Berkuah Segar dan Lezat untuk Lauk Makan

Resep Sup Seafood Kuah Tomat, Kuliner Berkuah Segar dan Lezat untuk Lauk Makan

sup seafood kuah tomat1

Resep sup seafood kuah tomat

Masakan resep sup seafood kuah tomat menjadi alternatif bagi Anda sekalian yang sudah mulai bosan dengan kuliner berkuah yang itu-itu saja. Misalnya, soto, bakso, sop ayam, mie ayam, dan yang lainnya.

Oleh karenanya, tidak ada salahnya coba dengan kuliner berkuah lainnya yang siapa tahu cocok di lidah Anda saat mencicipinya.

Salah satu yang direkomendasikan, yaitu sup seafood dengan kuah bercitarasa tomat. Seafoodnya menggunakan ikan tenggiri dan udang segar, sehingga cocok sebagai proteinnya. Sementara untuk kuahnya, tentu saja dipilih tomat merah segar ditambah beberapa bumbu pelengkapnya.

Sup semacam ini bisa disantap untuk sarapan pagi atau saat udara sedang dingin. Anda yang penasaran dengan kuliner tersebut silahkan membaca dulu resep sup seafood kuah tomat selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

Recipe By Topwisata
Course: Cusine:ID Difficulty:

Servings

2 minutes

Preparing Time

30 minutes

Cooking Time

20 minutes

Calories

250 kcal

INGREDIENTS

  1. 2 ekor ikan tenggiri segar ukuran sedang

  2. 250 gram udang segar ukuran sedang

  3. 2 buah wortel dikupas dipotong dadu

  4. 2 batang seledri dipotong kecil

  5. 1 buah kentang dikupas dipotong dadu

  6. 2 kuncup kembang kol dibersihkan dan dipotong-potong

  7. 2 siung bawang putih dicincang halus

  8. 2 batang daun bawang dipotong kecil

  9. 400 gram tomat merah segar dicincang halus

  10. 500 ml air kaldu ikan

  11. 1 sendok teh garam

  12. 1 sendok teh kaldu bubuk

  13. ½ sendok teh merica bubuk

  14. Minyak goreng secukupnya

Baca Juga :  Cara Membuat Semur Rolade, Rasanya Benar-Benar Enak dan Nendang

DIRECTION

  1. Persiapan

    Bersihkan dulu ikan tenggiri dan udang yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Buah sisik, kotoran, bagian kepala serta cangkang udang.<br>Setelah itu, rebus ikan tenggiri sekitar 30 menit hingga berkaldu. Ambil dan tiriskan ikannya, sementara kuah kaldunya jangan dibuang karena masih digunakan memasak.

  2. Memasak

    Selanjutnya, siapkan wajan atau panci besar, lalu panaskan diatas api kompor kecil dan beri minyak secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis bawang putih hingga harum.<br>Tambahkan potongan wortel, sledri, kentang, kembang kol, lalu tumis lagi hingga layu. Setelah itu, tuangkan tomat yang sudah dihaluskan beserta kaldu ikannya.<br>Aduk merata perlahan saja dan masak hingga mendidih. Bumbui dengan garam, kaldu bubuk, dan merica bubuk. Aduk merata.<br>Setelah itu, masukkan ikan tenggiri dan semua udang, lalu masak hingga benar-benar matang. Silahkan mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya.<br>Sebelum mematikan kompor, tambahkan potongan daun bawang dan aduk perlahan. Setelah itu, matikan kompor dan diamkan beberapa saat agar tidak terlalu panas untuk segera menyajikannya.

  3. Sajikan

    Siap mangkuk ukuran besar, lalu pindahkan masakan sup seafood kuah tomat yang sudah matang ke dalam mangkuk. Taburi bawang merah goreng secukupnya untuk menambah sedap masakan. Jika ingin lebih mengenyangkan, jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.

Baca Juga :  Ayam Bacem Khas Jawa Tengah, Berasa Manis Gurih Tiada Duanya

NOTES

Silahkan Anda praktikkan selengkapnya resep sup seafood kuah tomat diatas agar bisa segera merasakan rasanya. Jangan lupa mengajak seluruh keluarga untuk mencicipinya. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan