Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Cara membuat Kwetiau goreng ala Abang Jualan

Cara membuat Kwetiau goreng ala Abang Jualan

Cara membuat Kwetiau goreng (1)

Resep kwetiau goreng

Cara membuat Kwetiau goreng

Kwetiau  goreng atau Kwetiau  goreng merupakan masakan populer Indonesia yang mudah dibuat dan enak untuk dicicipi[1]. Bahan-bahan yang diperlukan untuk menyiapkan hidangan ini adalah: 

  1. 300 gram Kwetiau  basah, cuci bersih 
  2. 2 siung bawang putih, cincang kasar 
  3. 1/2 bawang bombay, iris memanjang 
  4. 1 butir telur 
  5. 2 sendok makan minyak sayur
  6. 2 sendok makan kecap manis 
  7. 1 sendok makan saus tiram 
  8. 2 sendok makan Sasa Sambal Terasi 

Bahan-bahan ini tersedia di sebagian besar toko kelontong dan supermarket [2].

Untuk menyiapkan masakannya, 

  • pertama-tama rendam Kwetiau  dalam air hangat selama 10-15 menit hingga empuk. 
  • Tiriskan airnya dan sisihkan. 
  • Panaskan minyak dalam wajan atau penggorengan lalu masukkan bawang putih dan bawang bombay. 
  • Tumis sebentar hingga harum. 
  • Lalu masukkan telur dan orak-arik hingga matang. 
  • Tambahkan Kwetiau , kecap manis, saus tiram, dan Sasa Sambal Terasi. 
  • Tumis mie selama 3-4 menit hingga terlumuri saus secara merata dan teksturnya agak kenyal[3].
  • Untuk menyajikan hidangan, hiasi dengan daun bawang cincang dan bawang merah goreng. Anda juga bisa menambahkan irisan cabai merah untuk menambah bumbu[4]. 
  • Kwetiau  goreng paling enak disajikan panas dan segar, namun Anda bisa menyimpan sisa makanannya dalam wadah kedap udara di lemari es hingga 2 hari[5]. 
  • Untuk memanaskannya kembali, cukup masukkan mie ke dalam microwave selama satu atau dua menit hingga panas dan siap disantap[5].

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Mie yang Tepat** – Gunakan Kwetiau  lebar untuk resep Kwetiau  goreng, karena teksturnya bagus dan tahan untuk ditumis. – Standar industri: Mie beras lebar umumnya digunakan dalam hidangan tradisional Pad Thai dan mie tumis lainnya karena kemampuannya menyerap rasa dan mempertahankan tekstur kenyal.

Baca Juga :  Resep Currywurst, Salah Satu Makanan Khas Jerman

**Persiapan dan Perendaman** – Rendam Kwetiau  dalam air hangat selama kurang lebih 15-20 menit hingga lentur namun masih kencang saat disentuh. Hal ini memastikan matangnya merata dan tidak menjadi lembek saat digoreng. – Wawasan ahli: Merendam mie dengan benar membantu mencapai tekstur yang diinginkan dan mencegahnya menggumpal atau terlalu matang.

**Panas Tinggi dan Tumis Cepat** – Gunakan wajan atau wajan besar dan panaskan dengan api besar. Tumis mie dengan cepat dengan api besar untuk mendapatkan rasa berasap yang diinginkan dan mencegahnya menjadi lembek. – Contoh: Dalam masakan Cina, menumis mie dengan api besar adalah teknik umum yang digunakan untuk memberikan rasa gosong dan berasap pada masakan.

**Menyeimbangkan Rasa dan Bahan** – Seimbangkan rasa dengan perpaduan unsur asin, manis, dan tajam. Gunakan kombinasi kecap asin, saus tiram, gula, dan sedikit cuka beras untuk menciptakan profil rasa yang utuh. – Praktik terbaik: Cicipi dan sesuaikan bumbu seiring waktu, pastikan rasanya seimbang dan harmonis.

**Menambahkan Protein dan Sayuran** – Pertimbangkan untuk menambahkan protein seperti udang, ayam, atau tahu, serta berbagai sayuran seperti paprika, tauge, dan daun bawang agar hidangan lebih sehat dan beraroma. – Tip praktis: Potong protein dan sayuran menjadi ukuran yang seragam agar masakannya merata dan penyajiannya menarik secara visual pada hidangan yang sudah jadi.

Pertanyaan Umum

Q: Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Kwetiau  goreng? A: Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Kwetiau  goreng antara lain Kwetiau , bawang putih, bawang merah, wortel, kol, kecap manis, kecap asin, garam, merica, minyak goreng, dan bahan tambahan sesuai selera seperti telur, udang, atau daging ayam.

Baca Juga :  Buntut Sapi Bakar Gurih, Manis, dan Pedas Enak

Q: Bagaimana cara menyiapkan hidangan Kwetiau  goreng? A: Cara menyiapkan Kwetiau  goreng dimulai dengan merebus Kwetiau  hingga empuk, kemudian menumis bahan-bahan seperti bawang putih, bawang merah, wortel, kol, dan bahan tambahan lainnya. Setelah itu tambahkan Kwetiau  yang telah direbus dan dibumbui dengan kecap manis, kecap asin, garam, dan merica sesuai selera.

Q: Apakah ada tips untuk menyajikan Kwetiau  goreng secara menarik? A: Anda dapat menyajikan Kwetiau  goreng dengan taburan bawang goreng atau irisan daun bawang untuk memberikan sentuhan segar. Selain itu, hidangan ini juga dapat disajikan dengan irisan mentimun atau tomat sebagai pelengkap.

Q: Bagaimana cara menyimpan sisa Kwetiau  goreng dengan baik? A: Sisa Kwetiau  goreng dapat disimpan dalam wadah kedap udara dan diletakkan di dalam lemari pendingin. Pastikan untuk menyimpannya dalam wadah yang bersih dan tertutup rapat agar dapat tahan lebih lama.

Q: Bisakah saya menambahkan bahan lain ke dalam hidangan Kwetiau  goreng? A: Tentu, Anda dapat menambahkan bahan tambahan sesuai selera Anda, seperti telur, udang, daging ayam, bakso, atau sayuran lainnya untuk membuat variasi Kwetiau  goreng yang beragam.

Referensi : 

1.   Resep Kwetiau Goreng Telur, Sarapan Praktis dan Enak.  (n.d.)   Diperoleh January 28, 2024, dari www.kompas.com 

Baca Juga :  Manfaat dan Resep Olahan Bunga Kecombrang Untuk Imunitas

2.   Resep Kwetiau Goreng, Enak dan Pedasnya … – PT Sasa Inti.  (n.d.)   Diperoleh January 28, 2024, dari www.sasa.co.id/kreasisasa/recipe/kwetiau-goreng 

3.   Cara Bikin Kwetiau Goreng Super Enak, Menu Sarapan di ….  (n.d.)   Diperoleh January 28, 2024, dari kaltim.tribunnews.com 

4.   Resep Kwetiau goreng simple dan enak oleh rinie.  (n.d.)   Diperoleh January 28, 2024, dari cookpad.com/id/resep/13709612-kwetiau-goreng-simple-dan-enak 

5.   15 Resep Kwetiau Goreng dan Rebus ala Restoran, Enak!.  (n.d.)   Diperoleh January 28, 2024, dari www.orami.co.id/magazine/resep-kwetiau 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan