Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Bandeng Panggang Sambal Tomat, Kuliner Sederhana yang Dijamin Rasanya Mantul

Resep Bandeng Panggang Sambal Tomat, Kuliner Sederhana yang Dijamin Rasanya Mantul

Bandeng Panggang Sambal Tomat (2)

Resep bandeng panggang sambal tomat

Resep bandeng panggang sambal tomat cukup sederhana untuk dijadikan menu lauk makan keseharian. Bahan utamanya adalah ikan bandeng yang mudah mendapatkan dan membelinya serta harganya masih cukup terjangkau untuk semua orang. Ikan bandeng identik dimasak presto agar daging dan durinya lunak. Selain itu, beragam bumbu khas Nusantara juga cocok untuk dimasak bersama jenis ikan air payau ini.

Untuk sekarang, ikan bandeng akan diolah dengan cara memanggangnya dengan bumbu-bumbu sederhana. Namun, jaminan rasa enak untuk ikannya jangan dianggap remeh. Apalagi melengkapinya dengan sambal tomat yang pasti pedas dan segar. Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep bandeng panggang sambal tomat seperti uraian berikut.

Bahan-bahan

  • 1 ekor ikan bandeng segar ukuran besar
  • 1 buah jeruk nipis
  • 5 sendok makan kecap manis
  • 2 sendok makan minyak goreng

Bumbu yang dihaluskan

  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • 1 sendok teh terasi

Bahan sambal tomat

  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 10 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  • 2 buah cabai merah besar
  • 1 buah tomat merah besar dipotong menjadi dua
  • ½ sendok teh garam
  • ½ sendok teh gula Jawa
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis
Baca Juga :  Resep Bebek Goreng Sambal Pencit, Kuliner Khas Surabaya yang Dijamin Menggugah Selera

Cara membuat bandeng panggang sambal tomat

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disediakan lengkap, silahkan Anda mempraktikkan resep bandeng panggang sambal tomat dengan cara membuatnya sebagai berikut.

1. Bersihkan dulu ikan bandeng yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Buang sisik di tubuhnya beserta kotoran di dalam perut dan insangnya.

2. Setelah itu, belah ikan bandeng melintang, tetapi jangan sampai putus. Bersihkan lagi bagian dalam tubuhnya dan ambil duri-duri kecil yang bisa dicabut.

3. Beri perasan jeruk nipis dan ratakan di seluruh tubuhnya. Lalu, diamkan sekitar 10 menit untuk menghilangkan bau amisnya. Setelahnya, bilas ikan bandeng dengan air bersih. Sisihkan dulu.

4. Langkah berikutnya, siapkan sebuah wadah baskom bersih, lalu masukkan semua bumbu halus beserta kecap manis, dan dua sendok makan minyak goreng. Aduk merata.

5. Setelah itu, oleskan adonan bumbu tersebut ke seluruh permukaan ikan bandeng. Siapkan tempat pemanggangan bisa memakai tungku arang atau wajan teflon datar bergelombang.

6. Jika memakai wajan teflon, jangan lupa mengolesi dulu permukaannya dengan minyak goreng agar ikan bandengnya tidak hangus. Silahkan memanggang ikan bandeng yang sudah diolesi bumbu hingga berwarna kecokelatan.

Baca Juga :  Resep Gulai Ikan Hiu Khas Sumatera Utara, Sajian yang Rasanya Siap Memanjakan Lidahmu

7. Jangan lupa dibolak-balik ikannya sambil mengolesi sisa bumbunya. Setelah benar-benar matang, angkat dan sisihkan dulu.

8. Langkah selanjutnya membuat sambal tomat. Caranya, panaskan dulu wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis.

9. Setelah minyak panas, tumis semua cabai, tomat, bawang merah, dan bawang putih hingga setengah matang saja. Lalu, tuangkan semua tumisan beserta minyaknya ke atas cobek.

10. Tambahkan garam dan gula Jawa, lalu uleg hingga tercampur semua bahan dan lembut. Sambal tomat sudah jadi.

11. Waktunya plating. Siapkan sebuah piring saji ukuran besar, lalu pindahkan bandengan panggang yang sudah matang diataskan. Siapkan juga mangkuk kecil untuk wadah sambal tomat. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantap kulinernya untuk lauk makan.

Anda pasti sudah sangat ingin mencicipi dan menyantapnya. Jika seperti itu, segera praktikkan resep bandeng panggang sambal tomat diatas di rumah masing-masing. Dijamin rasanya mantul.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info