Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat makanan Tabbouleh Hidangan Takjil Puasa Khas Timur Tengah

Membuat makanan Tabbouleh Hidangan Takjil Puasa Khas Timur Tengah

Membuat makanan Tabbouleh (2)

Membuat makanan Tabbouleh

Bahan-bahan

  1. 1 mangkuk daun parsley segar, cincang kecil
  2. 1 mangkuk couscous matang
  3. 1-2 buah timun
  4. 2 buah tomat
  5. 1 buah bawang bombay kecil
  6. secukupnya olive oil(sekitar 3-4 sendok makan)
  7. secukupnya air perasan jeruk lemon (sekitar 2-3 sendok makan)
  8. secukupnya garam dan lada hitam

Langkah-langkah membuat Tabbouleh

  1. Langkah pertama dalam membuat Tabbouleh adalah mengumpulkan dan menyiapkan semua bahan yang diperlukan[1]. Bahan-bahannya biasanya antara lain bulgur, peterseli segar, lemon, mentimun, tomat, daun mint, bawang merah, dan minyak zaitun[2]. Penting untuk mencuci semua bahan secara menyeluruh dan memotong atau menyiapkannya sesuai kebutuhan Anda. Setelah Anda mengumpulkan semua bahan, Anda siap untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.
  2. Langkah selanjutnya adalah mencampurkan semua bahan menjadi satu dalam mangkuk besar [3]. Mulailah dengan menambahkan bulgur ke dalam mangkuk dan tuangkan air mendidih ke atasnya. Diamkan sekitar 10-15 menit hingga melunak. Kemudian, tambahkan peterseli cincang, daun mint, bawang merah, dan tomat potong dadu ke dalam mangkuk. Campur semuanya dengan baik dan tambahkan jus lemon dan minyak zaitun. Aduk kembali hingga semuanya tercampur rata[4]. Setelah semuanya tercampur, diamkan beberapa menit agar bumbu bisa menyatu.
  3. Langkah terakhir adalah mendinginkan Tabbouleh di lemari es minimal 20-30 menit[5]. Hal ini memungkinkan rasa berkembang dan salad menjadi dingin. Setelah dingin, siap disajikan. Tabbouleh bisa disajikan sebagai lauk atau sebagai makanan utama. Ini adalah hidangan menyegarkan dan sehat yang cocok untuk segala acara[6]. Untuk penyajiannya, Anda bisa menghiasinya dengan tambahan daun peterseli atau irisan lemon[7]. Membuat Tabbouleh mudah dan bisa menjadi tambahan yang bagus untuk makanan apa pun.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Bahan Segar** – Gunakan bahan-bahan segar dan berkualitas tinggi untuk meningkatkan cita rasa Tabbouleh. Pilih peterseli dan mint yang segar dan segar, tomat matang, dan sayuran yang keras dan tidak layu untuk hasil terbaik. Bahan-bahan segar akan meningkatkan rasa dan tampilan hidangan secara keseluruhan.

Baca Juga :  Resep untuk Sarapan Nasi Goreng Telur

**Mempersiapkan Herbal dengan Benar** – Saat menyiapkan herba untuk Tabbouleh, pastikan herba tersebut dicincang halus untuk mengeluarkan rasa dan aromanya. Dengan menggunakan pisau tajam atau food processor, cincang halus peterseli dan daun mint untuk mendapatkan tekstur yang diinginkan. Langkah ini penting untuk memberikan cita rasa herba yang khas pada hidangan.

**Menyeimbangkan Rasa** – Dapatkan keseimbangan rasa yang harmonis dengan menyesuaikan jumlah jus lemon, minyak zaitun, garam, dan rempah-rempah agar sesuai dengan preferensi pribadi Anda. Cicipi Tabbouleh saat Anda mencampurkan bahan-bahan dan melakukan penyesuaian seperlunya untuk menciptakan hidangan yang seimbang dan beraroma.

**Merendam Bulgur** – Rendam bulgur dengan benar dalam air sebelum digunakan dalam Tabbouleh. Hal ini memungkinkan bulgur melunak dan menyerap kelembapan, sehingga menghasilkan tekstur yang empuk. Ikuti rekomendasi waktu perendaman yang tertera pada kemasan atau resep untuk memastikan bulgur mencapai konsistensi ideal.

**Memberikan Waktu untuk Merendam Rasa** – Setelah Tabbouleh disiapkan, diamkan minimal 30 menit sebelum disajikan. Hal ini memungkinkan rasa menyatu dan mengintensifkan, meningkatkan cita rasa hidangan secara keseluruhan. Selain itu, mendinginkan Tabbouleh selama beberapa jam atau semalaman dapat semakin meningkatkan profil rasanya, menjadikannya hidangan yang sempurna untuk pertemuan atau menyiapkan makanan.

Baca Juga :  Resep membuat Nasi uduk rice cooker enak, ini triknya

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Tabbouleh? A: Tabbouleh membutuhkan bahan-bahan seperti seledri, tomat, persil, mint, bawang, bulgur, minyak zaitun, air lemon, garam, dan lada hitam.

Q: Apa itu bulgur dan di mana saya bisa mendapatkannya? A: Bulgur adalah gandum yang sudah direbus, dikeringkan, dan kemudian dipotong menjadi potongan-potongan kecil. Anda bisa menemukan bulgur di toko-toko bahan makanan khusus atau di bagian internasional dari supermarket biasa.

Q: Berapa lama Tabbouleh bisa disimpan? A: Tabbouleh bisa disimpan di lemari es selama 2-3 hari. Pastikan untuk menyimpan dalam wadah kedap udara untuk menjaga kesegarannya.

Q: Apakah saya bisa mengganti bulgur dengan bahan lain jika saya tidak menginstal? A: Jika Anda tidak dapat menemukan bulgur, Anda bisa menggantinya dengan quinoa atau couscous sebagai alternatif.

Q: Bisakah saya menambahkan bahan lain ke dalam Tabbouleh? A: Tentu saja, Tabbouleh sangat fleksibel dan Anda bisa menambahkan bahan lain sesuai selera, seperti mentimun, paprika, atau bahkan kacang-kacangan untuk memberikan sentuhan tambahan pada hidangan tersebut.

Referensi : 

1.   Jenis Dressing Salad.  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari zoorna.de/CBMiA3V3ddIBAA== 

2.   Resep Tabbouleh /Tabouli/ Taboulé oleh Noof’s Kitchen.  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari cookpad.com/id/resep/13750019-tabbouleh-tabouli-taboule 

3.   Yuk Siapkan Sajian Pasta Mini Ala Chef Steve Buat Buka ….  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari jatim.tribunnews.com 

Baca Juga :  Resep Opor Ayam Kuning, Sajian Tepat Kumpul Keluarga

4.   Resep Taboulé (Tabbouleh) oleh Finaca.  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari cookpad.com/id/resep/11397078-taboule-tabbouleh 

5.   Resep Tabbouleh salad oleh Kimchibaby Kitchen.  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari cookpad.com/id/resep/258768-tabbouleh-salad 

6.   RESEP TABBOULEH MUDAH: CARA MEMBUAT ….  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari id.lightups.io/easy-tabbouleh-recipe 

7.   Resep Tabbouleh: Salad Segar dan Nikmat dari Timur ….  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari bogor.hallo.id

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan