Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat makanan Thareed, Hidangan Takjil Puasa Khas Timur Tengah

Membuat makanan Thareed, Hidangan Takjil Puasa Khas Timur Tengah

Membuat makanan Thareed (2)

Membuat makanan Thareed

Bahan-bahan

  1. 250 gram daging kambing
  2. 2 buah wortel
  3. 1 buah kentang
  4. 50 gram chickpeas / kacang arab rendam air panas selama 1 jam

Bumbu

  1. 1/2 buah bawang bombay iris
  2. 1 ruas jahe haluskan
  3. 2 buah bawang putih haluskan
  4. 1 sdt ketumbar bubuk
  5. 1/2 sdt lada hitam bubuk
  6. Kunyit bubuk seikhlasnya
  7. Bubuk baharat
  8. Royco secukupnya
  9. Garam secukupnya
  10. Gula secukupnya
  11. Air secukupnyajuga

Langkah-langkah membuat makanan Harees

  1. Thareed adalah hidangan tradisional Qatar yang dibuat dengan menggunakan roti pipih yang dipotong kecil-kecil[1]. Roti yang digunakan dalam Thareed biasanya adalah roti Khubs Rgag, yaitu jenis roti pipih yang banyak ditemukan di Timur Tengah. Untuk menyiapkan roti untuk Thareed, potong kecil-kecil dan sisihkan untuk digunakan nanti. Roti merupakan komponen penting dalam hidangan, karena digunakan untuk merendam sup dan menambah tekstur unik pada hidangan.
  2. Untuk membuat sup Thareed, mulailah dengan memasak daging dan sayuran di dalam panci[2]. Bahan yang paling umum digunakan untuk membuat sup adalah ayam, daging domba, dan sayuran seperti kentang, wortel, dan bawang bombay. Setelah daging dan sayuran matang, tambahkan bumbu seperti jinten, ketumbar, dan kunyit ke dalam panci. Bumbu-bumbu ini menambah rasa dan aroma pada sup serta memberikan rasa yang unik[3]. Setelah sup siap, sisihkan dan lanjutkan ke langkah berikutnya.
  3. Langkah terakhir dalam membuat Thareed adalah melapisi campuran roti dan sup untuk membentuk masakan[4]. Mulailah dengan meletakkan selapis roti di bagian bawah piring saji. Selanjutnya, tambahkan selapis campuran sup di atas roti. Ulangi proses ini sampai semua campuran roti dan sup habis. Lapisan terakhir adalah campuran sup. Tutupi piring dan diamkan selama beberapa menit agar roti menyerap sup. Thareed kini siap disajikan dan dinikmati sebagai santapan lezat dan menenangkan[5].

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Roti yang Tepat** – Pilih roti yang keras dan padat, seperti roti pipih atau pita tradisional Arab, untuk memastikan bentuk dan teksturnya tetap terjaga saat direndam dalam kaldu. Roti basi sering kali lebih disukai karena dapat menyerap rasa tanpa menjadi terlalu lembek.

Baca Juga :  Resep Krengsengan Daging Sapi Khas Surabaya, Olahan Lezat yang Bisa Membuat Gelap Mata

**Menyeimbangkan Rasa pada Kaldu** – Perhatikan profil rasa kuahnya, karena merupakan bahan dasar Thareed. Gunakan kombinasi rempah-rempah aromatik seperti jinten, ketumbar, dan kayu manis untuk meningkatkan rasanya. Selain itu, pertimbangkan untuk menggunakan campuran sayuran dan protein untuk menambah kedalaman kaldu.

**Melapisi Bahan** – Saat menyusun Thareed, lapisi roti di bagian bawah piring saji lalu sendokkan di atas kaldu yang beraroma. Susun protein, seperti daging domba atau ayam, di atas roti, diikuti dengan selapis sayuran. Teknik pelapisan ini memastikan roti menyerap kekayaan rasa dari kaldu dan bahan-bahan di atasnya.

**Memberikan Waktu untuk Berendam** – Setelah Thareed dirakit, diamkan beberapa menit sebelum disajikan. Ini akan memungkinkan roti menyerap kaldu dan melunak, sehingga menghasilkan perpaduan rasa dan tekstur yang harmonis.

**Hiasan dan Presentasi** – Sesaat sebelum disajikan, hiasi Thareed dengan herba segar, seperti peterseli atau daun ketumbar, dan perasan air lemon untuk menambah kesegarannya. Perhatikan presentasi visualnya, karena Thareed yang ditata dengan baik dapat menarik secara visual dan meningkatkan pengalaman bersantap secara keseluruhan. Dengan mengikuti tips dan praktik terbaik ini, Anda dapat menciptakan hidangan Thareed yang lezat dan autentik yang menampilkan cita rasa dan tekstur tradisional masakan Timur Tengah yang populer ini.

Baca Juga :  Langkah Bikin Risol Mayo yang Mantap

FAQ

Q: Apa itu Thareed dan apa asal usulnya? A: Thareed adalah hidangan khas Timur Tengah yang terbuat dari potongan roti yang direndam dalam kuah daging dan sayuran. Asal-usulnya dapat ditelusuri kembali ke zaman Nabi Muhammad di Arab Saudi.

Q: Apa bahan-bahan utama yang diperlukan untuk membuat Thareed? A: Bahan-bahan utama yang diperlukan untuk membuat Thareed adalah roti, daging (biasanya domba atau ayam), sayuran (seperti wortel, kentang, atau kacang polong), serta bumbu-bumbu seperti bawang putih, jahe, lada, dan rempah-rempah lainnya.

Q: Bagaimana cara menyiapkan roti untuk Thareed? A: Roti untuk Thareed biasanya dipotong kecil-kecil dan direndam dalam air atau kaldu hingga lembut. Proses ini memungkinkan roti menyerap rasa dari kuah daging dan sayuran saat dimasak.

Q: Apa cara terbaik untuk memasak daging dan sayuran dalam Thareed? A: Daging dan sayuran untuk Thareed biasanya dimasak bersama dalam satu panci besar dengan bumbu-bumbu dan rempah-rempah. Proses ini memungkinkan rasa dan aroma bumbu meresap ke dalam daging dan sayuran, menciptakan kuah yang kaya dan beraroma.

Q: Bagaimana cara melapisi campuran roti dan daging untuk membentuk hidangan Thareed? A: Setelah roti direndam dan daging serta sayuran matang, langkah terakhir adalah menyusun hidangan Thareed dengan meletakkan roti di dasar piring atau mangkuk, lalu menuangkan kuah daging dan sayuran di atasnya sehingga roti menyerap kuah dan menghasilkan hidangan yang lezat.

Baca Juga :  Gurihnya Perkedel kentang isi daging, Begini Resepnya

Referensi : 

1.   Thareed, Hidangan Oman yang Populer Sebagai Makanan ….  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari umroh.com 

2.   Sekilas Tentang Hidangan Khas Abu Dhabi.  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari umroh.com/blog/sekilas-tentang-hidangan-khas-abu-dhabi/ 

3.   Resep dan Cara Membuat Tharid, Makanan Kesukaan ….  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari www.idntimes.com 

4.   Wajib Dicoba, 5 Rekomendasi Makanan Populer di Qatar ….  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari www.liputan6.com 

5.   Serba-serbi Piala Dunia 2022: 7 Makanan Khas Negara ….  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari www.liputan6.com

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan