Lompat ke konten
Home » Video » Padang Punya Surga Alam yang Tersembunyi, Air Terjun Lubuk Hitam Jadi Wisata Indah dan Unik dengan Harga Tiket Terjangkau

Padang Punya Surga Alam yang Tersembunyi, Air Terjun Lubuk Hitam Jadi Wisata Indah dan Unik dengan Harga Tiket Terjangkau

Air Terjun Lubuk Hitam (1)
Lazada

Air Terjun Lubuk Hitam

Air Terjun Lubuk Hitam adalah destinasi indah dengan pesona keunikan air terjunnya. Wisata ini unik karena mempunyai tingkat air jatuh dengan ketinggian berbeda. Air terjun ini berlokasi di Sumatera Barat, Padang. Tingkat air terjun yang paling rendah sekitar 3 meter, lalu tingkat sedang adalah 10 meter, dan yang tertinggi mencapai 22 meter. Tak hanya itu, air terjun ini pun mempunyai pemandangan hutan asri dengan ekosistem terjaga.

Air terjun ini diberi nama Air Terjun Lubuk Hitam karena tempatnya yang tersembunyi di tengah hutan tropis. Tak hanya itu, air terjun ini pun disebut dengan nama Air Terjun Tiga Tingkat karena mempunyai tiga tingkat berketinggian berbeda. Air yang masih jernih menambah keasrian hutan dan membuat kawasan wisata ini banyak dihuni hewan langka sebagai tempat untuk perkembangbiakan.

Setiap tingkatan Air Terjun Lubuk Hitam mempunyai keindahannya sendiri, dimana saat berada pada tingkat paling rendah ada lubuk ataupun kolam alami tempat air jatuh. Para pengunjung bisa mandi dan juga berenang di lubuk tersebut. Untuk tingkat yang kedua dan paling tinggi akan lebih membuat Anda takjub dan terpesona, karena keindahan alam hutan tampak cukup jelas dari ketinggian air terjun.

Daya Tarik Wisata Air Terjun Lubuk Hitam

Air terjun ini berlokasi di Sumatera Barat, Padang. Padang adalah tempat kaya akan keindahan pantai dengan pasir putihnya. Namun, ada pula pemandangan alam tidak kalah menarik dari wisata pantai, yakni Air Terjun Lubuk Hitam. Wisata air terjun ini cocok sekali untuk para wisatawan yang senang berpetualang ke alam bebas.

Berikut ini beberapa daya tarik wisata Air Terjun Lubuk Hitam:

● Mempunyai Pemandangan Berbeda

Berbeda di sini jika dilihat dari tingkatan air terjun. Pemandangan alam disajikan di wisata ini dari tingkat pertama masih dapat dikatakan biasa dengan lubuk ataupun tempat air jatuh. Pada tingkat yang kedua pun ada lubuk berukuran lebih kecil, tapi ada bebatuan cadas yang licin sekali. Namun, pemandangan yang ada di bawahnya sangat cantik untuk dipandang.

Lalu, pemandangan paling indah ada pada tingkat paling tinggi, tapi wisatawan tetap harus hati-hati. Semakin tinggi, maka medan menjadi semakin licin serta berbahaya.

Dari ketinggian yang ketiga, para wisatawan bisa melihat keseluruhan pemandangan hutan dan juga pemukiman warga sekitar yang asri. Biasanya, pengunjung yang bisa mencapai puncak tertinggi adalah yang ahli dalam pendakian dan hiking.

● Air Terjun Masih Alami

Para wisatawan yang ingin cari keindahan alam serta air terjun alami, wisata ini dapat menjadi rekomendasi untuk Anda. Lokasi air terjun ini tersembunyi sehingga membuat orang-orang jarang menjamah tempat wisata ini. Inilah yang buat air terjun ini masih asri dan alami.

● Mempunyai Tiga Tingkat Aliran Air Terjun

Dengan mempunyai tiga tingkat, membuat objek wisata ini unik sekali. Pasalnya, cukup jarang air terjun yang punya tingkat. Hal ini yang buat aliran air terjun yang tak terlalu deras serta mempunyai bebatuan indah. Ketiga tingkat ini akan berikan sensasi berbeda saat sampai pada masing-masing tingkat.

● Pohon-Pohon Hutan Langka

Selama di perjalanan, para wisatawan akan melihat berbagai pohon jarang ditemui. Sebab termasuk hutan hujan tropis, sehingga sangat banyak tumbuhan tumbuh di area hutan. Sekaligus banyak pula hewan yang tinggal di area ini. Ada sekelompok monyet yang akan wisatawan kerap temui.

● Burung-Burung Cantik

Dinding bebatuan air terjun serta pohon-pohon sekitar adalah tempat tinggal sekaligus tempat bertelur burung-burung langka dan cantik. Burung-burung akan cari makan pada siang hari dan sore hari pada sekitar kawasan air terjun. Burung-burung berterbangan di atas air terjun sehingga membuatnya menjadi perpaduan indah.

Alamat dan Rute ke Lokasi Air Terjun

Main ke air terjun lubuk hitam Bungus Teluk Kabung Kota Padang

Letak dari wisata Air Terjun Lubuk Hitam berada di Pulau Sumatera, lebih tepatnya di Teluk Kabung, Bungus, Sumatera Barat atau Padang. Letaknya di bukit barisan, berketinggian kurang lebih 20 sampai 35 meter. Selain itu, air terjun ini dekat dengan salah satu pantai populer di Padang yakni Pantai Caroline. Jaraknya dari Kota Padang sekitar 23 km, wisatawan harus menempuh waktu perjalanan kurang lebih 45 menit.

Untuk ke wisata satu ini, wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi, baik motor, mobil maupun sepeda gunung jika dekat. Ada pula angkutan umum yang khusus untuk ke lokasi wisata. Namun, kendaraan itu hanya dapat mengantar hingga ke kaki bukit. Selanjutnya, wisatawan harus berjalan kaki untuk menuju ke air terjun.

Selama di perjalanan, Anda akan disajikan sejumlah keindahan alam yang memukau sekali. Seperti keindahan dari wisata alam Pantai Caroline, pemandangan perbukitan, persawahan penduduk, kebun coklat, kebun kelapa sawit, dan lain-lainnya. Tak hanya itu, terdapat beberapa hewan yang bisa dilihat seperti burung, kawanan monyet, serta rusa jika beruntung.

Rute ke wisata air terjun ini cukup mudah sebab lokasinya strategis sekali dan mudah untuk ditemukan. Sudah ada plang kecil pada belokan jalan yang menjadi penunjuk arah lokasi. Tak hanya itu, wisatawan pun bisa memakai aplikasi Google Maps. Ketika berjalan kaki wisatawan harus meminta bantuan dari pemandu wisata supaya tak tersesat di area hutan.

Tips untuk wisatawan yang akan ke wisata alam ini adalah tetap mematuhi peraturan wisata, pakailah sepatu kuat sebab perjalanan ke air terjun licin sekali, pakai baju tertutup, kondisi badan harus fit dan sehat, dan juga jangan sampai Anda terpisah dengan rombongan.

Harga Tiket Masuk ke Wisata Air Terjun Lubuk Hitam

Wisatawan yang ingin menikmati keindahan dari air terjun ini, bisa datang tiap hari kecuali hari Jumat. Sebab penduduk sekitar percaya hari Jumat adalah hari bahaya untuk lakukan perjalanan di area air terjun. Untuk hari buka adalah hari senin hingga kamis dari jam 13.00 – 17.30 WIB, sementara sabtu dan minggu adalah dari pukul 08.00 – 17.30 WIB.

Untuk datang ke wisata Air Terjun Lubuk Hitam, wisatawan hanya bayar Rp 10.000 per orang. Sementara, biaya parkir hanya bayar Rp. 3.000 untuk motor, lalu Rp. 5.000 untuk mobil pribadi dan angkutan umum. Jika Anda naik angkutan umum dari Lubuk Padang menuju wisata ini hanya perlu membayar sebesar Rp. 15.000.

Untuk keluarga yang bawa anak-anak tak diperbolehkan ke kawasan air terjun. Namun tenang saja, di kaki bukit sudah ada pemandian air supaya dapat dinikmati oleh para pengunjung yang tak mampu untuk ke air terjun.

Berbagai Kegiatan Menarik Bisa Dilakukan Air Terjun Lubuk Hitam

Ada banyak kegiatan yang bisa wisatawan lakukan di wisata Air Terjun Lubuk Hitam, terlebih jika datang bersama dengan keluarga maupun pasangan. Pastinya akan terasa seru dan juga menarik. Berikut ini sejumlah kegiatan bisa dilakukan oleh wisatawan di wisata ini:

● Trekking dan Hiking

Air Terjun Lubuk Hitam4
Air Terjun Lubuk Hitam4

Jika wisatawan datang ke tempat wisata ini, tentunya akan lebih dulu melakukan trekking dan hiking. Sebab untuk ke air terjun harus melalui perjalanan cukup panjang serta menguras tenaga. Untuk kalangan muda-mudi, kegiatan ini adalah hal yang digemari, sebab bisa berpetualang ke alam bebas.

● Menikmati Pemandangan Alam Sekitar dan Berenang

Air Terjun Lubuk Hitam2
Air Terjun Lubuk Hitam2

Setelah trekking, tentunya wisatawan akan dibuat terpukau dan terpesona dengan keindahan alam wisata Air Terjun Lubuk Hitam punya tiga tingkat. Wisatawan bisa bermain air dan berenang di lubuk air terjun.

Untuk wisatawan yang tak bisa ke lokasi air terjun, ada kolam renang di kaki bukit, sehingga wisatawan bisa di sini. Air kolam renang ini berasal dari sumber air terjun tiga tingkat.

● Berpiknik Bersama Keluarga

Air Terjun Lubuk Hitam3
Air Terjun Lubuk Hitam3

Menikmati liburan bersama keluarga dengan cara berpiknik di wisata alam satu ini adalah salah satu pilihan tepat. Para wisatawan bisa bawa bekal dari rumah dan juga memakannya di tepi air terjun sembari menikmati pemandangan alam yang indah. Namun, Anda harus ingat untuk tidak membuang sampah secara sembarangan.

● Berfoto

Air Terjun Lubuk Hitam1
Air Terjun Lubuk Hitam1

Kegiatan tak boleh sampai terlewatkan wisatawan saat berkunjung ke wisata alam ini adalah berfoto. Air jernih, pemandangan hutan tropis, serta pemandangan air laut bisa dinikmati dan juga jadi latar belakang foto. Tentunya para wisatawan akan dimanjakan oleh pesona keindahan wisata air terjun ini.

● Bersantai serta Relaksasi

Air Terjun Lubuk Hitam
Air Terjun Lubuk Hitam

Para wisatawan pun bisa melakukan kegiatan bersantai serta rileksasi di wisata alam ini. Suara air terjun bergemuruh dan berirama serta suara binatang kecil dari hutan akan membuat pikiran dan juga hati jadi lebih tenang.

Fasilitas Tersedia Wisata Air Terjun Lubuk Hitam

Air Terjun Lubuk Hitam merupakan destinasi wisata terkenal, meskipun turis asing masih cukup jarang berkunjung, tapi warga lokal banyak yang sudah mengunjungi wisata alam ini. Oleh sebab itu, fasilitas disediakan juga cukup banyak. Ada sejumlah toilet di kaki bukit, tempat atau warung makanan sederhana serta para pedagang kecil.

Selain itu, ada pula tempat parkir, kolam renang di kaki bukit, serta mushola. Untuk fasilitas pendukung sudah ada alat-alat trekking dan hiking, makanan untuk hewan yang ada di hutan seperti monyet dan rusa, sewa tikar, obat-obatan, serta toko pakaian. Fasilitas-fasilitas tersebut yang menambah kenyaman para wisatawan di wisata alam ini.

Wisata air terjun ini masih tergolong kawasan terpencil. Sebab medannya sulit, sehingga tak semua orang berani dan bisa untuk melewatinya. Hal inilah yang membuat fasilitas tersedia di wisata alam ini belum cukup lengkap, seperti belum ada penginapan serta belum diperbolehkan berkemah/camping.

Air Terjun Lubuk Hitam ini jadi salah satu tempat paling indah di Padang, Sumatera Barat. Para wisatawan semua bisa berkunjung ke wisata ini, apalagi nanti saat sampai akan langsung disuguhkan pemandangan alam yang indah dan tidak mengecewakan. Tak hanya itu, ada cukup banyak aktivitas seru yang dilakukan wisata ini.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Exit mobile version