Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Es Yakult Melon untuk Menu Berbuka Puasa

Membuat Es Yakult Melon untuk Menu Berbuka Puasa

Membuat Es Yakult Melon (1)

Membuat Es Yakult Melon

Langkah-langkah membuat Es Yakult Melon

Untuk membuat Es Yakult Melon, ada beberapa bahan yang dibutuhkan[1]. Bahan-bahan tersebut meliputi: 

  1. Yakult (2 botol) 
  2. Sirup melon (3 sendok makan) 
  3. Susu UHT atau susu full cream (50-75 ml) 
  4. Es batu secukupnya 

Untuk cara membuatnya : 

  1. pertama-tama tuangkan 2 botol Yakult ke dalam gelas, lalu tambahkan susu UHT atau susu full cream dengan perbandingan 2:2 (jumlah yang sama)[2]. Aduk kedua bahan tersebut hingga tercampur rata. Selanjutnya tambahkan 3 sendok makan sirup melon ke dalam campuran Yakult dan susu, lalu aduk kembali hingga tercampur rata.
  2. Setelah campuran Yakult, susu, dan sirup melon tercampur rata, tambahkan es batu secukupnya ke dalam gelas[3]. Jika ingin menambahkan rasa lain, seperti nata de coco atau biji selasih, bisa ditambahkan pada saat ini[4]. Setelah itu, aduk kembali semua bahan hingga tercampur rata.
  3. Untuk penyajiannya, Es Yakult Melon dapat disajikan langsung dengan menggunakan gelas yang telah diisi campuran Yakult, susu, sirup melon, dan es batu[5]. Untuk penyimpanan, Es Yakult Melon dapat disimpan dalam kulkas selama beberapa jam sebelum disajikan[2]. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Es Yakult Melon siap disajikan dan dinikmati sebagai minuman segar yang menyegarkan di hari yang panas atau saat berbuka puasa.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Pilih Melon Matang dan Manis** – Pilih melon yang matang, manis, dan beraroma harum untuk mendapatkan rasa terbaik. Carilah melon dengan wangi yang menonjol dan ujung bunga yang agak lembut. Hal ini memastikan es melon memiliki rasa manis dan menyegarkan alami.

Baca Juga :  Resep Otak Sapi Goreng Telur dengan Sambal Tomat Dijamin Super Lezat Menggugah Selera

**Gunakan Yakult Segar** – Pastikan Anda menggunakan Yakult segar untuk mempertahankan manfaat dan rasa probiotiknya. Yakult segar akan meningkatkan rasa dan nilai gizi es melon secara keseluruhan. Menggunakan Yakult yang kadaluwarsa atau asam dapat menghasilkan rasa dan tekstur yang kurang menarik.

**Blender Melon dan Yakult dengan Halus** – Saat memblender melon dan Yakult, pastikan teksturnya halus dan konsisten. Hal ini akan memastikan Yakult dan melon terdistribusi secara merata, sehingga menghasilkan tekstur es yang seimbang dan lembut. Hindari meninggalkan potongan melon yang besar karena dapat mempengaruhi konsistensi es secara keseluruhan.

**Sesuaikan Manisnya dengan Selera** – Cicipi campuran yang sudah diblender sebelum dibekukan dan sesuaikan rasa manisnya jika perlu. Tergantung pada rasa manis alami melon dan tajamnya Yakult, Anda mungkin perlu menambahkan sedikit madu atau gula untuk mencapai tingkat kemanisan yang diinginkan. Ingatlah bahwa pembekuan dapat mengurangi rasa manisnya, jadi campurannya harus sedikit lebih manis dari yang diinginkan.

**Bekukan dalam Porsi Individual** – Pertimbangkan untuk membekukan campuran melon Yakult dalam porsi tersendiri, seperti cetakan es batu atau cetakan es loli, agar mudah disajikan dan dikontrol porsinya. Hal ini memungkinkan akses mudah ke es melon dan mencegah kebutuhan untuk mencairkan seluruh es melon setiap saat. Selain itu, porsi individu sangat bagus untuk dikonsumsi saat bepergian dan dapat disukai oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Baca Juga :  Resep Nasi Uduk Rice Cooker yang Mudah dan Praktis untuk Sarapan Pagi

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Es Yakult Melon? A: Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Es Yakult Melon antara lain yakult, melon, gula, air, dan es batu.

Q: Bagaimana cara membuat Es Yakult Melon? A: Langkah-langkah pembuatan Es Yakult Melon meliputi pemotongan melon menjadi potongan kecil, mencampurkan yakult, melon, gula, dan air dalam blender, kemudian menuangkan campuran ke dalam gelas berisi es batu.

Q: Bisakah saya menggunakan jenis buah lain selain melon untuk membuat Es Yakult? A: Ya, Anda bisa menggunakan buah-buahan lain seperti strawberry, anggur, atau pepaya untuk variasi rasa Es Yakult yang berbeda.

Q: Apakah Es Yakult Melon bisa disimpan selama beberapa hari? A: Es Yakult Melon sebaiknya disajikan segera setelah dibuat untuk mendapatkan cita rasa yang terbaik. Jika tersisa, disarankan untuk segera dikonsumsi dalam waktu 1-2 hari.

Q: Apakah ada variasi lain dalam penyajian Es Yakult Melon? A: Anda bisa menambahkan potongan buah sebagai hiasan, atau mencampurkan es krim vanila untuk membuat Es Yakult Melon Float yang lebih kaya rasa.

Referensi : 

1.   Yakult+Melon??? Kok bisa enak gini sihh???.  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari www.lemon8-app.com/skylarsveta/7143570387975160321?region=id 

Baca Juga :  Membuat Cilok Kuah, Hidangan Tepat di Musim Hujan

2.   Resep Es Melon Yakult, Dingin dan Menyegarkan untuk ….  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari www.suara.com 

3.   Resep Es Melon Yakult oleh Siti Khoiriyah.  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari cookpad.com/id/resep/16921125-es-melon-yakult 

4.   318 resep yakult melon enak dan mudah.  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari cookpad.com/id/cari/yakult%20melon 

5.   Resep Es Melon Yakult oleh Arum_Kusuma.  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari cookpad.com/id/resep/16922908-es-melon-yakult 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info