Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Semur Daging Betawi, salah satu hidangan khas Lebaran

Resep Semur Daging Betawi, salah satu hidangan khas Lebaran

Resep Semur Daging Betawi
Lazada

Resep Semur Daging Betawi

Recipe By siti
Course: Pemula Cusine:Indonesia Difficulty:Mudah

Servings

4 minutes

Preparing Time

30 minutes

Cooking Time

60 minutes

Calories

450 kcal

INGREDIENTS

  1. daging sapi

  2. bawang merah

  3. bawang putih

  4. kecap manis

  5. gula merah

  6. garam

  7. merica

  8. minyak goreng

  9. air

DIRECTION

  1. Pertama-tama

    Pertama-tama, siapkan daging sapi yang telah dipotong dadu sesuai selera. Tumis daging sapi dengan bawang merah dan bawang putih hingga harum.

  2. Tambahkan

    Tambahkan daun salam, serai, lengkuas, dan ketumbar ke dalam tumisan daging sapi. Aduk hingga bumbu meresap ke dalam daging.

  3. Tuangkan air

    Tuangkan air secukupnya ke dalam tumisan daging sapi, tambahkan kecap manis, gula merah, garam, dan merica. Aduk rata dan biarkan mendidih hingga daging empuk dan bumbu meresap.

  4. Terakhir

    Terakhir, tambahkan minyak goreng untuk mengkilapkan semur daging Betawi. Aduk rata dan angkat dari kompor. Sajikan semur daging Betawi hangat dengan nasi putih.

NOTES

Semur daging merupakan salah satu hidangan khas Nusantara yang memiliki cita rasa gurih dan manis yang khas. Salah satu varian semur yang terkenal adalah Semur Daging Betawi. 

Semur Daging Betawi memiliki cita rasa yang kaya akan rempah-rempah dan bumbu yang membuatnya begitu lezat dan menggugah selera. 

Daging yang empuk dipadu dengan saus kental berwarna cokelat pekat menjadikan semur daging Betawi ini cocok disantap bersama nasi hangat. Berikut ini adalah resep praktis untuk membuat Semur Daging Betawi yang lezat dan menggugah selera.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Untuk membuat Semur Daging Betawi, Anda memerlukan beberapa bahan utama seperti daging sapi, bawang merah, bawang putih, kecap manis, gula merah, garam, merica, minyak goreng, dan air. Selain itu, Anda juga memerlukan bahan tambahan seperti daun salam, serai, lengkuas, dan ketumbar untuk menambahkan aroma dan citarasa yang khas pada semur daging Betawi ini. Pastikan Anda menggunakan daging sapi yang berkualitas agar hasil masakan Anda lebih lezat dan empuk.

Langkah-Langkah Pembuatan

  1. Pertama-tama, siapkan daging sapi yang telah dipotong dadu sesuai selera. Tumis daging sapi dengan bawang merah dan bawang putih hingga harum.
  2. Tambahkan daun salam, serai, lengkuas, dan ketumbar ke dalam tumisan daging sapi. Aduk hingga bumbu meresap ke dalam daging.
  3. Tuangkan air secukupnya ke dalam tumisan daging sapi, tambahkan kecap manis, gula merah, garam, dan merica. Aduk rata dan biarkan mendidih hingga daging empuk dan bumbu meresap.
  4. Terakhir, tambahkan minyak goreng untuk mengkilapkan semur daging Betawi. Aduk rata dan angkat dari kompor. Sajikan semur daging Betawi hangat dengan nasi putih.
SEMUR DAGING BETAWI | RESEP ANDALAN LEBARAN

Tips Memasak Semur Daging Betawi

  1. Pastikan Anda menggunakan daging sapi yang berkualitas dan tidak berlemak agar semur daging Betawi Anda lebih lezat dan empuk.
  2. Gunakan bumbu-bumbu segar seperti daun salam, serai, lengkuas, dan ketumbar untuk menambahkan aroma dan citarasa yang khas pada semur daging Betawi.
  3. Jika Anda menyukai rasa pedas, Anda dapat menambahkan potongan cabai merah besar ke dalam semur daging Betawi saat memasak.
  4. Simpan sisa semur daging Betawi dalam wadah kedap udara dan simpan di dalam lemari es untuk menjaga kesegarannya.

Manfaat dan Kandungan Gizi

Semur daging Betawi mengandung protein tinggi dari daging sapi yang baik untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. Selain itu, semur daging Betawi juga mengandung zat besi, fosfor, dan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan darah. Konsumsi semur daging Betawi secara teratur juga dapat meningkatkan energi dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kesimpulan

Semur Daging Betawi adalah hidangan yang lezat dan menggugah selera yang dapat Anda sajikan untuk keluarga tercinta. Dengan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas dan mengikuti langkah-langkah pembuatan dengan benar, Anda dapat membuat semur daging Betawi yang lezat dan enak. Jangan lupa untuk menambahkan bumbu-bumbu segar dan memasak dengan cinta agar semur daging Betawi Anda semakin lezat dan nikmat. Selamat mencoba!

FAQ (Frequently Asked Questions)

Apakah daging sapi yang digunakan harus daging sapi murni tanpa lemak?

Idealnya, gunakan daging sapi yang tidak terlalu berlemak untuk membuat semur daging Betawi. Namun, sedikit lemak pada daging juga dapat menambahkan rasa gurih pada masakan.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak semur daging Betawi hingga daging empuk?

Waktu memasak semur daging Betawi hingga daging empuk biasanya sekitar 1,5-2 jam. Namun, jika Anda menggunakan teknik memasak dengan presto, waktu memasak dapat lebih singkat.

Apakah semur daging Betawi dapat disimpan dalam freezer?

Ya, Anda dapat menyimpan sisa semur daging Betawi dalam freezer untuk disantap di lain waktu. Pastikan untuk menyimpan dalam wadah kedap udara agar semur tetap segar.

Dapatkah saya menambahkan sayuran ke dalam semur daging Betawi?

Tentu saja! Anda dapat menambahkan wortel, kentang, atau kacang polong ke dalam semur daging Betawi untuk menambahkan variasi dan nilai gizi pada hidangan Anda.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Exit mobile version