Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Terong Balado Khas Masakan Minang yang Lezat dan Pedas

Terong Balado Khas Masakan Minang yang Lezat dan Pedas

Terong Balado (1)

Resep terong balado

Resep terong balado khas rumah makan Padang cukup mudah membuatnya. Anda pun bisa membuatnya sendiri dengan bahan utama terong ungu yang bisa dibeli di pasar tradisional atau supermarket terdekat.

Harganya juga cukup terjangkau, sehingga Anda dapat membelinya lebih banyak. Lalu, memasak terong tersebut dengan bumbu balado yang pedasnya menyengat khas masakan Minang.

Terong balado biasanya dijadikan pelengkap lauk. Namun demikian, Anda bisa menjadikannya lauk utama dan disantap bersama nasi putih hangat.

Dijamin, rasanya mantul dan nagih apalagi Anda yang menyukai masakan pedas khas Minang. Tak perlu membelinya di rumah makan Padang karena membuatnya cukup mudah dan cepat. Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca resep terong balado berikut.

Bahan-bahan

  1. 4 buah terong ungu besar
  2. 2 lembar daun jeruk
  3. 1 batang serai digeprek
  4. 2 sendok makan air jeruk nipis
  5. Kaldu bubuk secukupnya
  6. Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 8 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 12 cabai rawit merah atau sesuai selera
  4. 5 buah cabai merah besar
  5. 1 buah tomat merah
  6. 2 sendok teh garam
  7. 1 sendok teh gula pasir
Baca Juga :  Buktikan Sendiri Resep Udang Goreng Petai Benar-Benar Mantul untuk Lauk Makan

Cara membuat terong balado

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disiapkan semuanya, Anda dapat segera mempraktikkan resep terong balado dengan cara membuat sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu terong ungu di bawah air mengalir. Lalu, belah masing-masing terong menjadi dua bagian dan potong menjadi dua. Setelah itu, rendam semua terong di dalam air yang sudah diberi sedikit garam. Diamkan sekitar 5 menit saja, lalu angkat dan tiriskan.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng untuk menggoreng. Setelah panas, masukkan terong satu per satu dan goreng sebentar saja hingga layu. Angkat dan tiriskan.
  3. Panaskan lagi wajan penggorengan dan kurangi minyak goreng sisa menggoreng terong tadi karena hanya untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan daun jeruk, batang serai, dan kaldu bubuk secukupnya. Aduk merata hingga layu.
  4. Kecilkan api kompor, lalu masukkan semua terong ke dalam wajan. Aduk lagi merata hingga semua bahan dan bumbu tercampur sempurna. Beri air jeruk nipis dan aduk sebentar. Jangan lupa mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika masih kurang sedap, tambahkan kaldu bubuk secukupnya, lalu aduk sebentar.
  5. Matikan kompor dan masakan terong balado sudah matang, siap dihidangkan. Siapkan piring saji untuk plating. Tuangkan masakan yang sudah matang diatasnya, lalu taburi bawang merah goreng secukupnya jika ada. Anda bisa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Memasak Resep Mujaer Kriuk Sambal Goreng untuk Lauk Makan yang Mantul

Jadi, resep terong balado cukup mudah mempraktikkannya, bukan? Sangat cocok disantap untuk makan siang. Jangan lupa menyiapkan air putih untuk diminum sekaligus menetralisir rasa pedasnya. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan