Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Memasak Resep Semur Jengkol Khas Betawi yang Banyak Penggemarnya

Memasak Resep Semur Jengkol Khas Betawi yang Banyak Penggemarnya

Resep Semur Jengkol1 (1)

Resep semur jengkol

Resep semur jengkol menjadi salah satu kuliner asli Betawi yang sudah sangat populer. Bukan hanya di Jakarta dan sekitarnya saja, tetapi hingga daerah lain.

Mulai dari rumah makan Sunda, Jawa, Padang, dan yang lainnya. Bahan utamanya adalah adalah jengkol tua yang setelah direbus dan dimasak menjadi empuk serta sedap.

Namun demikian, rasa bumbunya berbeda dari yang manis, gurih, dan pedas.

Anda sekalian penggemar semur jengkol pasti sangat menyukai rasa masakannya. Apalagi menyantapnya dengan nasi putih hangat dijamin lezat sekaligus mengenyangkan perut.

Namun yang paling istimewa, Anda bisa coba memasaknya di rumah dengan bahan, bumbu, serta langkah-langkah yang direkomendasikan.

Lalu, bagaimana resep semur jengkol khas Betawi yang direkomendasikan? Berikut informasi selengkapnya.

Bahan-bahan

  1. 300 gram jengkol tua dikupas kulitnya lalu dibelah dua
  2. 500 ml air untuk merebus
  3. 5 sendok makan kecap manis
  4. 200 ml air
  5. 2 sendok makan minyak goreng untuk menumis
Baca Juga :  Resep Lidah Kucing Premium yang lezat dan renyah

Bumbu yang dihaluskan

  1. 3 butir bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 2 buah cabai merah besar
  4. 1 sendok teh ketumbar
  5. 3 buah kemiri
  6. 2 cm jahe
  7. ¼ sendok teh merica butiran
  8. 1 sendok teh garam

Cara memasak semur jengkol

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan lengkap, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak resep semur jengkol dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua jengkol yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Setelah itu, rebus dengan air selama 60 menit atau hingga benar-benar empuk.
  2. Setelah itu, angkat dan tiriskan, lalu cuci sekali lagi dengan air bersih. Diamkan sejenak agar tidak begitu panas, lalu memarkan jengkol menggunakan ulegan kayu atau batu.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng untuk menumis. Setelah panas, tumis semua bumbu halus hingga harum.
  4. Masukkan semua jengkol ke dalam wajan dan aduk merata. Tambahkan kecap manis dan air yang sudah disiapkan. Kecilkan api kompor dan masak hingga mendidih.
  5. Pastikan bumbunya sudah meresap ke dalam jengkol dan matang. Oleh karenanya, silahkan mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika sudah matang, matikan kompor dan masakan siap disajikan.
  6. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu tuangkan masakan semur jengkol yang sudah matang. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Siapkan juga nasi putih hangat saat ingin menyantapnya sebagai lauk.
Baca Juga :  Inilah Resep Abon Ikan Tongkol yang Harus Anda Coba Masak di Rumah

Sekarang, Anda sekalian sudah mengetahui langkah-langkah memasak resep semur jengkol khas Betawi yang direkomendasikan. Selanjutnya, silahkan untuk coba memasaknya di rumah untuk menjadikannya lauk yang lezat.

Lihat video membuat Resep Semur Jengkol

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan