Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Sambal Udang Goreng Petai, Masakan Sederhana dengan Rasa Luar Biasa

Resep Sambal Udang Goreng Petai, Masakan Sederhana dengan Rasa Luar Biasa

Sambal Udang Goreng Petai1 (1)

Resep sambal udang goreng petai

Resep sambal udang goreng petai sangat khas dengan nuansa Jawa yang memadukan protein udang goreng. Setelah itu, dimasak dengan beragam bumbu dan rempah pedas.

Ditambah potongan petai yang menggugah selera bagi para penggemarnya. Sangat cocok disantap bersama nasi putih hangat untuk makan siang atau malam.

Masakannya masih cukup sederhana dengan bahan dan bumbu yang mudah didapatkan. Selain itu, cara memasaknya juga tidak begitu sulit untuk dipraktikkan.

Anda sekalian yang sangat penasaran dengan rasa masakannya silahkan memasaknya sendiri di rumah. Daripada membeli di luar sana yang mungkin harganya cukup mahal dengan porsi yang kurang memuaskan.

Berikut resep sambal udang goreng petai selengkapnya yang harus Anda baca.

Bahan-bahan

  1. 500 gram udang segar ukuran sedang
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. 2 papan petai dikupas lalu dipotong menjadi dua
  4. 400 ml santan cair
  5. 2 lembar daun salam
  6. 3 lembar daun jeruk
  7. 2 cm lengkuas digeprek
  8. 1 batang serai digeprek
  9. Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan

  1. 8 butir bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 3 butir kemiri disangrai
  4. 10 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  5. 5 buah cabai merah besar
  6. ½ sendok teh terasi dibakar
  7. 1 sendok teh garam
  8. ½ sendok teh gula pasir
Baca Juga :  Lodeh Tuna Pete Pedas, Kudapan Makan Malam Eco Rasane

Cara memasak sambal udang goreng petai

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep sambal udang goreng petai dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua udang yang sudah disiapkan. Buang bagian kepala dan cangkangnya serta buang kotoran di tubuhnya. Setelah itu, masukkan ke dalam wadah baskom bersih, lalu beri perasan jeruk nipis.
  2. Aduk sebentar, lalu diamkan sekitar 15 menit untuk menghilangkan bau amisnya. Setelah 15 menit, bilas semua udang dengan air bersih. Sisihkan dulu.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis semua bumbu halus hingga harum.
  4. Tambahkan lengkuas, batang serai, daun salam, dan daun jeruk. Aduk merata hingga bahan layu.
  5. Setelah itu, masukkan semua petai dan masak hingga layu. Masukkan juga semua udang, lalu aduk merata dan masak hingga berubah warna.
  6. Tuangkan sedikit santan, lalu kecilkan api kompor. Aduk sebentar agar tidak gosong. Setelah itu, barulah tuangkan semua santan ke dalam wajan. Aduk perlahan terus menerus agar santan tidak pecah.
  7. Masak hingga mendidih dan kuah santal mengental. Silahkan mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika sudah matang dan rasanya cocok, segera matikan kompor agar masakan siap disajikan.
  8. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu tuangkan semua masakan sambal udang goreng petai yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng untuk menambah sedap masakan. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya sebagai lauk.
Baca Juga :  Bingung Menu Buka Puasa? Coba Bakso Goreng Mekar

Demikianlah resep sambal udang goreng petai selengkapnya yang bisa segera Anda praktikkan di rumah. Setelah jadi dan matang nanti, jangan lupa mengajak seluruh anggota keluarga dan orang terdekat untuk mencicipinya.

Lihat video membuat Sambal Udang Goreng Petai

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan