Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » 5 Minuman Buka Puasa yang Dapat Dibuat Sendiri di Rumah dengan Mudah dan Ekonomis

5 Minuman Buka Puasa yang Dapat Dibuat Sendiri di Rumah dengan Mudah dan Ekonomis

5 Minuman Buka Puasa (1)

5 Minuman Buka Puasa

Minuman buka puasa merupakan sebuah tradisi yang sudah dilakukan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Setelah seharian menahan lapar dan haus selama bulan Ramadhan, menjelang waktu berbuka puasa, tubuh membutuhkan asupan makanan dan minuman yang cukup untuk mengembalikan energi yang hilang. Namun, terkadang di tengah kesibukan berpuasa dan menyiapkan hidangan berbuka, kita seringkali terkendala untuk mencari minuman yang sesuai dengan selera dan tidak memakan waktu lama untuk disiapkan. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas tentang 5 minuman buka puasa yang dapat dibuat sendiri di rumah dengan mudah dan ekonomis.

1. Es Teh Selasih

Minuman ini merupakan varian dari es teh yang cukup populer di Indonesia, terutama saat bulan Ramadhan. Selain rasanya yang segar dan menyegarkan, es teh selasih juga memiliki manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. Selasih sendiri merupakan biji tumbuhan kemangi yang kaya akan serat dan kalsium, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan sistem pencernaan. Untuk membuat es teh selasih, bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain teh celup, air panas, gula, es batu, dan selasih.

Pertama, seduh teh celup dengan air panas dan tambahkan gula sesuai selera. Setelah itu, biarkan teh dingin dan tambahkan es batu. Selanjutnya, masukkan selasih ke dalam gelas yang sudah berisi es teh, dan aduk hingga selasih tercampur sempurna. Jika ingin tambah unik, Anda juga dapat menambahkan potongan buah-buahan seperti melon atau strawberry ke dalam es teh selasih. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan cara pembuatan yang sederhana, tidak heran jika es teh selasih menjadi salah satu minuman buka puasa yang banyak disukai.

2. Jus Alpukat

Alpukat merupakan buah yang kaya akan nutrisi dan sering dijadikan sebagai bahan utama dalam membuat jus. Selain rasanya yang lezat, jus alpukat juga memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh, terutama saat berpuasa. Kandungan lemak baik dalam alpukat dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dan menjaga kesehatan jantung. Selain itu, vitamin E dan antioksidan yang terdapat dalam alpukat juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Baca Juga :  15 Rekomendasi Resep Donat Empuk dan Lembut

Untuk membuat jus alpukat, Anda hanya perlu menyiapkan alpukat matang, susu kental manis, susu cair, dan es batu. Blender semua bahan tersebut hingga lembut dan kental. Jika ingin menambahkan rasa manis, Anda juga dapat menambahkan sedikit gula atau madu. Jus alpukat yang segar dan kaya akan nutrisi ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk minuman buka puasa yang sehat dan menyegarkan.

3. Air Jahe

Minuman ini seringkali menjadi pilihan yang tepat untuk menghangatkan tubuh setelah seharian berpuasa. Selain itu, air jahe juga memiliki manfaat anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri pada tubuh. Kandungan vitamin C pada jahe juga dapat membantu meningkatkan sistem imun dan melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Untuk membuat air jahe, Anda hanya perlu menyiapkan jahe segar, gula, air, dan perasan jeruk nipis. Kupas dan parut jahe, lalu masukkan ke dalam air yang telah dididihkan. Setelah itu, tambahkan gula dan perasan jeruk nipis sesuai selera. Biarkan mendidih hingga air jahe terasa harum dan nikmat. Jika ingin memperkaya rasa, Anda juga dapat menambahkan daun pandan atau serai ke dalam air jahe. Air jahe yang hangat dan segar ini cocok untuk diminum saat berbuka puasa, terutama pada hari-hari yang dingin.

4. Smoothie Pisang

Smoothie pisang merupakan minuman yang cocok untuk mengembalikan energi dan menghilangkan rasa lapar saat berbuka puasa. Kandungan kalium dan magnesium dalam pisang dapat membantu mengontrol tekanan darah dan mengurangi rasa lelah. Selain itu, serat yang terdapat dalam pisang juga dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Baca Juga :  Makan Malam ala Restoran di Rumah: 5 Menu Spesial untuk Menyambut Musim Semi

Untuk membuat smoothie pisang, Anda hanya perlu menyiapkan pisang matang, susu cair, es batu, dan topping sesuai selera seperti cokelat atau kacang. Blender semua bahan tersebut hingga lembut dan kental. Jika ingin menambahkan rasa manis, Anda juga dapat menambahkan sedikit gula atau madu. Smoothie pisang yang menyegarkan dan lezat ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi perut ketika berbuka puasa.

5. Es Buah Segar

Minuman ini cocok untuk menjadi pilihan saat berbuka puasa di tengah kondisi cuaca yang panas dan lelah. Es buah segar merupakan kombinasi dari berbagai macam buah-buahan yang dapat memberikan asupan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Buah-buahan seperti apel, semangka, dan melon yang terdapat dalam es buah segar juga kaya akan serat yang dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Untuk membuat es buah segar, Anda hanya perlu menyiapkan berbagai macam buah-buahan sesuai selera, es batu, susu kental manis, dan selai cokelat. Potong buah-buahan menjadi ukuran kecil dan campurkan dengan susu kental manis dan selai cokelat. Setelah itu, tambahkan es batu dan aduk hingga semua bahan tercampur sempurna. Es buah segar yang sehat dan segar ini cocok untuk menjadi alternatif minuman buka puasa yang bergizi dan menyegarkan.

Kesimpulan

Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan cara pembuatan yang sederhana, 5 minuman buka puasa di atas dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi perut dan mengembalikan energi setelah seharian berpuasa. Selain itu, dengan membuat sendiri minuman buka puasa di rumah, kita juga dapat menghemat pengeluaran dan menyesuaikan dengan selera masing-masing. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan asupan makanan dan minuman yang sehat dan bergizi selama menjalani ibadah puasa.

Baca Juga :  12 Rekomendasi Resep Kue Kering Natal dan Tahun baru

FAQ

Q: Apakah minuman buka puasa hanya boleh disajikan saat bulan Ramadhan? A: Tidak, minuman buka puasa dapat disajikan kapan pun sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Q: Apakah minuman buka puasa harus manis? A: Tidak, minuman buka puasa dapat disesuaikan dengan selera masing-masing, termasuk tingkat kemanisan yang diinginkan.

Q: Apakah minuman buka puasa harus menggunakan bahan-bahan yang mahal? A: Tidak, seperti yang telah dijelaskan di atas, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat minuman buka puasa sangat mudah didapat dan dapat disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Q: Apakah minuman buka puasa hanya boleh menggunakan buah-buahan? A: Tidak, sesuai dengan selera dan kebutuhan, minuman buka puasa dapat menggunakan bahan-bahan lain seperti jahe, teh, atau susu.

Jadi, itulah 5 minuman buka puasa yang dapat dibuat sendiri di rumah dengan mudah dan ekonomis. Selain memberikan energi dan menyegarkan, minuman-minuman di atas juga memberikan manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh. Selamat mencoba dan selamat berpuasa!

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan