Lompat ke konten
Home » Resep » Inspirasi » Minuman Buka Puasa yang Dapat Menekan Nafsu Makan

Minuman Buka Puasa yang Dapat Menekan Nafsu Makan

Minuman Buka Puasa yang Dapat Menekan Nafsu Makan

Minuman Buka Puasa yang Dapat Menekan Nafsu Makan

Puasa adalah salah satu ibadah yang dilakukan umat Muslim selama bulan Ramadan. Selama bulan ini, umat Muslim berpuasa dari matahari terbit hingga matahari terbenam. Setelah seharian menahan lapar dan haus, saat waktu berbuka tiba, seringkali kita cenderung untuk langsung makan dengan porsi yang besar.

Padahal, hal ini bisa menyebabkan perut terasa kembung dan membuat kita merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, penting untuk memilih makanan dan minuman yang tepat saat berbuka puasa. Salah satu cara untuk mengontrol nafsu makan saat berbuka puasa adalah dengan memilih minuman yang tepat. Berikut ini adalah 5 minuman yang dapat membantu menurunkan nafsu makan saat buka puasa.

1. Air Lemon

Air lemon merupakan salah satu minuman yang sering dikonsumsi saat berbuka puasa. Rasa segar dan asam dari lemon dapat membantu melancarkan pencernaan setelah seharian berpuasa. Selain itu, lemon juga mengandung vitamin C yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun, yang mungkin belum banyak diketahui adalah bahwa air lemon juga dapat membantu menurunkan nafsu makan. Lemon mengandung pektin, serat yang dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama. Selain itu, rasa asam dari lemon dapat menimbulkan rasa kenyang yang lebih cepat, sehingga kita tidak akan terlalu banyak mengonsumsi makanan saat berbuka puasa.

2. Teh Hijau

Teh hijau merupakan minuman yang kaya akan antioksidan dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Selain itu, teh hijau juga dapat membantu menurunkan nafsu makan saat buka puasa. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Australia, diketahui bahwa konsumsi teh hijau dapat membantu mengurangi nafsu makan hingga 60%. Teh hijau mengandung katekin, senyawa yang dapat meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lemak. Selain itu, teh hijau juga dapat meningkatkan hormon norepinefrin yang bertanggung jawab dalam mengendalikan nafsu makan. Sehingga, dengan mengonsumsi teh hijau saat berbuka puasa, kita dapat mengontrol nafsu makan dan tetap merasa kenyang lebih lama.

Baca Juga :  Menikmati Sensasi Masakan Lebaran Khas Sumatera di Tengah Hidangan yang Beragam

3. Jus Sayuran

Minuman yang terbuat dari sayuran seperti wortel, bayam, dan tomat dapat memberikan manfaat yang besar untuk menurunkan nafsu makan saat buka puasa. Sayuran yang digunakan dalam jus ini mengandung banyak serat, yang dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama. Selain itu, jus sayuran juga mengandung banyak air dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Dengan mengonsumsi jus sayuran saat berbuka puasa, kita dapat mengontrol nafsu makan serta memberikan nutrisi yang baik untuk tubuh setelah seharian berpuasa.

4. Smoothie Buah dan Yoghurt

Selain jus sayuran, kamu juga dapat membuat smoothie yang terbuat dari buah dan yoghurt. Buah yang digunakan seperti pisang, stroberi, dan blueberry mengandung serat yang dapat membantu menurunkan nafsu makan. Sementara itu, yoghurt mengandung protein yang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Dengan mengonsumsi smoothie buah dan yoghurt saat berbuka puasa, selain bisa menurunkan nafsu makan, kamu juga akan mendapatkan nutrisi yang baik untuk tubuh.

5. Air Putih

Selain minuman-minuman di atas, yang tidak boleh dilupakan adalah air putih. Air putih merupakan minuman yang sangat penting untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Selain untuk menghindari dehidrasi, air putih juga dapat membantu menurunkan nafsu makan. Dengan mengonsumsi air putih sebelum makan, kita akan merasa lebih kenyang dan tidak akan mengonsumsi makanan secara berlebihan. Selain itu, air putih juga membantu melancarkan pencernaan dan mengeluarkan racun dari tubuh.

Baca Juga :  Cara Praktis Membuat Nastar 1 kg dalam Waktu Singkat Tanpa Mengorbankan Rasa

Kesimpulan

Menjaga nafsu makan saat berbuka puasa memang tidak mudah. Namun, dengan memilih minuman yang tepat, kita dapat mengontrol nafsu makan dan tetap merasa kenyang lebih lama. Air lemon, teh hijau, jus sayuran, smoothie buah dan yoghurt, serta air putih, merupakan beberapa minuman yang dapat membantu menurunkan nafsu makan saat buka puasa. Selain itu, minuman-minuman ini juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Jadi, jangan ragu untuk mencoba minuman-minuman ini saat berbuka puasa.

FAQ

Apakah minuman berkafein seperti kopi atau teh hitam dapat membantu menurunkan nafsu makan saat buka puasa? Jawab: Meskipun kopi atau teh hitam mengandung kafein yang dapat meningkatkan metabolisme dan mengurangi nafsu makan, minuman ini juga dapat menyebabkan dehidrasi dan gangguan pencernaan. Oleh karena itu, lebih baik memilih minuman yang lebih sehat seperti teh hijau atau air lemon.

Apakah minuman manis seperti jus buah dapat membantu menurunkan nafsu makan? Jawab: Minuman manis seperti jus buah mengandung banyak gula dan kalori yang dapat meningkatkan nafsu makan. Lebih baik memilih jus sayuran yang mengandung serat dan nutrisi yang lebih baik untuk tubuh.

Bagaimana dengan minuman bersoda? Jawab: Minuman bersoda mengandung banyak gula dan bahan kimia yang dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti diabetes dan obesitas. Selain itu, minuman bersoda juga dapat membuat perut terasa kembung dan tidak nyaman.

Baca Juga :  Mengintip Kisah di Balik Kue Kering Lebaran yang Selalu Diburu di Pasar Tradisional

Apakah minuman yang mengandung probiotik seperti yoghurt dapat membantu menurunkan nafsu makan? Jawab: Yoghurt mengandung protein dan bakteri baik yang dapat membantu mengendalikan nafsu makan. Namun, pastikan untuk memilih yoghurt yang rendah lemak dan rendah gula untuk hasil yang lebih baik.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan