Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Nasi Goreng Jawa favorit banyak orang

Resep Nasi Goreng Jawa favorit banyak orang

Nasi Goreng Jawa1 (1)

Resep Nasi Goreng Jawa

Recipe By siti
Course: Nasi Goreng Jawa Cusine:Indonesia Difficulty:Mudah

Servings

4 minutes

Preparing Time

60 minutes

Cooking Time

30 minutes

Calories

500 kcal

INGREDIENTS

  1. nasi putih yang sudah dingin

  2. bawang merah

  3. cabai merah

  4. daun bawang

  5. bawang putih

  6. garam

  7. kecap manis

  8. gula

  9. minyak goreng

  10. bumbu penyedap

  11. daging ayam

  12. udang

  13. sayuran sesuai selera

DIRECTION

  1. Langkah 1

    Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menumis bawang merah dan bawang putih hingga harum

  2. Langkah 2

    Selanjutnya, masukkan cabai merah dan tumis hingga matang

  3. Langkah 3

    Kemudian, tambahkan daging ayam atau udang (jika menggunakan) dan aduk hingga daging matang

  4. Langkah 4

    Setelah itu, masukkan nasi putih dan aduk rata dengan bumbu dan daging

  5. Langkah 5

    Tambahkan kecap manis, garam, gula, dan bumbu penyedap secukupnya

  6. Langkah 6

    Terus aduk hingga semua bahan tercampur sempurna

NOTES

    Agar nasi goreng Jawa yang Anda buat memiliki cita rasa yang maknyus, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan. Pertama, gunakan nasi yang sudah dingin atau nasi lama agar teksturnya lebih pas saat dimasak. Kedua, gunakan api yang besar saat proses penggorengan agar nasi matang secara merata dan tidak terlalu lembek. Selain itu, jangan lupa untuk selalu mencicipi dan koreksi rasa nasi goreng Jawa Anda agar sesuai dengan selera.

Siapa yang tidak kenal dengan nasi goreng Jawa? Masakan khas Indonesia yang satu ini memang menjadi favorit banyak orang, baik di dalam maupun di luar negeri. Nasi goreng Jawa memiliki rasa yang gurih dan sedikit pedas, cocok disantap sebagai sarapan atau makan malam. Dengan bumbu-bumbu yang khas, nasi goreng Jawa selalu berhasil memikat lidah siapa pun yang mencicipinya. Berikut ini adalah resep nasi goreng Jawa yang bisa Anda coba di rumah.

Baca Juga :  Ayam Marengo Ala Perancis, Kudapan Western Ajib Banget

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses memasak nasi goreng Jawa, pastikan Anda menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Bahan utama tentu saja adalah nasi putih yang sudah dingin. Selain itu, Anda juga memerlukan bawang merah, bawang putih, cabai merah, daun bawang, kecap manis, garam, gula, minyak goreng, dan bumbu penyedap. Anda juga bisa menambahkan daging ayam, udang, atau sayuran sesuai selera.

Langkah-Langkah Memasak

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Selanjutnya, masukkan cabai merah dan tumis hingga matang. Kemudian, tambahkan daging ayam atau udang (jika menggunakan) dan aduk hingga daging matang. Setelah itu, masukkan nasi putih dan aduk rata dengan bumbu dan daging. Tambahkan kecap manis, garam, gula, dan bumbu penyedap secukupnya. Terus aduk hingga semua bahan tercampur sempurna.

Tips Agar Nasi Goreng Jawa Maknyus

Agar nasi goreng Jawa yang Anda buat memiliki cita rasa yang maknyus, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan. Pertama, gunakan nasi yang sudah dingin atau nasi lama agar teksturnya lebih pas saat dimasak. Kedua, gunakan api yang besar saat proses penggorengan agar nasi matang secara merata dan tidak terlalu lembek. Selain itu, jangan lupa untuk selalu mencicipi dan koreksi rasa nasi goreng Jawa Anda agar sesuai dengan selera.

Variasi Nasi Goreng Jawa yang Lezat

Selain nasi goreng Jawa biasa, Anda juga bisa mencoba variasi nasi goreng Jawa yang lebih kreatif. Misalnya, nasi goreng Jawa pete yang menggunakan pete sebagai bahan tambahan untuk memberi aroma khas. Atau Anda juga bisa mencoba nasi goreng Jawa kambing yang menggunakan daging kambing sebagai pengganti daging ayam atau udang. Variasi lainnya bisa berupa nasi goreng Jawa seafood dengan tambahan seafood segar untuk menambah cita rasa.

Baca Juga :  Resep Cheese Ball Tahu Putih, Makanan Gorengan Kekinian yang Disukai Banyak Orang

Penyajian dan Hidangan Pendamping

Nasi goreng Jawa biasanya disajikan dengan telur mata sapi di atasnya dan dilengkapi dengan acar mentimun dan kerupuk sebagai pelengkap. Anda juga bisa menambahkan irisan mentimun dan tomat sebagai garnis untuk menambah kesegaran hidangan. Sebagai hidangan pendamping, nasi goreng Jawa enak disantap dengan segelas es teh manis atau es jeruk nipis. Hidangan yang sederhana namun lezat ini pasti akan membuat lidah Anda bergoyang.

Kesimpulan

Nasi goreng Jawa adalah salah satu masakan khas Indonesia yang tidak pernah kehilangan pesonanya. Dengan bumbu yang khas dan cita rasa yang gurih, nasi goreng Jawa selalu berhasil memikat lidah siapa pun yang mencicipinya. Dengan mengikuti resep dan langkah-langkah di atas, Anda bisa mencoba membuat nasi goreng Jawa sendiri di rumah. Jangan ragu untuk bereksperimen dengan tambahan bahan atau variasi lainnya untuk menambah kenikmatan hidangan ini.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah saya bisa menggunakan nasi yang baru dimasak untuk membuat nasi goreng Jawa?

Ya, Anda bisa menggunakan nasi yang baru dimasak untuk membuat nasi goreng Jawa. Namun, nasi yang sudah dingin atau nasi lama cenderung lebih cocok karena teksturnya yang lebih pas saat dimasak.

  1. Bisakah saya menambahkan sayuran ke dalam nasi goreng Jawa?

Tentu saja! Anda bisa menambahkan sayuran seperti wortel, kacang polong, atau jagung ke dalam nasi goreng Jawa untuk menambah kelezatan dan keanekaragaman nutrisi.

  1. Berapa lama nasi goreng Jawa dapat disimpan di dalam kulkas?
Baca Juga :  Membuat Roti mangga untuk Menu Diet

Nasi goreng Jawa yang sudah matang dapat disimpan di dalam kulkas selama 1-2 hari. Pastikan untuk menyimpannya dalam wadah kedap udara agar tetap segar.

  1. Apakah saya bisa menggunakan nasi goreng Jawa sebagai bekal makan siang?

Tentu saja! Nasi goreng Jawa adalah pilihan bekal makan siang yang praktis dan lezat. Anda bisa menyiapkannya di malam hari dan menyimpannya di dalam kotak bekal untuk dibawa ke kantor atau sekolah keesokan harinya.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info