Rabu, 18 November 2020

Resep Opor Ayam Kuning, Sajian Tepat Kumpul Keluarga

Resep Opo Ayam Kuning


Ketika lebaran tiba, pasti disana sini banyak sekali sajian makanan opor ayam. opor ayam sendiri sudah menjadi syarat wajib ketika musim lebaran. Makanan satu ini disajikan dengan olahan daging ayam dengan perpaduan bumbu rempah khas indonesia yang beragam.

Opor ayam sangat cocok digunakan untuk lauk utama makan bersama keluarga besar ketika kumpul bersama di hari lebaran. Momen seperti ini memang sangat manis untuk selalu dikenang ya moms.

Maka dari itu, mama juga harus lebih baik dan hebat lagi dalam menyajikan opor ayam dirumah. agar kedatangan keluarga besar menjadi lebih berwarna.

Opor ayam sendiri diolah dengan bahan-bahan seperti kunyit sebagai pewarna alaminya, kemudian dipadukan dengan daun jeruk, santan dan aneka rempah lainnya.

Membuat opor ayam kuning dirumah tidaklah sulit ya moms. Hanya membutuhkan beberapa step saja, dan jadilah opor ayam kuning yang enak banget.

Oke deh, tanpa berlama-lama. Yuk kita coba buat opor ayam kuning dirumah. referensi resep tastynesia

Bahan dan Bumbu

  1. 1 ekor ayam, kampung / ayam potong
  2. 2 batang serai, dimemarkan
  3. 3 lembar daun jeruk, potong memanjang
  4. 4 lembar daun salam
  5. 400 ml santan kental
  6. 2 sdm kecap manis
  7. 1 sdt garam
  8. 1 sdt gula pasir
  9. 4 sdm minyak goreng
  10. 1 liter air matang

Bumbu Halus

  1. 10 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 3 cm kunyit
  4. 2 cm jahe
  5. 5 butir kemiri
  6. ½ sdt merica putih
  7. 2 cm lengkuas
  8. 2 cm kencur
  9. 2 sdt ketumbar

Cara Membuat Opor Ayam Kuning

  1. Untuk membuat opor ayam kuning yang enak, mama bisa memilih menggunakan ayam kampung atau ayam pedaging. potong ayam menjadi beberapa bagian sesuai selera. sebelum itu cuci bersih ayam, kemudian sisihkan.
  2. Siapkan panci penggorengan anti lengket, dan tumis bumbu halusnya. sebelumnya haluskan bumbu bisa menggunakan mixer. tumis bumbu sampai harum, kemudian tambahkan daun jeruk, serai, dan daun salam. aduk-aduk lagi sampai harum. kemudian sisihkan.
  3. Siapkan panci dan tambahkan air 1 liter, panaskan hingga mendidih. masukan daging ayam potong dan masak sampai ayam setengah matang. jangan memasak terlalu matang, agar tekstur kenyal ayam masih ada.
  4. Setelah ayam sudah setengah matang, masukan bumbu halusyang sudah ditumis tadi, santan, gula, garam dan sedikit minyak goreng ke dalam rebusan air ayam. aduk-aduk hingga merata dan ayam matang.
  5. Jadi deh, opor ayam kuning khas mama dirumah aja. Sajikan dengan nasi hangat dan bawang goreng ya. Dijamin deh, semua pasti suka.


Disqus Comments