Home » Bubur Ketan Hitam, Kudapan Enak bernutrisi, Ini Resepnya

Bubur Ketan Hitam, Kudapan Enak bernutrisi, Ini Resepnya

Menu Resep Bubur Ketan Hitam

Membuat bubur ketan hitam di rumah lebih mantap dan puas. Apabila pada sore nanti Anda yang ingin berbuka puasa dengan keluarga. Mari kita simak artikel berikut ini.
Ketan hitam dengan nama lain pulut hitam memiliki rasa yang lebih pulen, walaupun memiliki tekstur sedikit keras. Namun Enak dibuat dengan cara anda kukus dan memberikan taburan kelapa parut. Atau bisa dibuat dengan memakai paduan saus santan yang gurih dan wangi.
Jika sore hari anda ingin berbuka puasa memakai bubur ketan hitam yang legit lezat,  anda dapat membuat saya dirumah sendiri. Kemudian anda baca cara berikut ini supaya hasilnya sesuai selera anda.
Bahan 200 gram beras ketan hitam, cuci besih dan rendam minimal 3 jam, tiriskan 1 liter air 350 gram gula pasir 3 lembar daun pandan, simpulkan Saus santan 200 ml santan kental ½ sendok teh garam 2 lembar daun pandan, simpulkan 1 sendok teh tepung maizena, larutkan dengan sedikit air

Baca Juga :  Es Loder Parahyangan, Sluuurrpp Manis Lembut Ademnya Es Menyatu di Mulut !

Bubur Ketan Hitam

  1. 200 g ketan hitam, rendam semalaman
  2. 600 ml air, untuk merebus
  3. 1 lembar daun pandan, ikat simpul
  4. ½ sdt garam
  5. 2 sdm gula pasir

Kuah Santan Susu

  1. 400 ml susu rendah lemak
  2. 200 ml santan
  3. 2 lembar daun pandan, ikat simpul
  4. ½ sdt garam

Cara Mengolahnya adalah:

  1. Jenis beras ketan hitamAda dua macam beras ketan hitam yang dijual di pasar. Dimana ada yang telah disosoh yakni warnanya ungu kehitaman gelap serta teksturnya keras. Namun ada yang telah disosoh, dimana memiliki warna ungu muda dan memiliki sedikit sisa kulit ari yang di buliran beras ketan. Namun ada juga beras ketan hitam lokal ada juga yang berasal dari Thailand. Untuk mendapat bubur yang legit serta pulen, anda pilih beras ketan hitam yang telah disosoh. Untuk Harga itu adalah yang kedua macam beras ketan hitam dilihat hampir sama.

  2. PerendamanSupaya beras ketan lebih gampang lembut serta lunak teksturnya sebelum anda rebus, pertama tama harus anda rendam air dingin dahulu. Kemudian Cuci beras bersih ketan hitam, lalu biarkan sejenak. Setelah itu di rendam beras ketan hitam yang telah disosoh kira kira 2-3 jam. Nanti Beras ketan akan terlihat mengembang dan air yang dipakai untuk merendam bening. Lalu beras ketan ditiriskan sampai sedikit kering.
  3. PerebusanPertama anda Didihkan air jangan terlalu banyak ke dalam panci. Lalu tambah 1-2 lembar daun pandan dan sejumput garam. Lalu beras ketan hitam dimasukkan yang tadi telah ditiriskan. Masak memakai api sedang lalu anda aduk sesekali sampai beras ketan sudah mekar dan rebusannya berubah kental. Lalu api dikecilkan kemudian di lanjutkan mengaduk.
  4. Penambahan gulaUntuk menambah rasa manis yang lezat, jika beras ketan sudah lunak, masukkan gula pasir sesuai selera anda. Lalu Masak lagi sampai bubur sudah mengental. Bubur ini telah mengeluarkan kanji yang akan menjadikan kuahnya berubah jadi kental serta kehitaman. Karena tidak harus menambah larutan kanji lagi. Jika sudah kental dan empuk, lalu api dimatikan
  5. Saus santanUntuk bahan pelengkap bubur yang legit, anda menyiapkan membuat saus kuah santannya. Lebih bagus memakai santan dari kelapa yang masih segar untuk mendapat rasa gurih alami. Jika sudah Rebus santan sedang memakai api kecil dengan daun pandan serta garam sampai mendidih. Lalu diAngkat biarkan dingin. Saus santan telah siap untuk dihidangkan dengan bubur ketan hitam.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *