Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Rasa Resep Mie Yamin Khas Bandung Memang Tiada Duanya

Rasa Resep Mie Yamin Khas Bandung Memang Tiada Duanya

Mie Yamin (1)

Resep mie yamin

Resep mie yamin khas Kota Kembang Bandung memang super enak dan membuat kangen untuk terus menyantapnya.

Rasa kuliner yang satu ini benar-benar menggugah selera. Anda sekalian yang suka makan mie sudah seharusnya mencobanya. Anda yang belum pernah menyantapnya mungkin akan bertanya, apa itu mie yamin?

Dilihat dari wujudnya, seporsi mie yamin sangat mirip dengan mie ayam pada umumnya. Perbedaannya, mie yamin berwarna lebih coklat karena diberi bumbu kecap.

Selain itu, mie yamin biasanya disajikan dengan kuah terpisah. Pada kuahnya, bisa diisi dengan bakso, ceker ayam, pangsit, atau yang lainnya. Mie yamin mungkin hanya dijual di kota-kota besar, khususnya di Bandung, karena masih kurang populer dengan mie ayam.

Nah, Anda yang penasaran dengan rasanya bisa membuatnya sendiri. Tentu saja setelah membaca resep mie yamin yang diinformasikan berikut.

Bahan utama

  1. 300 gram mie telur kriting diseduh dengan air panas lalu ditiriskan
  2. 150 gram sawi hijau dipotong-potong

Bahan untuk minyak ayam

  1. 1 genggam kulit ayam dicincang
  2. 6 siung bawang putih digeprek dan dicincang halus
  3. 5 sendok makan minyak sayur

Bahan topping tumisan ayam

  1. 400 gram daging ayam bagian paha atau dada dicincang
  2. 6 siung bawang putih dicincang halus
  3. 3 sendok makan kecap manis
  4. 1 sendok makan kecap asin
  5. 1 sendok makan saus tiram
  6. 1 sendok teh garam
  7. 1 sendok teh gula pasir
  8. ½ sendok teh merica bubuk
  9. 2 sendok makan minyak goreng untuk menumis
  10. Air matang secukupnya
Baca Juga :  Resep Gochujang Hobak Jjigae (Rebusan Zucchini Pedas khas Korea)

Bahan untuk pangsit

  1. 75 gram daging ayam digiling halus
  2. ½ sendok teh garam
  3. ¼ sendok teh merica bubuk
  4. ½ sendok teh minyak wijen
  5. ½ sendok teh gula pasir
  6. 3 sendok makan tepung terigu
  7. 1 butir telur ayam dikocok lepas
  8. 6 lembar kulit pangsit instan

Bahan untuk kuahnya

  1. Tulang ayam secukupnya
  2. 1 cm jahe digeprek
  3. 4 siung bawang putih digeprek
  4. 1 liter air matang
  5. 2 sendok teh garam
  6. 1 sendok teh gula pasir
  7. ½ sendok teh merica bubuk
  8. 2 helai daun bawang diiris kecil
  9. Bakso sapi secukupnya

Bahan pelengkap

  1. Kecap manis secukupnya
  2. Kecap asin secukupnya
  3. Merica bubuk secukupnya
  4. Sambal cabai rawit secukupnya
  5. Saus tomat secukupnya
  6. Bawang merah goreng secukupnya

Cara membuat mie yamin

Setelah semua bahan diatas disiapkan, Anda dapat segera memperaktikkan resep mie yamin dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, membuat minyak ayam terlebih dulu. Caranya, siapkan wajan penggorengan dan beri minyak sayur yang sudah disiapkan. Setelah itu, masukkan bawang putih dan kulit ayam.
  2. Tumis dengan api kompor kecil saja hingga berwarna kekuningan dan kulit ayam mengering. Matikan kompor dan biarkan beberapa saat agar tidak terlalu panas. Lalu, saring semua ampas dan sisihkan minyaknya.
  3. Langkah berikutnya, yaitu membuat tumisan ayam. caranya, ambil sebuah wadah atau baskom lalu masukkan semua bahan tumisan ke dalamnya (kecuali minyak goreng). Aduk merata dan masukkan ke dalam kulkas bukan di freezer. Diamkan sekitar 1 jam.
  4. Setelah itu, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng untuk menumis. Setelah panas, tumis adonan ayam yang sudah didiamkan tadi. Masak hingga berubah warna dan harum.
  5. Beri air matang secukupnya dan aduk merata. Kecilkan api kompor dan terus masak hingga mendidih serta kuahnya menyusut. Anda bisa mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasa. Jika sudah matang, matikan kompor, angkat tumisan ayam, dan sisihkan.
  6. Selanjutnya, membuat pangsit untuk mie yamin. Caranya, siapkan baskom dan campur semua bahan untuk pangsit ke dalamnya. Aduk merata, lalu bagi adonan menjadi 6 bagian yang sama rata.
  7. Ambil selembar kulit pangsit instan, lalu isi dengan adonan. Rekatkan ujung-ujungnya dengan mengolesi sedikit air. Sisihkan.
  8. Lakukan langkah tersebut hingga 6 pangsit sudah siap direbus. Rebus pangsit di dalam air panas hingga matang. Angkat dan tiriskan.
  9. Anda juga harus membuat kuah untuk mie yamin. Caranya, siapkan wajan atau panci dan beri air uang sudah disiapkan. Masukkan tulang ayam, jahe, dan bawang putih. Aduk merata dan masak hingga mendidih.
  10. Bumbui dengan garam, gula, pasir, dan merica bubuk. Aduk merata. Lalu, masukkan bakso dan taburi dengan irisan daun bawang. Aduk merata. Setelah matang, matikan kompor.
  11. Siapkan mangkuk saji untuk plating. Beri 1 sendok minyak ayam, 1 sendok teh kecap manis, ½ sendok teh kecap asin, dan sedikit merica. Aduk merata. Setelah itu, beri mie telur yang sudah diseduh secukupnya. Aduk merata mie dengan semua bumbu. Lalu, beri toping tumisan ayam dan taburi bawang goreng secukupnya.
  12. Siapkan juga mangkuk saji ukuran kecil. Taruh bakso, pangsit, dan sawi hijau secukupnya di dalamnya, lalu siram dengan kuah yang sudah matang secukupnya. Lengkapi dengan sambal rawit dan saos tomat. Akhirnya mie yamin sudah siap disantap.
Baca Juga :  Resep Bibimbap Saessak Sederhana dan Mudah dengan Microgreens

Resep mie yamin memang banyak bahan yang harus disiapkan. Selain itu, cara membuatnya juga lebih lama. Namun demikian, rasanya dijamin memuaskan dan mantul. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan