Lompat ke konten
Home » Resep Roti Kukus Srikaya, Enak dan siap buka Franchise

Resep Roti Kukus Srikaya, Enak dan siap buka Franchise

Resep Roti Kukus Srikaya

Roti kukus srikaya mulai banyak penggemarnya. Roti kukus ini memiliki rasa yang sangat lezat. Aromanya benar-benar menggugah selera. 
Roti kukus ini memiliki isian selai srikaya. Roti kukus ini memiliki proses pembuatan yang sangat panjang. Kita harus bersabar untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut ini resep roti kukus srikaya yang bisa kita coba di rumah, antara lain :

Bahan Roti

  1. 200 gram tepung terigu protein rendah
  2. 50 gram tepung tang mien
  3. 50 gram gula tepung
  4. 20 gram mentega putih
  5. Siapkan 5 gram atau sekitar 1 1/4 sendok teh ragi instan
  6. 85 ml air es
  7. 1 putih telur
  8. 1/2 sendok teh baking powder
  9. 1/2 sendok teh garam
  10. 1/8 sendok teh pasta pandan
Baca Juga :  Yuk buat Nasi Mandhi Daging Ayam ala Indonesia

Bahan Isi

  1. 150 gram selai srikaya
  2. 75 ml air
  3. 1 lembar daun pandan, diikat
  4. 1 sendok makan tepung maizena
  5. 1/2 sendok makan gula pasir

Bagaimana Cara Membuat Roti Kukus Srikaya ?

  1. Pertama, kita harus membuat adonan isi terlebih dahulu. Kita bisa mencampurkan semua bahan isi yang telah disediakan menjadi satu. Selanjutnya kita masak adonan isi tadi hingga mengental. Ketika adonan sudah cukup dingin, kita bisa memasukkannya ke dalam plastik segitiga. Selanjutnya kita sisihkan terlebih dahulu
  2. Kemudian kita membuat roti dengan mencampur tepung terigu, tepung tang mien, ragi instan, baking powder, dan juga gula tepung. Selanjutnya kita aduk hingga rata.
  3. Setelah itu, kita tambahkan putih telur dan air es sedikit demi sedikit. Kita uleni adonan roti hingga kalis. Apabila adonan roti sudah kalis, kita bisa menambahkan mentega putih dan garam. Kemudian, kita uleni lagi adonan roti tersebut hingga kenyal. Selanjutnya, kita diamkan selama 30 menit.
  4. Ketika adonan roti mengembang, kita kempiskan adonan tersebut. Kita timbang adonan roti masing-masing 35 gram. Selanjutnya, kita bentuk bulan dan didiamkan selama 10 menit.
  5. Kemudian, kita pipihkan adonan tersebut. Selanjutnya, kita beri isian dan bentuklah menjadi bulat. Kita diamkan selama 30 menit hingga mengembang.
  6. Selanjutnya, kita siapkan kukusan yang sudah dipanaskan. Kita kukus roti tersebut selama 7 menit dengan api sedang hingga matang.
  7. Akhirnya, roti kukus srikaya siap disantap bersama keluarga tercinta.
Baca Juga :  Kue Kaloci khas Pontianak, Gurih dan Manisnya, Nagih


Itulah resep roti kukus srikaya. Kita bisa mencoba membuatnya di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima Kasih.
 
Sponsor topwisata.info