Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Mau Masak Sate Tanpa Dibakar? Inilah Sate Blengong Brebes

Mau Masak Sate Tanpa Dibakar? Inilah Sate Blengong Brebes

Sate Blengong (1)

Resep Sate Blengong Brebes

Apakah Anda sudah pernah mencicipi Sate Blengong Brebes? Sate yang satu ini agak berbeda karena dibuat dengan bahan utama daging Blengong.

Perlu Anda sekalian ketahui Blengong adalah hasil perkawinan antara bebek dengan mentok yang menghasilkan unggas bernama itik atau lebih populer disebut Blengong di Brebes, Jawa Tengah.

Biasanya, daging sate pada umumnya ditusuk lalu dibakar diatas bara api. Berbeda dengan Sate Blengong yang tidak dibakar, tetapi dimasak dengan bumbu santan.

Cukup mudah menemukan kuliner itu disana dengan harga terjangkau. Anda yang ingin mencicipinya, tetapi jauh dari Brebes tak perlu khawatir.

Anda bisa membuat sendiri Sate Blengong Brebes yang lezat dengan bahan, bumbu, serta cara yang akan diinformasikan berikut. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  1. ½ kg daging Blengong atau bisa diganti daging bebek
  2. 1 liter santan cair
  3. 500 ml santan kental
  4. 2 lembar daun salam
  5. 5 lembar daun jeruk
  6. 1 batang serai
  7. 1 sendok teh kaldu bubuk
  8. ½ sendok teh garam
  9. ½ sendok teh gula pasir
  10. Lontong atau ketupat secukupnya
  11. Minyak goreng secukupnya untuk menumis
  12. Tusuk sate secukupnya
Baca Juga :  Gulai Nangka Khas Masakan Padang Ini Tidak Boleh diLewatkan

Bumbu halus

  1. 8 buah bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 15 buah cabai merah
  4. 5 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  5. 4 buah kemiri
  6. 2 cm kunyit diiris halus
  7. 1 cm jahe diiris halus
  8. 1 cm lengkuas diiris halus
  9. ½ sendok teh ketumbar bubuk
  10. ¼ sendok teh pala bubuk
  11. ¼ sendok teh jintan

Cara membuat Sate Blengong

Setelah semua bahan dan bumbu diatas lengkap, Anda bisa segera mempraktikkan cara membuat Sate Blengong Brebes dengan langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu daging Blengong atau bebek di bawah air mengalir, lalu potong ukuran sedang.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan juga daun salam, daun jeruk, dan batang serai. Tumis terus hingga layu.
  3. Selanjutnya, masukkan santan cair dan aduk merata. Setelah itu, masukkan potongan daging bebek. Aduk terus perlahan dan kecilkan api kompor. Tambahkan kaldu bubuk, garam, dan gula pasir. Aduk terus hingga merata.
  4. Setelah kuah santannya menyusut, masukkan santan kental ke dalam wajan. Masak terus hingga daging bebek empuk dan bumbunya meresap ke dalamnya. Anda bisa menambahkan sedikit air ke dalam wajan jika daging bebek belum empuk.
  5. Jangan lupa mencicipi sedikit kuahnya untuk mengoreksi rasa. Jika rasanya sudah pas, matikan kompor dan angkan daging bebeknya dan taruh ke dalam wadah.
  6. Siapkan tusuk sate, lalu tusukkan daging bebek yang sudah matang. Lakukan terus hingga semua daging bebek sudah ditusuk.
  7. Siapkan sebuah piring saji untuk plating. Letakkan Sate Blenggong di atasnya. Lengkapi dengan irisan lontong atau ketupat di sampingnya.
Baca Juga :  Resep Rendang Daging Sapi Biar Empuk Dan Enak, Begini Resepnya!

Akhirnya, masakan Sate Blengong Brebes sudah matang dan siap disantap. Anda bisa coba memasaknya sendiri di rumah. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan