Lompat ke konten
Home » Masakan Semur Ayam Tahu Telur, Siap Disantap Anggota Keluarga

Masakan Semur Ayam Tahu Telur, Siap Disantap Anggota Keluarga

Semur Ayam Tahu Telur (1)

Resep semur ayam tahu telur

Masakan semur ayam tahu telur sudah populer dan umum di tengah masyarakat. Rasa masakannya yang manis gurih memang banyak disukai orang dari berbagai pelosok Indonesia.

Biasanya, masakan semur disantap bersama nasi hangat ditemani sambal. Adapun isi semur bisa protein hewani ataupun nabati yang disesuaikan dengan selera masing-masing.

Beberapa komponen yang cocok dimasak semur, yaitu ayam, tahu, dan telur. Anda yang hobi memasak dan ingin membuat masakan yang menarik sekaligus tidak merepotkan untuk disantap seluruh anggota keluarga.

Tidak ada salahnya memasak semur berisi ayam, tahu, dan telur tersebut. Lalu, apa saja bahan, bumbu, serta cara memasak semur ayam tahu telur yang direkomendasikan? Berikut resep selengkapnya yang harus Anda baca hingga tuntas.

Bahan-bahan

  1. ½ ekor ayam kampung ukuran sedang
  2. 4 butir telur rebus dikupas kulitnya
  3. 5 buah tahu putih digoreng setengah matang atau garing
  4. 1 lembar daun salam
  5. 2 cm lengkuas digeprek
  6. 8 siung bawang merah diiris kecil
  7. 2 sendok makan kecap manis
  8. 1 sendok teh kecap asin
  9. ½ sendok teh garam
  10. ½ sendok teh gula pasir
  11. Kaldu bubuk secukupnya
  12. Air matang secukupnya
  13. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Gulai Ikan Tenggiri Khas Sumatra, Rasanya Bikin Ketagihan

Bumbu yang dihaluskan

  1. 6 siung bawang putih
  2. 1 sendok teh merica
  3. 3 butir kemiri disangrai

Cara memasaknya

Setelah semua bahan dan bumbu diatas siap, Anda dapat segera memasak semur ayam tahu telur dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan ayam terlebih dulu di bawah air mengalir. Setelah itu, potong ayam menjadi beberapa bagian sesuai selera Anda. Lalu, rebus ayam sekitar 30 menit agar matang dan tekstur dagingnya lebih empuk karena menggunakan jenis ayam kampung. Sisihkan.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan lengkuas dan daun salam. Tumis terus hingga layu.
  3. Masukkan potongan ayam, tahu, dan telur rebus ke dalam wajan. Aduk merata. Tuangkan air matang secukupnya dan kecilkan api kompor. Aduk perlahan saja.
  4. Setelah itu, bumbui dengan kecap manis, kecap asin, garam, dan gula. Aduk terus perlahan dan masak hingga air menyusut atau mendidih. Jangan lupa mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasa. Jika rasanya masih kurang pas, tambahkan kaldu bubuk secukupnya. Lalu, aduk lagi sebentar.
  5. Matikan kompor dan masakan sudah matang, siap disajikan. Siapkan sebuah piring atau mangkuk saji ukuran sedang untuk plating. Tuangkan masakan semur yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang goreng secukupnya jika ada agar lebih sedap. Siapkan juga nasi hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Spageti Rose Ala Korea yang Rasanya Tetap Lezatos

Masakan semur ayam tahu telur sudah matang dan siap dinikmati bersama seluruh anggota keluarga. Anda yang penasaran dengan rasa masakannya bisa coba memasaknya sendiri di rumah. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info