Lompat ke konten
Home » Memasak Fuyunghai ala Chinnese Food yang Mantul

Memasak Fuyunghai ala Chinnese Food yang Mantul

Fuyunghai ala Chinnese (1)

Resep fuyunghai

Resep fuyunghai menjadi salah satu Chinnese food atau makanan Cina yang banyak penggemarnya karena rasanya yang enak.

Dengan catatan, bahan masakannya bagus dan cara memasaknya benar. Namun, Anda sudah mengenal atau mencicipi fuyunghai atau belum?

Jika belum, sudah tepat Anda membaca artikel ini hingga tuntas karena akan menguraikan resepnya selengkapnya. Dengan begitu, Anda dapat coba memasaknya sendiri di rumah. Jadi, Anda tak perlu membelinya di rumah makan Chinnese food.

Perlu Anda ketahui bahwa fuyunghai mirip dengan telur dadar atau di masakan barat dinamakan omelet. Bedanya, fuyunghai biasanya menggunakan campuran bahan daging ayam, udang, dan bakso dalam adonan telurnya.

Selain itu, ada campuran bahan sayuran juga, seperti potongan wortel dan buncis. Setelah matang, fuyunghai disajikan dengan siraman saus asam manis diatasnya. Dijamin rasanya pasti mantul.

Anda tertarik ingin mencicipinya? Baca dulu resep fuyunghai berikut agar bisa memasaknya sendiri.

Bahan-bahan

  1. 4 butir telur ayam
  2. 1 buah wortel dicincang
  3. 2 helai daun bawang dipotong kecil
  4. 2 buah buncis dipotong kecil
  5. 8 ekor udang segar dipotong-potong
  6. 5 buah bakso dipotong-potong
  7. 100 gram daging ayam
  8. 1 ½ sendok teh garam
  9. 1 sendok teh lada bubuk
  10. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Resep Ayam Suwir Nasi Krawu Khas Gresik

Bahan untuk saus

  1. 1 buah tomat merah dipotong-potong
  2. 2 sendok makan saus tomat
  3. 3 sendok makan kacang polong (jika ada)
  4. 1 buah bawang bombay dipotong kecil
  5. 2 sendok makan margarin atau mentega
  6. 1 sendok teh garam
  7. 1 sendok makan gula pasir
  8. Air matang secukupnya

Cara memasak fuyunghai

Setelah semua bahan diatas sudah siap, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak resep fuyunghai dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu daging ayam di bawah air mengalir, lalu rebus sekitar 15 menit hingga berbusa. Angkat dan tiriskan. Setelah agak dingin, cincang daging ayam dan sisihkan.
  2. Selanjutnya, siapkan wadah dan pecahkan telur yang sudah disiapkan, lalu dikocok merata. Sisihkan.
  3. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis ayam, udang, bakso, dan sayuran hingga matang serta berubah warna.
  4. Setelah itu, masukkan semua tumisan ke dalam wadah yang berisi kocokan telur. Bumbui garam dan lada bubuk, lalu aduk merata.
  5. Selanjutnya, panaskan lagi wajan penggorengan (pilih teflon datar) dan beri minyak goreng secukupnya. Setelah panas, goreng campuran telur hingga matang. Jangan lupa dibolak-balik agar matangnya sempurna. Usahakan telur berbentuk lingkaran dan tidak pecah. Setelah matang, angkat dan sisihkan.
  6. Panaskan wajan penggorengan lagi dan beri mentega atau margarin. Setelah panas dan meleleh, tumis bawang bombay hingga harum. Tambahkan potongan tomat dan tumis hingga layu.
  7. Masukkan juga saus tomat dan kacang polong. Kecilkan api kompor dan terus diaduk. Jangan lupa dibumbui dengan garam dan gula pasir. Jika terlalu kental, tambahkan sedikit air matang ke dalam wajan. Masak terus hingga mendidih.
  8. Silahkan mencicipi sedikit sausnya untuk mengkoreksi rasa. Jika sudah matang, matikan kompor dan biarkan sebentar agar tidak terlalu panas.
  9. Siapkan piring saji untuk plating. Letakkan telur yang sudah matang diatas piring, lalu siram dengan saus secukupnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya jika ada. Fuyunghai sudah matang dan siap disantap. Anda bisa menyantapnya dengan sepiring nasi hangat.
Baca Juga :  Anda Ingin Memasak Resep Nasi Gandul yang Benar-Benar Maknyus Rasanya? Baca Dulu Informasi Berikut

Ternyata memasak resep fuyunghai tidak begitu sulit. Anda bisa coba mempraktikkannya sendiri di rumah sekarang juga. Selamat mencoba.

Sponsor topwisata.info