Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Rica-Rica Daging Sapi Mantul Disantap, Ini Resepnya

Rica-Rica Daging Sapi Mantul Disantap, Ini Resepnya

Rica-Rica Daging Sapi (1)

Resep rica-rica daging sapi

Resep rica-rica daging sapi menjadi alternatif lain saat memasak bumbu rica-rica dengan bahan daging ayam. Biasanya, rica-rica memang dikombinasikan dengan daging ayam.

Rasanya yang pedas gurih memang disukai banyak orang. Anda mungkin yang ingin menyantap menu rica-rica tetapi dengan bahan berbeda. Tidak ada salahnya menggunakan daging sapi yang rasanya tidak kalah enaknya.

Dikarenakan menggunakan daging sapi, maka memasaknya lebih lama agar daging tidak keras atau alot saat disantap. Solusinya, daging sapi direbus dulu sendiri, lalu dipotong dengan ukuran sedang saja.

Setelah itu, dimasak dengan bumbu rica-ricanya. Nah, disini akan diinformasikan resep rica-rica daging sapi yang rasanya pasti enak serta cara memasaknya tidak terlalu sulit. Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca uraian di bawah ini.

Bahan-bahan

  1. 500 gram daging sapi bisa dipilih yang berlemak
  2. 2 lembar daun jeruk
  3. 2 lembar daun salam
  4. 1 batang serai digeprek
  5. 1 cm lengkuas digeprek
  6. 1 sendok teh kaldu sapi bubuk
  7. 1 sendok makan gula Jawa disisir
  8. 1 sendok teh garam
  9. Air matang secukupnya
  10. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Resep Sup Kacang Merah, Sajian Hangat Mengenyangkan Perut untuk Berbuka Puasa

Bumbu yang dihaluskan

  1. 8 siung bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 15 buah cabai rawit atau sesuai selera
  4. 3 buah cabai keriting
  5. 3 butir kemiri
  6. 2 cm kunyit
  7. 1 cm jahe

Cara memasaknya

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disiapkan, Anda bisa segera mempraktikkan memasak rica-rica daging sapi dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan daging sapi terlebih dulu di bawah air mengalir, lalu rebus daging sekitar 45 menit hingga keluar busanya. Angkat dan tiriskan. Setelah itu, potong-potong daging ukuran sedang. Sisihkan.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan daun jeruk, daun salam, batang serai, dan lengkuas. Tumis hingga matang dan layu.
  3. Masukkan daging sapi ke dalam wajan dan tambahkan air matang secukupnya hingga menutupi semua daging. Aduk sebentar dan kecilkan api kompor.
  4. Bumbui dengan garam, gula Jawa, dan kaldu bubuk. Aduk merata. Masak hingga air menyusut. Jangan lupa menutup wajan dan pastikan daging sudah empuk serta bumbu meresap. Cicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasa. Jika rasanya masih kurang, tambahkan kaldu bubuk secukupnya lalu aduk lagi merata.
  5. Setelah matang, matikan kompor dan buka tutup wajannya. Siapkan piring atau mangkuk saji untuk plating. Tuangkan masakan yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang goreng merah secukupnya jika ada. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Mari Belajar Membuat Nasi Liwet Sunda yang Enak dan Gurih

Itulah resep rica-rica daging sapi yang rasanya mantul bisa Anda coba memasaknya sendiri di rumah. Setelah matang, jangan lupa mengajak seluruh anggota keluarga untuk mencicipinya. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan