Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Ayam Panggang Bumbu Ketumbar, Menggugah Selera

Ayam Panggang Bumbu Ketumbar, Menggugah Selera

Ayam Panggang Bumbu Ketumbar (1)

Resep ayam panggang bumbu ketumbar

Resep ayam panggang bumbu ketumbar mempunyai rasa yang gurih pedas saat disantap. Menu kuliner berbahan daging ayam yang sangat direkomendasikan untuk Anda coba.

Bukan hanya coba mencicipinya saja, tetapi juga membuatnya. Lagipula, cara membuatnya tidak begitu sulit dipraktikkan. Selain itu, bahan dan bumbu yang digunakan cukup mudah mendapatkannya di pasar tradisional atau supermarket terdekat.

Daripada membeli atau memesan ayam panggang di rumah makan, lebih baik membuatnya sendiri di rumah.

Apalagi ayam panggang yang satu ini dikombinasikan dengan bumbu ketumbar yang memiliki citarasa rempah yang kuat.

Setelah matang, sangat cocok disantap dengan nasi putih hangat dan sambal. Lalu, bagaimana resep ayam panggang bumbu ketumbar selengkapnya? Silahkan membaca uraian berikut.

Bahan-bahan

  1. 500 gram daging ayam segar bagian dada dan paha
  2. 2 buah jeruk nipis
  3. 2 sendok makan minyak zaitun untuk rendaman dan memanggang
  4. 3 sendok makan ketumbar dicincang halus
  5. ½ sendok teh garam
  6. ½ sendok teh gula pasir
  7. ¼ sendok teh merica bubuk
  8. Irisan jeruk nipis secukupnya
  9. Daun ketumbar secukupnya

Bahan sambal

  1. 10 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  2. 5 siung bawang merah
  3. 2 siung bawang putih
  4. 1 buah tomat merah dipotong-potong
  5. 1 sendok teh gula Jawa disisir
  6. Kaldu bubuk secukupnya
  7. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Krengsengan Jantung Ayam, Sajian Enak Kaya Nutrisi

Cara membuat ayam panggang bumbu ketumbar

Setelah semua bahan diatas sudah disiapkan, Anda bisa segera mempraktikkan resep ayam panggang bumbu ketumbar dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Silahkan dibersihkan dulu semua daging ayam yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Buang semua kotoran dan bulu-bulu kecil yang masih menempel. Jika ukurannya cukup besar, Anda bisa memotong daging ayam tersebut sesuai selera.
  2. Rebus dulu daging ayam sekitar 30 menit agar lebih empuk dan mematikan semua bakteri. Setelah itu, angkat dan tiriskan. Diamkan sejenak agar tidak terlalu panas.
  3. Selanjutnya, siapkan wadah dan masukkan ke dalamnya sebagian minyak zaitun, ketumbar, kulit jaruk nipis, air jeruk nipis, garam, gula pasir, dan merica bubuk. Aduk merata.
  4. Masukkan potongan daging ayam ke dalam wadah, lalu aduk merata sambil ditekan-tekan agar semua bumbu tercampur serta meresap. Setelah itu, tutup wadah dengan plastik atau sejenisnya, lalu masukkan ke dalam kulkas. Diamkan sekitar 30 menit.
  5. Langkah berikutnya, proses memanggang ayam. Anda bisa menggunakan oven dan panggang ayam yang sudah dimarinasi selama 30 menit dengan suhu 80 derajat Celsius. Sebelum memanggangnya, Anda lumuri dulu permukaan ayam dengan sisa minyak zaitun. Setelah 30 menit, Anda bisa memeriksa tingkat kematangan ayamnya. Jika belum matang sempurna, Anda dapat memanggangnya lagi sekitar 10 menit. Jangan memanggang terlalu lama agar tidak gosong.
  6. Adapun Anda yang tidak memiliki oven bisa memanggang ayam dengan wajan datar teflon. Panaskan wajan dan oleskan dulu mentega atau minyak goreng secukupnya di permukaannya. Setelah panas, panggang ayam hingga berwarna kecoklatan. Jangan lupa membolak-balik ayam agar matangnya sempurna. Setelah matang, angkat ayam panggang dan sisihkan.
  7. Langkah selanjutnya, membuat sambal dengan cara sebagai berikut. Panaskan dulu wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan tomat hingga setengah matang.
  8. Siapkan cobek, lalu tuangkan tumisan beserta minyaknya diatas cobek. Tambahkan gula Jawa dan kaldu bubuk secukupnya. Setelah itu, uleg semua tumisan hingga halus dan tercampur semua. Ambil piring atau mangkuk kecil, lalu taruh sambal yang sudah jadi diatasnya.
  9. Siapkan piring saji untuk plating. Taruh dan tata ayam panggang bumbu ketumbar diatas piring. Beri potongan jeruk nipis dan irisan daun ketumbar secukupnya diatasnya. Lengkapi dengan sambal dan nasi putih hangat. Semua sudah siap disantap.
Baca Juga :  Ingin Buat Roti Abon Seperti yang di Mal? Coba Resep Ini!

Resep ayam panggang bumbu ketumbar benar-benar menggugah selera untuk segera menyantapnya. Silahkan Anda praktikkan cara membuatnya di rumah. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan